Profil Harris Horatius, Atlet Wushu Asal Medan Peraih Emas Asian Games

Harris Horatius ciamik

Jakarta, IDN Times - Indonesia menambah emas lagi di Asian Games 2022. Emas itu didapat dari cabang olahraga (cabor) wushu, via Harris Horatius yang mentas di nomor nangun dan nanquan.

Harris sukses menorehkan total poin 19.506 poin, unggul dari wakil Korea Selatan Lee Young Mun yang meraih perak dan wakil Makau Huang Junhua yang meraih perunggu. Emas Harris ini jadi yang ketiga bagi Indonesia di Asian Games 2022.

Total, Harris mengumpulkan 19.506 poin disusul wakil Korea Selatan Lee Yong Mun di urutan kedua dengan raihan 19.472 poin dan Huang memastikan medali perunggu dengan total 19.463 poin.

Baca Juga: Harris Sumbang Emas ke-3 Indonesia di Asian Games 2022 dari Wushu

1. Sosok kelahiran Medan yang punya dasar bela diri

Profil Harris Horatius, Atlet Wushu Asal Medan Peraih Emas Asian GamesAtlet Wushu Indonesia, Harris Horatius, saat berlaga di Asian Games 2022 Hangzhou (dok. NOC Indonesia)

Harris adalah sosok kelahiran Medan, 11 Oktober 1995. Selain menggeluti wushu, Harris juga ternyata menggeluti seni bela diri. Hal inilah yang memberikan pengaruh baginya saat melakoni olahraga wushu.

Sejak 2015, nama Harris di kancah wushu dunia sudah harum. Bertarung di nomor nangun dan nanquan, dia sukses meraih medali emas, mengalahkan atlet asal Vietnam Pham Quoc Khanh dan atlet Myanmar Aung Wai Phyo, di SEA Games 2015.

Baca Juga: Duet Voli-Wushu Bawa Bendera Indonesia di Defile Asian Games

2. Makin harum memasuki 2019

Profil Harris Horatius, Atlet Wushu Asal Medan Peraih Emas Asian Gamesinstagram.com/harrishoratius

Memasuki 2019, nama Harris makin harum di kancah wushu dunia. Dia sukses meraih medali emas dari nomor duilian, serta medali perunggu dari nomor nangun di Kejuaraan Dunia Wushu 2019 yang diadakan di Shanghai.

Beberapa bulan kemudian, dia meraih medali emas di SEA Games 2019 dari nomor duilian dan medali perak di nomor nanquan, serta nomor nandao/nangun. Setelah pandemi COVID-19, Harris kembali berkompetisi.

Di SEA Games 2021, dia meraih medali perak di nomor nanquan dan medali perunggu di nomor nangun. Dia juga sukses meraih perak di nomor nanquan dan nangun dalam World Games di Birmingham pada 2022, serta di SEA Games 2023.

Baca Juga: Sejarah Wushu, Seni Bela Diri China yang Mendunia 

3. Harris memang ditargetkan raih emas

Profil Harris Horatius, Atlet Wushu Asal Medan Peraih Emas Asian GamesAtlet Wushu Indonesia, Harris Horatius, saat berlaga di Asian Games 2022 Hangzhou (dok. NOC Indonesia)

Sekjen PB Wushu, Ngatino mengatakan Harris memang ditargetkan meraih emas di Asian Games 2022. Secara pengalaman, memang sosok asal Medan itu sudah banyak meraih prestasi di ajang dunia.

"Alhamdulillah bersyukur atas dukungan semuanya, akhirnya medali emas bisa diambil dari wushu. Harris memang yang kita targetkan untuk dapat emas,” ucap Ngatino, dalam keterangan resminya.

Berkat capaian Harris Horatius, raihan emas Indonesia di Asian Games 2022 bertambah. Hingga Selasa (26/9/2023) sore, tim Merah Putih sudah mengumpulkan tiga emas, satu perak, dan empat perunggu.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya