Ratusan Peserta Ramaikan Brick Parkour Asian Tour 2023

Jakarta jadi seri pertama ajang ini

Jakarta, IDN Times - Sambutan luar biasa ditunjukkan para peserta Brick Parkour Asian Tour 2023 Jakarta Series. Tercatat 285 peserta akan ambil bagian dalam event yang diadakan di AEON Mall BSD City, 12 hingga 13 Agustus 2023.

Ketua Umum Persatuan Senam Indonesia (Persani) Ita Yuliati bangga dengan tingginya antusiasme peserta Brick Parkour Asian Tour 2023 Jakarta Series. Apalagi, parkour juga adalah disiplin senam yang sudah berkembang dan dikenal luas di dunia.

“Jadi kami berjalan beriringan karena sejatinya parkour ini sudah berkembang di komunitas melalui olahraga rekreasi. Namun jika untuk prestasi, wadahnya ada di gymnastics FIG (Federasi Senam Internasional),” kata Ita dalam sesi jumpa pers, Jumat (11/8/2023).

Baca Juga: Tergolong Ekstrem, Tenyata Parkour Juga Memiliki Banyak Manfaat

1. Ajang mencari bibit atlet parkour di Indonesia

Ratusan Peserta Ramaikan Brick Parkour Asian Tour 2023best-parkour.com

Ita mengatakan, selain jadi kompetisi, ajang ini juga momen pencarian bibit atlet parkour di Tanah Air. Pada 2018, Komite Olimpiade International (IOC) meminta FIG menangani parkour sebagai salah satu disiplin di gymnastics (senam).

“Event ini juga tak hanya mencari juara, tapi kami akan talent scouting. Nah, pemain-pemain parkour yang usianya di bawah 17 tahun ini akan dilihat, mana yang kira-kira dapat dibina oleh PB Persani,” ujar Ita.

Baca Juga: Dikenal Lembut, 10 Momen Lincah Kak Seto yang Ternyata Jago Parkour

2. Adanya dukungan dari NOC Indonesia dan FIG

Ratusan Peserta Ramaikan Brick Parkour Asian Tour 2023Brick Parkour Asian Tour 2023 siap digelar. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) mendukung penuh penyelenggaraan Brick Parkour Asian Tour 2023. Agenda tersebut dinilai bisa menjadi salah satu cara agar khalayak luas bisa lebih mengenal parkour.

“Sudah banyak olahraga yang tadinya urban sports masuk Olimpiade, jadi parkour ini juga menjadi motivasi kita untuk memperhatikan cabang olahraga urban yang berpotensi menjadi cabor Olimpiade," tutur Sekjen NOC Indonesia Wijaya Noeradi.

Presiden FIG Morinari Watanabe menyebut Brick Parkour Asian Tour 2023, menjadi tempat yang tepat untuk memperkenalkan parkour di Indonesia. Ia beharap muncul atlet parkour dari Tanah Air.

"Ini hari yang baik untuk parkour bukan hanya di Indonesia tapi juga seluruh dunia. Kami bangga memperkenalkan kepada Anda semua tentang parkour ini dan mengedukasi tentang parkour," ujar Watanabe.

Baca Juga: Muklis, Praktisi Parkour Banyak Prestasi, Kini Bangun Kampung Kreatif

3. Indonesia masuk seri perdana

Ratusan Peserta Ramaikan Brick Parkour Asian Tour 2023Brick Parkour Asian Tour 2023 siap digelar. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Sebagai informasi, Indonesia menjadi negara pertama yang masuk dalam rangkaian tour parkour di Asia. Selain Indonesia, ada empat negara lain yang juga masuk seri Parkour Asian Tour 2023 ini, yaitu Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Filipina.

Brick Parkour Asian Tour 2023 menggelar tiga nomor, yaitu speed, freestyle, dan skill. Pemenang dari Jakarta series akan langsung berduel dengan atlet parkour Internasional.

Ada lima atlet internasional yang siap menunjukkan kepiawaian mereka berlaga di parkour Jakarta. Mereka adalah Javier Rodriguez (Meksiko), Carly Cordt Moeller (Swiss), Audrey Johnson (Amerika Serikat), dan Stephanie dari Australia.

Brick Parkour Asian Tour 2023 Jakarta Series didukung penuh oleh Alita, AEON Mall BSD City, AEON Credit Service, AEON, Fast, NEC, Bank Mandiri, RS EMC Tangerang, DRX, Apsari Artisan, dan iMSPORT.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya