Ribuan Peserta Sukses Ramaikan Riau Bhayangkara Run 2023

Riau Bhayangkara Run 2023 sukses dihelat

Jakarta, IDN Times - Riau Bhayangkara Run 2023 yang diselenggarakan di Pekanbaru, Minggu (6/8/2023) sukses digelar. Tercatat, ada 2.000 peserta yang turut meramaikan acara ini.

Kapolda Riau, Irjen Mohammad Iqbal, mengatakan animo masyarakat untuk mengikuti event ini sangat tinggi. Bahkan, hampir 1.000 peserta berasal dari luar Riau seperti Jawa Barat, Sumatra Barat, Aceh, Nusa Tenggara Barat, hingga Sumatra Utara.

"Terima kasih 800 lebih runner dari luar Provinsi Riau," ujar Iqbal dalam keterangan resminya.

1. Pendapatan ekonomi Riau meningkat

Ribuan Peserta Sukses Ramaikan Riau Bhayangkara Run 2023Riau Bhayangkara Run sukses digelar. (Dok. Istimewa)

Iqbal juga menyatakan Riau Bhayangkara Run 2023 ini membuat pendapatan ekonomi daerah meningkat di berbagai sektor seperti transportasi, penginapan, kuliner, dan penjualan oleh-oleh khas Riau.

"Ini menjadi kebanggaan bersama karena Riau Bhayangkara Run menunjukkan keberhasilan kami untuk meningkatkan ekonomi di Provinsi Riau. Saya juga mendapatkan laporan okupansi penginapan di Pekanbaru meningkat 80-90 persen," kata Iqbal.

Baca Juga: Maraton Aman Ala Melanie Putria, Gimana Sih?

2. Riau Bhayangkara Run 2023 akan jadi agenda tahunan

Ribuan Peserta Sukses Ramaikan Riau Bhayangkara Run 2023Riau Bhayangkara Run sukses digelar. (Dok. Istimewa)

Riau Bhayangkara Run akan dijadikan agenda tahunan karena mendapat sambutan positif. Bahkan, Iqbal berkeinginan tahun depan Riau Bhayangkara Run bisa lebih besar dan menggelar kategori internasional.

"Tahun depan harus lebih besar daripada ini. Kalau sekarang hadiah doorprize utamanya satu mobil, tahun depan dua unit. Tapi, perlu diketahui keberhasilan ajang ini merupakan kerja bersama seluruh pihak untuk masyarakat Indonesia dari Riau," ujar Iqbal.

Sementara itu, Gubernur Riau, Syamsuar, mengapresiasi gelaran ini. Dia mengatakan lomba lari yang diadakan Polda Riau memiliki banyak dampak positif bagi masyarakat. Termasuk mempromosikan Riau ke kancah nasional.

"Semangat Bhayangkara Run ini luar biasa, datang dari berbagai daerah. Ini dalam rangka HUT Bhayangkara, HUT Provinsi Riau, dan Hari Kemerdekaan. Momen ini, sangat tepat, termasuk promosi Riau," ujar Syamsuar.

3. Siapa saja pemenang Riau Bhayangkara Run 2023?

Ribuan Peserta Sukses Ramaikan Riau Bhayangkara Run 2023Riau Bhayangkara Run sukses digelar. (Dok. Istimewa)

Riau Bhayangkara Run 2023 memperlombakan lari jarak 5K, 10K, dan 21K. Ribuan pelari ini memperebutkan hadiah hingga ratusan juta untuk kategori pemula atau pelajar putra-putri hingga umum.

Adapun juara kategori 21K putra ditempati oleh atlet nasional, Riki Martin Simbolon, asal Bandung, Jawa Barat. Dia menjadi yang tercepat dengan waktu tempuh satu jam sembilan menit.

Di posisi yang sama untuk kategori putri, ditempati Desi Kristiani dari Jawa Barat dengan waktu tempuh satu jam 28 menit. Keduanya membawa pulang medali serta uang tunai Rp25 juta.

Sedangkan kategori 10K putra, dimenangi oleh Rahmat Setiabudi pelari asal Bandung, Jawa Barat, dengan waktu tempuh 34 menit 55 detik.

Di kategori 10K putri, juara ditempati oleh Siska Sinamora dari Sumatra Utara. Siska berhasil mengisi posisi pertama setelah berlari selama 41 menit 14 detik. Keduanya masing-masing mendapatkan uang tunai Rp10 juta beserta medali.

Kemudian, juara kategori 5K putra diisi oleh Elizar Gamazi yang juga pelari asal Bandung dengan memakan waktu 16 menit 48 detik. Posisi pertama dari putri, diraih Zulhasmiati asal Padang. Masing-masing membawa pulang uang tunai Rp7,5 juta.

Sedangkan kategori pelajar 5K, diraih oleh Salsabila dari Solok, Sumatra Barat. Di tempat yang sama kategori putra, ditempati Indon Cristi Nainggolan dari Pekanbaru. Kedua pelajar ini pulang dengan medali dan uang tunai masing-masing Rp3 juta.

Baca Juga: Riau Bhayangkara Run Siap Tingkatkan Perekonomian Daerah

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya