Apa Kabar MotoGP Kazakhstan, Bisa Digelar?

Musim lalu, MotoGP Kazakhstan dibatalkan

Jakarta, IDN Times - Seri MotoGP musim 2024 terancam kembali berkurang. Setelah Argentina, nasib Kazakhstan sebagai tuan rumah di musim 2024 tak jelas karena berbagai alasan.

Kazakhstan rencananya bakal menjadi seri delapan MotoGP musim ini pada 16 Juni 2024. Namun, masih ada masalah terkait kontrak dan homologasi sirkuit.

Sebenarnya, masalah ini juga menjadi pengganjal Kazakhstan di musim lalu dan membuat penyelenggaraannya dibatalkan. Kini, situasinya malah belum jelas.

1. Belum ada rencana cadangan dari Dorna

Apa Kabar MotoGP Kazakhstan, Bisa Digelar?Marc Marquez saat tes pramusim MotoGP 2024 di Sirkuit Sepang, Malaysia (instagram.com/motogp)

Jika Kazakhstan dicoret, maka MotoGP musim 2024 hanya akan ada 20 seri. Belum ada rencana apakah Kazakhstan diganti atau tidak, tapi CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, masih berharap rencana awal bisa berjalan.

"Saya berharap begitu. Tapi, sampai sekarang tak ada yang bisa dikatakan," ujar Ezpeleta dilansir Marca.

Baca Juga: Prediksi Jorge Lorenzo soal Kandidat Juara MotoGP 2024

2. Tak ada masalah dengan Kazakhstan

Apa Kabar MotoGP Kazakhstan, Bisa Digelar?Pembalap Pertamina Enduro VR46 Racing Team, Fabio Di Giannantonio (Dokumentasi Pertamina Enduro VR46)

Ezpeleta menuturkan sebenarnya tak ada masalah dengan Kazakhstan. Tapi, dia tidak bisa menjamin pula apakah rencana di musim ini dengan 21 seri bisa berjalan dengan baik.

"Argentina bermasalah karena kondisinya. Seri yang tersisa tetap berjalan seperti rencana," kata Ezpeleta.

Baca Juga: Sirkuit Sepang Selalu Dipakai Tes Pramusim MotoGP, Kenapa?

3. Tak masalah dengan 21 seri

Apa Kabar MotoGP Kazakhstan, Bisa Digelar?Francesco Bagnaia dan Jorge Martin saat menjalani main race GP Malaysia 2023. (motogp.com)

Dengan sisa seri yang masih berada di angka 21, tak masalah bagi MotoGP. Ezpeleta menyatakan format 22 seri sebenarnya merupakan antisipasi jika ada masalah di lain waktu.

"Kami memang percaya, fase panjang dari musim ini harus ditutupi dengan balapan. Makanya, Anda bisa gelar 21 seri, dan kami baik-baik saja," ujar Ezpeleta.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya