Target Asian Games 2022 Meleset, Menpora Dito Minta Maaf

Target 10 besar Menpora Dito gagal tercapai

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia. Hal itu lantaran target 10 besar peringkat medali Asian Games 2022 tak tercapai.

"Saya ingin mengucapkan permohonan maaf pada seluruh masyarakat Indonesi dan Bapak Presiden Republik Indonesia, karena target beliau 10 besar (di Asian Games 2022) tidak tercapai," kata Dito di Jakarta, Minggu (8/10/2023), dilansir ANTARA.

1. Momen instropeksi berbalut hal positif

Target Asian Games 2022 Meleset, Menpora Dito Minta MaafTim sepak takraw putri Indonesia di Asian Games 2022 Hangzhou (dok. NOC Indonesia/Hendri K Rahman)

Dito mengaku, tak tercapainya target Indonesia di Asian Games 2022 ini jadi momen introspeksi bagi dunia olahraga tanah air. Akan tetapi, dia juga merasa puas karena tetap ada hal positif yang muncul.

"Terlepas dari tidak tercapainya target, kita harus tetap bangga karena dalam sejarah Asian Games di luar Indonesia sebagai tuan rumah, kita cukup signifikan kenaikannya (soal perolehan medali)," ujar Dito.

Baca Juga: Medali Asian Games 2022 Didominasi Cabor DBON, Perpres 86/2021 Sukses

2. Jadi motivasi untuk bangkit di ajang selanjutnya

Target Asian Games 2022 Meleset, Menpora Dito Minta MaafSprinter Indonesia, Lalu Muhammad Zohri di Asian Games 2022 Hangzhou (dok.NOC Indonesia/Tetuko Mediantoro)

Dito berujar, kekecewaan ini harus jadi motivasi bagi olahraga Indonesia untuk bangkit di ajang-ajang berikutnya. Dia juga menekankan pentingnya kerja sama semua pihak, baik itu pengurus federasi, pelatih, hingga atlet.

"Kami akan mengevaluasi total seluruh cabor yang ikut Asian Games 2022, dan akan kita analisis lagi bagi yang meleset dari target. Kami harus duduk bersama, mencari solusi terbaik," kata Dito.

3. Indonesia bertengger di peringkat 13

Target Asian Games 2022 Meleset, Menpora Dito Minta MaafLifter senior Indonesia, Eko Yuli Irawan di Asian Games 2022 Hangzhou (dok.NOC Indonesia/Naif Al'as)

Hingga Minggu (8/10/2023) sore WIB, posisi Indonesia di klasemen medali Asian Games 2022 belum berubah. Mereka masih bertengger di peringkat 13, di bawah Hong Kong, Korea Utara, dan Thailand.

Indonesia meraih tujuh emas, 11 perak, dan 18 perunggu di Asian Games 2022 ini. Total, kontingen Merah Putih mengumpulkan 36 medali dalam ajang tersebut. Target ini meleset dari posisi 10 besar yang dicanangkan Menpora Dito.

Baca Juga: Noda Bulu Tangkis Indonesia di Asian Games, PBSI Harus Sadar Diri

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya