Peringkat 10 Besar Piala Dunia Basket 2023, Latvia Beri Kejutan

Piala Dunia Basket 2023 tuntas

Jakarta, IDN Times - Piala Dunia Basket 2023 akhirnya tuntas. Jerman keluar sebagai juara usai menumbangkan Serbia dalam laga final di Mall of Asia Arena, Minggu (10/9/2023). Meski Dennis Schroder dan kolega juara, Latvia tetap jadi perhatian.

Selain Latvia yang memberi kejutan, ada beberapa negara yang pada akhirnya urung memberikan performa terbaik. Hal itu pun mempengaruhi peringkat 10 besar akhir Piala Dunia Basket 2023.

Baca Juga: Jerman Juara Piala Dunia Basket 2023!

1. Empat teratas diisi tim tradisional

Peringkat 10 Besar Piala Dunia Basket 2023, Latvia Beri KejutanJerman menjuarai Piala Dunia Basket 2023. (Dok. FIBA)

Untuk peringkat empat teratas, ditempati oleh para semifinalis Piala Dunia Basket 2023. Di peringkat empat, ada Amerika Serikat yang kalah dari Kanada dalam perebutan peringkat ketiga.

Di peringkat kedua, ada Serbia yang kalah dari Jerman. Untuk posisi teratas, tentu menjadi milik Schroder dan kawan-kawan. Amerika dan Kanada, yang diprediksi akan menembus final, justru kalah di semifinal.

2. Latvia beri kejutan luar biasa

Peringkat 10 Besar Piala Dunia Basket 2023, Latvia Beri KejutanLatvia lawan Spanyol di Piala Dunia Basket 2023. (Dok. FIBA)

Predikat tim penuh kejutan di Piala Dunia Basket 2023 ini layak diberikan pada Latvia. Sejak fase grup hingga babak kedua, Arturs Zagars dan kawan-kawan sukses menumbangkan sekaligus merepotkan tim-tim unggulan.

Apiknya, Latvia juga sukses menembus babak perempat final. Meski kalah di delapan besar, mereka mengakhiri ajang ini di peringkat lima selepas dalam laga perebutan peringkat, mereka menumbangkan Lithuania.

3. Spanyol dan Prancis tak berkutik

Peringkat 10 Besar Piala Dunia Basket 2023, Latvia Beri KejutanSpanyol lawan Kanada di Piala Dunia Basket 2023. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Di ajang ini, Spanyol dan Prancis menghadirkan pertanyaan sendiri. Khusus Prancis, mereka sudah tumbang sejak fase grup, dan harus puas mengakhiri turnamen di posisi ke-18. Mereka bahkan kalah dari Sudan Selatan.

Sedangkan Spanyol, mereka gagal menjawab ekspektasi sebagai juara bertahan. Tumbang dari Latvia dan Kanada, mereka gagal ke delapan besar sehingga harus puas finis di posisi sembilan.

Berikut peringkat 10 besar Piala Dunia Basket 2023

1. Jerman
2. Serbia
3. Kanada
4. Amerika Serikat
5. Latvia
6. Lithuania
7. Slovenia
8. Italia
9. Spanyol
10. Australia

Baca Juga: Induk Organisasi Basket Indonesia dan Dunia, Apa Saja?

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya