Trek Aquabike Jetski World Championship Bebas Eceng Gondok

Trek untuk Aquabike Jetski sudah dibersihkan

Jakarta, IDN Times – Pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatra Utara, memastikan lintasan lomba Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba aman dari tanaman eceng gondok. Diprediksi, acara akan terlaksana dengan baik.

"Sejauh ini, kondisinya bersih dan aman, tidak akan mengganggu jalannya lomba," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis LH) Kabupaten Samosir Edison Pasaribu, Selasa (21/11/2023).

1. Eceng gondok sempat dikhawatirkan jadi gangguan

Trek Aquabike Jetski World Championship Bebas Eceng Gondokilustrasi eceng gondok (pixabay.com/eera5607)

Eceng gondok di sekitar area lomba Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba sempat dikhawatirkan jadi gangguan. Tanaman ini oleh masyarakat sekitar digunakan untuk Keramba Jaring Apung (KJA).

Namun, Edison mengungkapkan masyarakat bisa menerima setelah keramba tersebut direlokasi ke daerah yang ditentukan. Memang, eceng gondok seperti susah dibersihkan dari Danau Toba. Sebab, saat dibersihkan, bagian dari tanaman justru ada yang lepas hingga terbawa angin ke tengah danau.

"Memang, lokasi di situ agak persimpangan karena waktu dibangun (venue Aquabike Jetski) sempat ditutup. Sehingga, daerah yang ditutup itu menumpuk eceng gondoknya. Begitu dibuka, bonggolnya jadi lepas semua," ujar Edison.

Baca Juga: Aquabike Jetski World Championship Diramaikan 3 Band Raksasa

2. Pemkab Samosir rutin melakukan pemantauan

Trek Aquabike Jetski World Championship Bebas Eceng GondokPanorama Pulau Samosir dilihat dari Toba dari The Kaldera Toba Nomadic Escape, Toba Samosir (IDN Times/Prayugo Utomo)

Demi memastikan tanaman ini tidak kembali, Pemkab Samosir rutin melakukan pemantauan terutama di sekitar lintasan Aquabike Jetski World Championship. Hal itu untuk memastikan kebersihan lingkungannya.

"Masyarakat juga membantu mengolah eceng gondok. Mereka menggunakan eceng gondok sebagai kompos. Mereka mengambil eceng gondok untuk diolah menjadi kompos selama ini, sehingga populasinya terkendali," ujar Edison.

Hanya saja, Edison merasa upaya pembersihan eceng gondok di Kawasan Danau Toba selama ini masih belum maksimal karena dilakukan secara manual. Dia berharap ada bantuan kapal pembersih agar Danau Toba ini semakin bersih.

"Kalau bisa ada kapal khusus pengambil eceng gondok. Sebab, sampai sekarang pengambilan eceng gondok dilakukan secara manual. Kalau itu ada, saya yakin tidak akan terjadi penumpukan atau pertumbuhan tak terkendali," kata Edison.

3. Aquabike Jetski World Championship siap digelar

Trek Aquabike Jetski World Championship Bebas Eceng GondokSerangkaian atraksi, pertunjukan budaya, festival kuliner akan dihadirkan bersamaan dengan perlombaan Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba. Aquabike World Championship 2023 akan diselenggarakan di empat kabupaten yakni Samosir, Karo, Dairi, dan Toba. (Dok. InJourney)

Aquabike Jetski World Championship 2023 digelar di empat kabupaten di Sumatera Utara, yaitu Toba, Karo, Dairi, dan Samosir. Acara itu merupakan kejuaraan olahraga air internasional kedua yang digelar di Danau Toba pada tahun ini.

Balapan ini dihelat pada 22 sampai 26 November 2023. Aquabike Jetski World Championship 2023 ini diikutin oleh 128 pembalap dari 22 negara yang berpartisipasi. Sebanyak 10 rider dari Indonesia nantinya juga akan tampil lewat jalur wild card.

Baca Juga: Aquabike Jetski World Championship Tarik Animo Warga Danau Toba

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya