Persani Senang, Brick Parkour Asian Tour 2023 Indonesia Sukses

Jadi titik awal pengembangan parkour Indonesia

Jakarta, IDN Times - Brick Parkour Asian Tour 2023 seri Indonesia berjalan sukses. Dihelat di AEON Mall BSD City, 12 hingga 13 Agustus 2023, event ini mendapat pujian dari Presiden Federasi Senam Internasional (FIG) Morinari Watanabe.

"Alhamdulillah hari ini kita menyelesaikan dua hari kompetisi Brick Parkour Asian Tour 2023, kita sudah berhasil menggelar ajang ini dengan meriah, bahkan mendapat pujian langsung dari Presiden FIG (Morinari) Watanabe,” kata Ketua Umum Persani Ita Yuliati di BSD City, Minggu (13/8/2023).

1. Akan ada keberlanjutan dari Parkour Asia Tour ini

Persani Senang, Brick Parkour Asian Tour 2023 Indonesia SuksesBrick Parkour Asian Tour 2023. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Ita berujar, parkour di Indonesia tidak hanya akan terhenti di ajang Brick Parkour Asia Tour 2023 ini. Ita menyebut sebagai bentuk keberlanjutan parkour prestasi, event serupa akan terus dilanjutkan di Indonesia.

"Dengan didonasikannya satu perangkat (peralatan parkour), saya punya kesepakatan dengan Brick, jadi kami punya kesepakatan empat tahun ke depan, dan mereka akan tetap mendukung. Bukan cuma parkour tapi juga gymnastics," ucap Ita Yuliati.

Tidak cuma itu, Persani juga berkomitmen membangun pembinaan parkour prestasi di Tanah Air, dengan mengirim best of-the-best juara Brick Parkour Asian Tour Indonesia Series ke tur lainnya.

"Di antara pemenang itu akan kami lihat dan kami serahkan kepada Charles (Perriere) dari FIG, mana yang terbaik dari yang terbaik yang akan kami ikut sertakan di kejuaraan tur Asia. Dia boleh pilih negara mana," ujar Ita.

Baca Juga: Menpora Dito Dukung Penuh Perkembangan Parkour di Indonesia

2. Akan banyak program lanjutan untuk parkour di Indonesia

Persani Senang, Brick Parkour Asian Tour 2023 Indonesia SuksesPembukaan Parkour Asian Tour 2023. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Masih menyoal pengembangan parkour di Indonesia. Nantinya Persani akan mengadakan kamp pelatihan untuk pelatih parkour Indonesia. Pelatihan itu akan dihelat pada November 2023 mendatang. Persani juga akan menggelar Parkour Tour Indonesia.

"November kami akan menjadi tuan rumah untuk pelatihan pelatih parkour dari FIG, kami baru peresmian. Jadi sumber dayanya perlu dikembangkan. Sumber daya itu adalah pelatih, itu dahulu yang kami persiapkan, dan tahun depan kami akan mengadakan Parkour Tour Indonesia," kata Ita.

3. FIG salut dengan talenta parkour di Indonesia

Persani Senang, Brick Parkour Asian Tour 2023 Indonesia SuksesPembukaan Parkour Asian Tour 2023. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Sementara itu, Charles Perrière sekaligus President of the Parkour Commission FIG berkata, ajang Indonesia Series ini menjadi benchmark untuk Brick Parkour Asian Tour. Charles juga berharap potensi yang dimiliki Indonesia dapat dikembangkan.

“Saya melihat banyak potensi di sini, tapi saya tidak terkejut, karena memang Indonesia punya banyak komunjtas parkour yang terkenal, dan saya senang komunitas ini punya peluang untuk terhubung dengan Persani, jadi mereka bisa bekerja sama untuk mengembangkan parkour,” kata Charles.

Brick Parkour Asian Tour 2023 Indonesia Series sendiri mempertandingkan tiga nomor, yaitu speed, freestyle, dan skill yag dibagi beberapa kategori dan menyedot ratusan peserta. Selain itu juga diadakan beberapa workshop di bawah arahan atlet dunia.

Setelah dari Indonesia, seri Brick Parkour Asian Tour 2023 belum berhenti. Setelah dari Jakarta, gelaran ini bakal berlanjut ke negara-negara lain, seperti Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

Baca Juga: Ratusan Peserta Ramaikan Brick Parkour Asian Tour 2023

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya