Kompetisi Basket 3x3 Profesional Segera Hadir di Indonesia

Hal itu ditandai dengan Road to 3xL

Jakarta, IDN Times - Dalam waktu dekat, Indonesia akan segera memiliki kompetisi basket 3x3 profesional. Untuk menyambut hal tersebut, ada sebuah ajang yang sudah digelar, yakni Road to 3x3 Indonesia League (Road to 3xL).

Dengan Basket ID sebagai operator, Road to 3xL ini sudah berlangsung di Green Sedayu Mall mulai 7 Oktober 2023. Event ini menjadi embrio bagi kompetisi basket 3x3 profesional pertama di Indonesia karena sudah diikuti tim dengan kategori elite.

1. Meningkatkan minat masyarakat terhadap basket 3x3

Kompetisi Basket 3x3 Profesional Segera Hadir di IndonesiaTimnas Basket 3x3 di SEA Games 2021. (dok. IBL)

Direktur Basket ID, Rizky Julian Rifai, menyatakan Road to 3xL ini jadi langkah awal untuk mengembalikan minat basket 3x3 di Indonesia. Apalagi, basket 3x3 Indonesia pernah diperhitungkan di kancah internasional.

"Pada awal kemunculan basket 3x3, Indonesia pernah jadi salah satu kekuatan yang diperhitungkan di pentas internasional. Rangkaian acara Road to 3xL ini jadi upaya kami untuk kembali menggairahkan basket 3x3 di Indonesia," ujar Rizky dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Ini Pemain Juara IBL 2023 di Timnas Basket Indonesia

2. Dapat dukungan dari Kemenpora

Kompetisi Basket 3x3 Profesional Segera Hadir di IndonesiaMenpora Dito Ariotedjo kunjungi pelatnas Timnas Basket 3x3 Indonesia di GBK Arena, Selasa (11/4/2023). (IDN Times/Tino)

Road to 3xL juga mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Dengan hadirnya kompetisi profesional basket 3x3, prestasi Indonesia di kancah internasional akan semakin menajam.

"Tentunya masyarakat Indonesia menantikan Timnas Basket 3x3 bisa berprestasi dan tampil di Olimpiade nantinya," ujar Asisten Deputi IV Kemenpora, Bayu Rahardian.

3. Ada beberapa kategori yang dipertandingkan

Kompetisi Basket 3x3 Profesional Segera Hadir di IndonesiaSkuat timnas basket 3x3 putra Indonesia untuk SEA Games 2019. Twitter/@bolabangetidn

Tahap pertama Road to 3x3 Indonesia League berlangsung sampai 18 Oktober 2023. Tahap kedua berlangsung pada Juli sampai Agustus 2024 yang rencananya dilangsungkan di luar Jakarta.

Dengan kategori U-16, U-20, Corporate, dan Elite, Road to 3xL menawarkan panggung yang unik bagi pemain di semua tingkatan usia dan tingkat keahlian.

"Rencana besar kami ada di 2024. Tahun depan kami akan menghadirkan liga 3x3 dengan para tim profesional," ujar Rizky.

Baca Juga: Mario Wuysang, Diantar Pulang Basket dan Cinta Mendalam

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya