Rahmat Erwin Pecahkan Rekor Dunia di Kejuaraan IWF 2023

Rahmat Erwin masih prima

Jakarta, IDN Times - Lifter Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah, memecahkan rekor dunia dalam Kejuaraan IWF 2023 di Arab Saudi, Senin (11/9/2023). Rekor ini pecah dalam angkatan clean and jerk.

Tidak hanya memecahkan rekor dunia, Rahmat Erwin juga membawa pulang satu emas dan sekeping perak dari ajang tersebut. Hebatnya lagi, ini adalah rekor dunia kedua bagi pemuda kelahiran Oktober 2000 itu.

1. Rahmat Erwin turun di kelas 81 kg

Rahmat Erwin Pecahkan Rekor Dunia di Kejuaraan IWF 2023instagram.com/rahmaterwin_

Rahmat mentas di kelas 81 kilogram dalam Kejuaraan IWF 2023. Dalam snatch, dia mencatatkan angkatan 145 kilogram. Nah, ketika clean and jerk, Rahmat menunjukkan kualitasnya dan memecahkan rekor dunia.

Memulai angkatan clean and jerk di beban 195 kilogram, Rahmat menaikkan beban pada kesempatan kedua dan ketiga. Di angkatan ketiga, rekor dunia pun pecah saat dia mampu mengangkat beban 209 kilogram.

Rahmat memecahkan rekor dunia 208 kilogram yang sebelumnya diciptakan lifter 19 tahun asal Bulgaria, Nasar Karlos May Hasan. Rekor ini tercipta pada Kejuaraan Dunia 2021 di Tashkent.

Baca Juga: Rahmat Erwin Raih Emas dan Pecahkan 3 Rekor SEA Games, Keren!

2. Rekor dunia baru bagi Rahmat Erwin

Rahmat Erwin Pecahkan Rekor Dunia di Kejuaraan IWF 2023Rahmat Erwin di Kejuaraan IWF 2023. (Dok. PABSI)

Rekor dunia di kelas 81 kilogram ini jadi yang terbaru bagi Rahmat. Sebelumnya, dia memecahkan rekor dunia juga di kelas 74 kilogram. Dia mencatatkan angkatan clean and jerk sebesar 200 kilogram dalam Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022 di Kolombia.

Catatan ini memecahkan rekor dunia yang ditorehkan lifter China, Shi Shiyong. Dia menorehkan catatan angkatan 198 kilogram. Dengan begini, Rahmat pun didapuk menjadi raja clean and jerk.

"Luar biasa. Dia adalah satu-satunya lifter Indonesia yang berhasil memecahkan rekor dunia angkatan clean and jerk di dua kelas yang berbeda yakni 73 kilogram dan 81 kilogram. Maka, dia pantas mendapat julukan 'The King of Clean and Jerk'," ujar Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PABSI, Dirja Wihardja, Senin (11/9) malam.

3. Rahmat Erwin meraih emas dan perak

Rahmat Erwin Pecahkan Rekor Dunia di Kejuaraan IWF 2023Rahmat Erwin Abdullah dalam medals ceremony kelas 73kg putra di SEA Games 2021 Vietnam (Dok. NOC INDONESIA/MP MEDIA/EVAN ANDRAWS)

Khusus di Kejuaraan IWF 2023, Rahmat Erwin meraih satu emas dan sekepingperak. Emas dia dapat berkat torehan angkatan clean and jerknya, yakni 209 kilogram. Sedangkan perak dia dapat berkat total angkatannya, yakni 354 kilogram.

Secara total angkatan, Rahmat Erwin kalah dari lifter italia yang meraih emas, Reyes Martinez Oscar (356 kilogram). Raihan di Kejuaraan IWF 2023 ini jadi bekal bagi pemuda kelahiran Makassar itu jelang Asian Games 2022.

Baca Juga: Cabor Menembak Indonesia Target 3 Medali di Asian Games 2022

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya