Aquabike Jetski World Championship: Indonesia Tuan Rumah Terbaik

Banyak alasan mengapa Danau Toba jadi seksi

Jakarta, IDN Times - Indonesia dinobatkan sebagai tuan rumah terbaik dalam seri Aquabike Jetski World Championship 2023. Status tersebut diberikan langsung oleh H2O Racing Management atas berbagai faktor.

Bertempat di Danau Toba dan digelar sejak 22 hingga 26 November 2023, Aquabike Jetski World Championship memberikan konsep berbeda ketimbang negara lain dalam penyelenggaraannya. Tak heran, Founder H2O Racing Management, Nicolo Di San Germano, menyatakan Danau Toba jadi venue terbaik.

"Ada banyak alasan kenapa Danau Toba menjadi venue di ajang ini, di antaranya karena kemegahan, kecantikan, serta keindahan,  yang layak dikenal lebih banyak masyarakat dunia," kata Nicolo.

Baca Juga: Aquabike Toba 2023, Pelaku Usaha Diingatkan Terapkan Harga Wajar

1. Katalis pembinaan jetski Indonesia

Aquabike Jetski World Championship: Indonesia Tuan Rumah TerbaikBalapan Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba (Dokumentasi Injourney)

Dari segi sporting, Aquabike Jetski World Championship juga sudah memberikan hiburan menarik. Persaingan ketat selama lima hari mampu membius 200 ribu penonton yang hadir.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, menuturkan Aquabike Jetski World Championship bisa menjadi peluang bagi Indonesia untuk mengembangkan atlet jetski nasional. Apalagi, dalam penyelenggaraan di Danau Toba, ada 10 rider Indonesia yang tampil lewat jalur wild card.

"Dampak dari ajang ini adalah meningkatkan industri olahraga air, khususnya jetski, serta pembinaan untuk para atlet ke depan," kata Dito.

2. Pariwisata lokal merasakan dampaknya

Aquabike Jetski World Championship: Indonesia Tuan Rumah TerbaikBalapan Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba (Dokumentasi InJourney)

Selain punya dampak dalam olahraga, Aquabike Jetski World Championship juga mampu meningkatkan popularitas produk lokal di empat kabupaten yang mengelilingi Danau Toba, Kabupaten Toba, Dairi, Karo, dan Samosir. Setidaknya, situs wisata di Danau Toba semakin dikenal karena banyak pula wisatawan mancanegara yang berkunjung.

“Seluruh daerah yang terlibat dapat merasakan manfaatnya tak hanya dari pariwisata, tetapi juga ekonomi kreatifnya,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

3. Rekap hasil Aquabike Jetski World Championship 2023

Aquabike Jetski World Championship: Indonesia Tuan Rumah TerbaikPara pemenang Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba (Dokumentasi InJourney)

Berikut ini adalah rekap dari Aquabike Jetski World Championship 2023

Circuit World Championship 2023
1. Kategori Freestyle: Roberto Mariani (Italia)
2. Kategori Ski Division: Mickael Poret (Prancis)
3. Kategori Ski Ladies: Jessica Chavanne (Prancis)
4. Kategori Runabout: Francois Medori (Prancis)

Grand Prix of Lake Toba 2023
1. Kategori Freestyle: Roberto Mariani (Italia)
2. Kategori Ski Division: Morgan Poret (Prancis) 3. Kategori Ski Ladies: Jessica Chavanne (Prancis)
4. Kategori Runabout: Jeremy Perez (Prancis)

Baca Juga: Trek Aquabike Jetski World Championship Bebas Eceng Gondok

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya