KONI: Pembangunan Venue PON 2024 Akan Selesai Tepat Waktu

Pembangunan venue PON 2024 masih berjalan

Jakarta, IDN Times - Wakil I Ketua Umum KONI Suwarno berkata, pembangunan dan renovasi venue Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumatra Utara masih berjalan. Diprediksi, pembangunan dan renovasi bakal selesai tepat waktu.

"Yang mengerjakan Kementerian PUPR, sehingga kami yakin semuanya itu akan selesai, paling lambat Juli akhir atau Agustus tahun depan, venue untuk PON 2024 sudah siap," ujar Suwarno di Istana Negara, Senin (9/10/2023).

1. Akan ada 13 venue yang direnovasi

KONI: Pembangunan Venue PON 2024 Akan Selesai Tepat WaktuHatra menjadi maskot PON 2024 di Sumut. (ANTARA Foto/Yudi)

Suwarno berkata, ada 13 proyek renovasi venue yang akan dihelat di Aceh, serta satu proyek pembangunan venue baru untuk cabang olahraga dayung. Hal itu dilakukan untuk menggelar PON 2024.

"Kaitannya dengan persiapan kedua provinsi ini, Aceh dalam waktu dekat itu nanti akan dilakukan renovasi 13 venue dan satu venue dayung pembangunan baru," ujar Suwarno.

Baca Juga: Menpora Tinjau Venue PON 2024 di Sumut, Edy Singgung Stadion Utama

2. Beberapa venue masih dalam tahap kajian

KONI: Pembangunan Venue PON 2024 Akan Selesai Tepat WaktuPelantikan Panitia Besar PON 2024 di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Kamis (28/7/2022) (Dok.Istimewa)

Lebih lanjut, Suwarno berujar bahwa beberapa venue masih dalam tahap kajian, apakah akan direnovasi atau dibangun ulang. Hal itu tergantung juga dari kajian yang dilakukan cabang-cabang olahraga.

Sedangkan untuk di Sumatra Utara, Suwarno berujar bahwa Kementerian PUPR akan memulai pembangunan arena atletik dan bela diri. Mereka bakal melibatkan pihak kabupaten dan kota.

"(Pemprov) Sumatra Utara melibatkan kabupaten-kota, baik itu membangun baru atau renovasi di kabupaten dan kota masing-masing, sehingga dilihat dari dua kesiapan ini, tidak ada alasan untuk PON batal," ujar Suwarno.

3. PON 2024 bakal mempertandingkan 65 cabang olahraga

KONI: Pembangunan Venue PON 2024 Akan Selesai Tepat WaktuLaunching PON 2024 Aceh-Sumut di Lapangan Astaka, Deli Serdang, Sumatra Utara (Dok.Istimewa)

PON 2024 akan mempertandingkan 65 cabang olahraga. Rinciannya, 32 cabang olahraga akan dihelat di Aceh, serta 33 cabang olahraga dipertandingkan di Sumatra Utara.

Tidak cuma itu, PON 2024 ini juga akan jadi gelaran pertama yang dihelat di dua provinsi. Menurut jadwal, ajang ini bakal dihelat pada 8 sampai 20 September 2024, dengan pembukaan di Aceh dan penutupan di Sumatra Utara.

Baca Juga: Persiapan GOR Jalan Jambi Binjai untuk Venue Cabor Gulat PON 2024

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya