Usai Asian Games 2022, Sanggoe Menatap Olimpiade 2024

Sanggoe kembali tampil apik di Asian Games

Jakarta, IDN Times - Sanggoe Darma Tanjung tampil apik di Asian Games 2022 Hangzhou. Tampil di Qiantang Roller Sports Center, Rabu (27/9/2023), dia sukses meraih medali perak dari nomor men's street. Kini, dia menatap Olimpiade Paris.

Total, Sanggoe memperoleh 200,63 poin untuk memastikan medali perak. Skateboarder tuan rumah, China, Zhang Jie berhak atas medali emas dengan total poin 231,14 dan medali perunggu direbut wakil tuan rumah lainnya, Su Jianjun dengan 195,73 poin.

“Terima kasih buat semuanya, saya tidak menyangka juga dapat medali karena Jepang, China, Korea sekarang ganas-ganas mainnya. Masih penasaran untuk bisa dapat medali emas sebenarnya. Kita harus coba latihan terus,” kata Sanggoe selepas lomba.

Baca Juga: 3 Atlet Tertua di Asian Games 2022, Tua-tua Keladi!

1. Sanggoe ingin mentas di Olimpiade 2024

Usai Asian Games 2022, Sanggoe Menatap Olimpiade 2024Atlet skateboard Indonesia, Sanggoe Darma Tanjung (dok. NOC Indonesia/Tetuko Mediantoro)

Bagi Sanggoe, ini merupakan medali perak kedua di Asian Games. Sebelumnya, ia juga meraih perak di Asian Games 2018. Selepas ini, Sanggoe pun berharap bisa tampil di Olimpiade 2024 Paris.

“Mau tampil di Olimpiade 2024 Paris. Tapi kan ada poin-poinnya, Indonesia skateboard-nya belum tentu bisa ikut, jadi kita harus kejar poinnya karena sudah ada beberapa kualifikasi tapi kita tidak ikut,” ujar Sanggoe.

Baca Juga: Skateboard Amankan Perak dari Asian Games 2022

2. Mengalahkan wakil asal Jepang

Usai Asian Games 2022, Sanggoe Menatap Olimpiade 2024Atlet skateboard Indonesia, Sanggoe Darma Tanjung dan CdM Indonesia untuk Asian Games 2022, Basuki Hadimuljo (dok. NOC Indonesia/Tetuko Mediantoro)

Di Asian Games 2022 ini, Sanggoe juga berhasil mengalahkan Ginu Onodera, peringkat ketiga dunia asal Jepang. Ginu yang juga merupakan pro player skateboard itu finis di urutan ketujuh dengan raihan 76,39 poin.

“Tadi saya kira dia (Ginu) yang dapat medali emas. Tapi setiap pemain karakternya beda-beda, lebih karena sering latihan tiap hari. Kalau saya main skate belajar otodidak dari umur 5 tahun," ujar Sanggoe.

“Sempat jatuh dua kali, lumayan sakit sih. Saya kira dapat (trick poin), mungkin karena kepedean, speed-nya terlalu kencang jadi gagal. Gagalnya di best trick-nya. Kita kan dikasih lima kesempatan dan diambil dua terbaiknya dari lima itu,” lanjutnya.

Baca Juga: Target Wushu Indonesia Tercapai di Asian Games 2022, Tradisi Terjaga

3. Pesan Sanggoe kepada CdM Indonesia

Usai Asian Games 2022, Sanggoe Menatap Olimpiade 2024Atlet skateboard Indonesia, Sanggoe Darma Tanjung (dok. NOC Indonesia/Tetuko Mediantoro)

Chef de Mission (CdM) Indonesia Basuki Hadimuljono turut menyaksikan perjuangan Sanggoe. Saat bertemu langsung dengan CdM Basuki, Sanggoe menitipkan pesan supaya di Ibu Kota Nusantara (IKN) dibangun skate park yang bagus dan memadai.

“Saya ingin nanti di IKN ada skate park saja sih, Pak,” pinta Sanggoe kepada Basuki.

Menanggapi hal itu, Basuki yang tak henti memberikan semangat kepada Sanggoe dan Basral menyanggupinya.

“Saya tadi juga sudah dipesan kalau di Taman Mini ada skate park yang katanya terbengkalai, nanti kita perbaiki,” sebut Basuki.

Saat ini, berkat raihan Sanggoe, torehan medali Indonesia di Asian Games 2022 bertambah. Plus raihan perunggu Seraf Naro Siregar, total skuad Merah Putih sudah meraih tiga emas, dua perak, dan enam perunggu.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya