Kejurnas Senam 2023 Perebutkan Tiket Kualifikasi PON 2024

Kejurnas Senam 2023 diikuti 19 Pengprov

Jakarta, IDN Times - Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Senam 2023 resmi dibuka pada Rabu (18/10/2023) di GOR Senam Nusantara, Surabaya, Jawa Timur. Ajang ini bakal memperebutkan 110 tiket kualifikasi PON 2024 Aceh-Sumatra Utara.

Ketua Panitia Kejurnas Senam 2023 Sri Sundari Kencana Ayu mengatakan, total 19 provinsi ikut berpartisipasi di single event nasional bergengsi ini. Ada beberapa disiplin yang dilombakan dalam ajang ini.

1. Apa saja disiplin yang dipertandingkan?

Kejurnas Senam 2023 Perebutkan Tiket Kualifikasi PON 2024Pesenam Sumatera Utara Tata Miranda Putri beraksi dalam nomor alat bola final senam ritmik perorangan PON Papua di Istora Papua Bangkit, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (8/10/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat.

Beberapa disiplin yang dipertandingkan adalah disiplin artistik putra, yang diikuti 58 atlet dari 16 provinsi. Lalu artistik putri dengan 40 atlet dari 13 provinsi.

Kemudian disiplin ritmik diikuti 30 atlet dari 12 provinsi, serta aerobik dengan 30 atlet dari 13 provinsi. Mereka akan bertanding di tiga tempat yaitu GOR Senam Nusantara, Gedung Futsal UNESA dan Gedung Basket UNESA, Surabaya.

"Venue GOR Senam Nusantara untuk artistik, lalu di UNESA untuk aerobik dan ritmik," kata Sary, sapaan karib Sri Sundari dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Lomba Senam Kreasi, Atlet Perwosi Pakai Kostum Dayak dan Melayu Kalbar

2. Jadi ajang pembibitan atlet-atlet baru jelang kejuaraan dunia

Kejurnas Senam 2023 Perebutkan Tiket Kualifikasi PON 2024Atlet senam artistik Sulawesi Selatan, Muthia Nur Cahya, saat tampil dalam final nomor palang bertingkat di Istora Papua Bangkit, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Minggu 3 Oktober 2021. (PB PON XX PAPUA / R. Berto Wedhatama)

Kejurnas Senam 2023 ini dibuka langsung oleh Ketua PB Persani Ita Yuliati. Usai pembukaan, Ita mengatakan ajang ini sangat penting, sebab ajang ini dapat dimanfaatkan para atlet setiap daerah bisa mengukur kemampuan.

"Melalui kejurnas ini, kita dapat melihat kompetensi yang ada di setiap provinsi. Saya yakin atlet yang datang adalah atlet-atlet pilihan dari setiap daerah," kata Ita.

Tidak hanya itu, Ita mengatakan jika Kejurnas Senam 2023 juga bisa jadi ajang mencari bibit-bibit atlet baru. Apalagi, Indonesia berencana untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Senam Artistik pada 2025 mendatang,

"Saya sampaikan juga, Insyaallah di tahun 2025 Indonesia menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Senam Artistik di Jakarta dan ini merupakan satu kehormatan bagi Indonesia. Kami akan bekerja keras agar ditunjuk oleh International Gymnastic," kata Ita.

3. Memperebutkan tiket PON 2024

Kejurnas Senam 2023 Perebutkan Tiket Kualifikasi PON 2024Hatra menjadi maskot PON 2024 di Sumut. (ANTARA Foto/Yudi)

Sebagai informasi, ajang ini sekaligus memperebutkan 110 tiket PON Aceh-Sumatera Utara, dengan rincian 56 tiket untuk artistik putra dan putri, 26 tiket untuk ritmik putri, dan 28 tiket untuk aerobik.

Berikut adalah 19 Pengprov Persani yang mengikuti Kejurnas Senam 2023

1. Bali (Artistik Putra dan putri)
2. Banten (Artistik Putra dan putri, Aerobik)
3. Bangka Belitung (Artistik Putra)
4. Bengkulu (Artistik Putra, Ritmik)
5. DKI Jakarta (Artistik Putra dan putri, Ritmik, Aerobik)
6. DIY (Aerobik)
7. Jambi (Artistik Putra dan putri, Ritmik, Aerobik)
8. Jawa Barat (Artistik Putra dan putri, Ritmik, Aerobik)
9. Jawa Tengah (Artistik Putra dan putri, Ritmik, Aerobik)
10. Jawa Timur (Artistik Putra dan putri, Ritmik, Aerobik)
11. Kalimantan Timur (Artistik Putra dan putri)
12. Kalimantan Tengah (Artistik putri, Ritmik, Aerobik)
13. Lampung (Artistik Putra, Ritmik)
14. NTB (Aerobik)
15. Papua Barat (Artistik Putra)
16. Riau (Artistik Putra dan putri, Aerobik)
17. Sumatera Barat (Artistik Putra dan putri, Ritmik, Aerobik)
18. Sumatera Selatan (Artistik Putra dan putri, Ritmik)
19. Sulawesi Selatan (Artistik Putra dan putri, Ritmik, Aerobik)

Baca Juga: Senam Kunci Tiket Olimpiade, KOI: Rifda Tepati Janji

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya