Selain Uang, Ini Faktor Penting untuk Bisa Jadi Sponsor di MotoGP

Uang yang digelontorkan tergantung kelas yang diikuti

Jakarta, IDN Times - Menjadi sponsor adalah cara lain bagi seseorang atau brand untuk turut serta dalam perhelatan MotoGP. Akan tetapi, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan oleh orang atau brand tersebut.

Agensi yang memfokuskan diri pada sponsorship di sektor olahraga, RTR Sponsor Marketing, menelurkan sebuah alat yang bernama Sponsor Calculator. Alat ini berguna untuk menghitung berapa duit yang harus dikeluarkan untuk jadi sponsor di MotoGP.

GPOne pun mencoba alat tersebut, dan akhirnya menemukan hal menarik, termasuk faktor-faktor yang menentukan berapa duit yang harus keluar agar bisa jadi sponsor. Apa hasil temuan mereka?

Baca Juga: Tim MotoGP Rossi Resmi Ganti Nama: Pertamina Enduro VR46 Racing Team

1. Pengeluaran berbeda tergantung kelas yang ingin diikuti

Selain Uang, Ini Faktor Penting untuk Bisa Jadi Sponsor di MotoGPMarc Marquez berada di depan Alex Marquez saat balapan di GP San Marino 2023. (motogp.hondaracingcorporation.com)

Berdasarkan hasil percobaan GPOne, mereka menemukan bahwa duit yang dikeluarkan untuk jadi sponsor berbeda, tergantung kelas yang diikuti. Jika ingin jadi sponsor Ducati, mereka bisa menghabiskan 12 juta euro (sekitar Rp204,4 miliar).

Biaya lebih murah bisa mereka keluarkan jika menjadi sponsor Moto3. Diperkirakan, berdasarkan hitungan Sponsor Calculator, mereka hanya perlu mengeluarkan dana 20.000 euro (setara Rp340,4 juta).

2. Beberapa faktor yang menentukan

Selain Uang, Ini Faktor Penting untuk Bisa Jadi Sponsor di MotoGPpotret kecelakaan di Sirkuit Red Bull Ring (motogp.com)

Selain kelas yang ingin diikuti sebagai sponsor, ada beberapa faktor yang menentukan jika ingin jadi sponsor di MotoGP. Bahkan, di antara tim-tim MotoGP sekalipun, duit yang dikeluarkan bisa berbeda. Itu berdasarkan hasil perhitungan Sponsor Calculator.

Misal, jika ingin jadi sponsor Ducati atau Yamaha, jumlahnya bisa berbeda. Selain bergantung pada besar atau tidaknya tim yang ingin dituju jadi sponsor, kekuatan negosiasi tentu berpengaruh, selain kekuatan dana yang dimiliki.

Jangan lupa, adanya nama-nama besar di sebuah tim juga bisa berpengaruh terhadap uang yang dikeluarkan untuk jadi sponsor. Misal untuk VR46 Racing Team. Dengan brand Valentino Rossi, tentu butuh uang besar untuk jadi sponsor di sini.

Atau misal Gresini Racing. Dengan hadirnya Marc Marquez, tentu sekarang brand harus keluar duit lebih banyak jika ingin jadi sponsor Gresini. Menilik hal ini, ada potensi Pertamina Lubricants, yang jadi sponsor VR46, sudah keluar uang banyak.

3. Jadi, berapa biaya investasi yang dihabiskan Pertamina?

Selain Uang, Ini Faktor Penting untuk Bisa Jadi Sponsor di MotoGPPertamina Lubricants kerja sama dengan VR46 Racing Team yang akan dimulai pada Januari tahun 2024 mendatang. (Dok. Istimewa)

Direktur Utama Pertamina Lubricants, Werry Prayogi, menyadari bagaimana dampak dari brand VR46. Werry merasa kerja sama dengan VR46 merupakan langkah strategis dalam memperluas pasarnya.

"Kerja sama antara Pertamina Lubricants dan VR46 Racing Team adalah langkah strategis untuk memperluas visi kami menjadi juara di industri pelumas. Ini merupakan bukti bahwa VR46 Racing Team dan Valentino Rossi menaruh kepercayaan yang tinggi pada kualitas internasional Pertamina Enduro," ujar Werry.

Werry tak menjelaskan berapa investasi yang digelontorkan Pertamina Lubricants ke VR46. Namun, dia menyatakan dari hasil analisis konsultan, kerja sama dengan VR46 bisa meningkatkan nilai pasar dari Pertamina Lubricants dua hingga tiga kali lipat.

"Secara marketing value, bisa lebih dari dua sampai tiga kali lipat dari nilainya (dengan menjadi bagian dari Pertamina Enduro VR46 Racing Team di MotoGP). Itu menurut konsultan kami," kata Werry.

Setidaknya, jika kamu berminat untuk jadi sponsor tim atau sponsor MotoGP, kamu bisa berhitung dengan Sponsor Calculator ini. Tapi, tentu jangan lupakan faktor-faktor penting di atas, plus kekuatan dana yang kamu miliki.

Baca Juga: Logo Baru Pertamina Enduro VR46: Nuansa Merah-Putih dan Rossi

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya