Rifda Irfanaluthfi, Pesenam Penuh Prestasi yang Tembus Olimpiade 2024

Rifda Irfanaluthfi sudah menarik perhatian sejak 2014

Jakarta, IDN Times - Rifda Irfanaluthfi kembali menorehkan prestasi bersama Indonesia. Dia memastikan diri lolos ke Olimpiade 2024 Paris, usai tampil apik dalam Kejuaraan Dunia Senam Artistik di Belgia, Senin (2/10/2023).

Dikutip situs resmi Olimpiade, Rifda lolos karena tuan rumah memberikan kuota realokasi. Dia menjadi atlet Indonesia ketiga yang memastikan lolos ke Olimpiade 2024 setelah Arif Dwi Pangestu (panahan) dan Desak Made Rita Kusuma Dewi (panjat tebing).

Rifda memang bukan atlet sembarangan. Sedari muda, dia sudah menjelma menjadi salah satu tumpuan cabang olahraga (cabor) senam Indonesia.

1. Bakatnya sudah tercium sejak di Jakarta

Rifda Irfanaluthfi, Pesenam Penuh Prestasi yang Tembus Olimpiade 2024instagram.com/rifda_irfanaluthfi

Rifda lahir pada 16 Oktober 1999. Sejak usia lima tahun, Rifda sudah mengenal senam, dan menjadi atlet. Tidak hanya mentas di kategori tunggal, Rifda juga kerap turun di tim. Fokusnya ada di senam artistik.

Pada PON Remaja 2014, mewakili DKI Jakarta, Rifda berhasil meraih dua medali emas. Torehan ini membawanya pada debut kejuaraan internasional di Doha, Qatar, pada 2015. Ikut tiga nomor, Rifda belum mampu lolos ke final kala itu.

Nama Rifda pun semakin dikenal tatkala menjadi bagian kontingen Indonesia di SEA Games 2015, Singapura. Di sana, Rifda sukses meraih perak dari nomor senam lantai, kalah dari pesenam Malaysia Farah Ann Abdul Hadi.

Baca Juga: Pesenam Indonesia Rifda Irfanaluthfi Lolos Olimpiade 2024

2. Mulai berpendar pada 2017

Rifda Irfanaluthfi, Pesenam Penuh Prestasi yang Tembus Olimpiade 2024instagram.com/rifda_irfanaluthfi

Memasuki 2017, bakat Rifda makin berpendar. Di SEA Games 2017, dia meraih satu emas, satu perak, dan tiga perunggu bagi Indonesia, melengkapi catatan dua perunggu dalam Pesta Olahraga Solidaritas Islam di Baku pada tahun yang sama.

Lalu, di Asian Games 2018, Rifda meraih perak pada nomor senam lantai. Berlanjut ke SEA Games 2019 Filipina, dia menggondol satu emas dan tiga perak dari empat nomor berbeda. Sebanyak dua emas dan satu perak, dia dapatkan juga di SEA Games 2021 Vietnam.

Dalam Kejuaraan Dunia Senam di Kairo, Rifda meraih medali perunggu. Terakhir, di Kejuaraan Dunia Senam Artistik di Belgia, dia tampil impresif sehingga berhak mentas di Olimpiade 2024.

3. Rifda pernah cedera parah

Rifda Irfanaluthfi, Pesenam Penuh Prestasi yang Tembus Olimpiade 2024Pesenam putri Indonesia Rifda Irfanaluthfi menyumbang emas kedua bagi Indonesia di cabang olahraga senam artistik SEA Games 2021 Vietnam di Quan Ngua Sports Palace, Hanoi, Vietnam, Senin (16/5/2022). (ANTARA/Zabur Karuru/aww)

Pada September 2020, Rifda pernah mengunggah foto di akun media sosialnya, yang menggambarkan tengah menjalani perawatan cedera. Dia mengalami cedera retak tulang betis dalam masa persiapan PON 2021 Papua.

Meski sempat memaksakan diri tampil di Papua, Rifda akhirnya harus menjalani pengobatan panjang. Dia pun sempat curhat kepada Menpora saat itu Zainudin Amali, dan Presiden Joko 'Jokowi' Widodo mengenai penanganan cedera bagi atlet yang kurang maksimal.

Terlepas dari itu, sekarang Rifda sudah mengunci satu tempat di Olimpiade 2024 Paris. Harapannya untuk tampil di ajang itu pun terwujud, dan sekarang dia sudah siap melangkah lagi lebih tinggi.

Baca Juga: Rifda Irfanaluthfi Sabet Perunggu dari Piala Dunia 2023 Kairo

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya