PSOI Yakin Selancar Ombak Indonesia Raih Emas Olimpiade 2024

Selancar ombak Indonesia punya potensi besar

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) Pandu Sjahrir memendam sebuah keyakinan. Dia optimistis selancar ombak Indonesia bisa meraih medali emas di Olimpiade 2024 Paris.

“Saya melihat selancar ombak memiliki potensi besar untuk bisa meraih medali dan juga untuk memperbesar pariwisata Indonesia ke depan,” kata Pandu dalam sambutannya saat pelantikan PSOI di Jakarta pada Senin, 19 Juni 2023.

1. PSOI didukung Kemenpora

PSOI Yakin Selancar Ombak Indonesia Raih Emas Olimpiade 2024Ketum PSOI dalam acara pelantikan bersama Menpora, KONI, dan KOI. (Dok. PSOI)

Keyakinan Pandu didukung Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo. Dia percaya akan kapasitas Pandu sebagai Ketum PSOI. Dia menyebut selancar ombak merupakan salah satu olahraga yang diunggulkan pada Olimpiade 2024.

“Kita yakin dengan kombinasi jaringan yang dimiliki Mas Pandu, ini PSOI akan jadi salah satu federasi yang bisa mendapat medali emas di olimpiade,” ujar Dito.

Baca Juga: Keren! Rio Waida Puncaki Klasemen Selancar Dunia

2. Dukungan datang dari KONI dan NOC Indonesia

PSOI Yakin Selancar Ombak Indonesia Raih Emas Olimpiade 2024Ketum PSOI dalam acara pelantikan bersama Menpora, KONI, dan KOI. (Dok. PSOI)

Dukungan kepada PSOI juga datang dari Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Marciano Norman. Menurutnya, PSOI berdedikasi besar untuk mendukung kemajuan selancar ombak Indonesia.

“Saya berharap dengan kepemimpinan Pandu Sjahrir banyak terobosan yang bisa dilakukan, termasuk pada olimpiade Paris nanti, selancar ombak menjadi salah satu kontributor medali emas untuk Indonesia,” ujarnya.

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari juga memberikan dukungannya pada PSOI. Dia mengungkapkan, Presiden Asosiasi Selancar Internasional Fernando Aguerre bahkan memuji potensi alam Indonesia karena ombaknya termasuk yang terbaik di dunia.

“Pak Pandu ini orang yang paling tepat untuk jadi Ketua Umum PSOI karena selancar merupakan cabang olahraga yang paling banyak di dunia. Dan itu diakui langsung Ketua Umum Internasionalnya, Fernando. Dia sendiri setiap tiga sampai empat bulan datang ke Indonesia untuk surfing,” tutur Okto.

3. Pekerjaan rumah PSOI selanjutnya

PSOI Yakin Selancar Ombak Indonesia Raih Emas Olimpiade 2024Ketum PSOI dalam acara pelantikan bersama Menpora, KONI, dan KOI. (Dok. PSOI)

Kini, PSOI dihadapkan pada sebuah pekerjaan rumah yang lumayan berat. PSOI harus bisa mengembangkan potensi atlet selancar ombak Indonesia, berbarengan juga dengan meningkatkan pariwisata Indonesia lewat selancar ombak.

“Kita harus fokus mensosialisasikan kepada masyarakat tentang selancar ombak Indonesia dan bekerja sama dengan KONI, KOI, bagaimana membawa olahraga internasional ini menjadi terkenal di level nasional," ujar Pandu.

"Kemudian, kita harus membawa perubahan ekonomi positif ke daerah-daerah yang hadir. Jadi kita coba membangun perhotelan dan bekerja sama dengan kementerian untuk mendorong dari sisi infrastruktur,” lanjut Ketum PSOI itu.

Baca Juga: Pandu Sjahrir Resmi Jadi Ketua Umum PSOI Periode 2023-2026

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya