Kanada Bekuk Prancis di Laga Perdana Piala Dunia Basket 2023

Prancis kalah dari Kanada

Jakarta, IDN Times - Prancis memulai perjalanan mereka di Piala Dunia Basket 2023 dengan bersua lawan tangguh. Bertempat di Indonesia Arena, Jumat (25/8/2023) malam WIB, Rudy Gobert dan kolega menghadapi Kanada.

Laga ini pun sukses dimenangi Kanada dengan skor 95-65. Kanada pun sukses menyamai catatan Latvia yang juga menang di laga perdana Piala Dunia Basket 2023 lawan Lebanon.

1. Ketat di paruh pertama

Kanada Bekuk Prancis di Laga Perdana Piala Dunia Basket 2023Prancis vs Kanada di Piala Dunia Basket 2023. (Dok. FIBA)

Sejak awal kuarter pertama, laga antara kedua tim yang bertabur pemain NBA ini berlangsung ketat. Prancis dan Kanada saling mencetak poin. Namun, di kuarter pertama ini, Prancis lebih unggul. Tembakan-tembakan tiga poin mereka lebih hidup.

Nando De Colo memimpin raihan poin Prancis di kuarter pertama ini, dengan catatan empat poin. Kanada sendiri belum bisa berbuat banyak, sehingga mereka kalah 14-18 di kuarter pertama. Memasuki kuarter kedua, Kanada menggebrak.

Prancis memang masih rutin mencetak poin via Evan Fournier. Tetapi, Kanada mulai menyusul lewat poin-poin yang dicetak oleh Kelly Olynyk. Pemain Utah Jazz itu menorehkan poin demi poin penting yang akhirnya menolong Kanada.

Kuarter kedua pun berakhir dengan skor 43-40. Fournier boleh menyumbang 19 poin, unggul atas Olynyk yang mencetak 13 poin. Tetapi, Kanada unggul di paruh pertama ini berkat gebrakan yang mereka pertontonkan di kuarter kedua.

Baca Juga: Fans Latvia, Saksi Sejarah dan Tamasya di Piala Dunia Basket 2023

2. Paruh kedua, Kanada mulai ciamik

Kanada Bekuk Prancis di Laga Perdana Piala Dunia Basket 2023Prancis vs Kanada di Piala Dunia Basket 2023. (Dok. FIBA)

Memasuki kuarter ketiga, Kanada mempertontonkan kemampuan mereka. Poin demi poin sukses mereka raih. Jika di kuarter kedua Olynyk yang bersinar, sekarang giliran Shai Gilgeous-Alexander yang menyumbangkan poin demi poin bagi Kanada.

Selisih poin Kanada dan Prancis makin menjauh. Situasi makin buruk bagi Prancis, tatkala serangan demi serangan yang dilepaskan Fournier dan kolega urung membuahkan hasil. Kuarter ketiga berakhir dengan skor 68-48 untuk Kanada.

Di kuarter pamungkas, Prancis benar-benar dibuat kesulitan oleh pertahanan Kanada yang ketat. Di sisi lain, Kanada juga terus menerus mencetak poin krusial, entah itu lewat tembakan dua angka atau tiga angka.

Keunggulan Kanada ini pun bertahan sampai laga tuntas. Skor 95-65 menjadi penanda kemenangan Kanada atas Prancis di laga perdana Piala Dunia Basket 2023 ini.

3. Latvia juga meraih kemenangan

Kanada Bekuk Prancis di Laga Perdana Piala Dunia Basket 2023Prancis vs Kanada di Piala Dunia Basket 2023. (Dok. FIBA)

Sementara itu, di laga sebelumnya, Latvia sukses menumbangkan Lebanon dengan skor 109-70. Ini jadi hasil apik bagi Latvia, apalagi Piala Dunia Basket 2023 jadi debut mereka mentas di Piala Dunia Basket usai pisah dari Uni Soviet.

Ini berarti, Latvia dan Kanada berhasil memenangi laga perdana Piala Dunia Basket 2023 di Indonesia Arena. Namun, perjalanan mereka di fase grup belum tuntas, mengingat ada dua laga lagi yang harus mereka lakoni. Prancis pun masih bisa lolos.

Baca Juga: Jakarta Jadi Bagian Sejarah Debut Latvia di Piala Dunia Basket

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya