Berkunjung ke Kampung Valentino Rossi di Italia

Semua rumah di Tavullia kibarkan bendera Rossi

Tavullia, IDN Times - Tavullia bukan kota sebesar Milan, Roma, Napoli, atau Turin. Namun, popularitas Tavullia tak kalah karena punya tempat yang spesial bagi penggemar MotoGP, khususnya fans Valentino Rossi.

Sebab, inilah kampung halaman Rossi dan tempat ayahnya, Graziano, meniti karier balap. Graziano menjadi pahlawan dan merayakan gelr juara Grand Prix 250 cc pada 1979 di Tavullia. Rossi juga dipromosikan sebagai salah satu bakat lokal Tavullia dan berhasil mengangkat gengsi kota yang ada di perbukitan ini.

Bak dewa, Rossi begitu diagungkan di Tavullia. Ketika IDN Times menyambangi kota ini beberapa waktu lalu, atmosfer balapnya begitu terasa.

Baca Juga: 12 Potret VR46 Ranch, Kuil Balap Italia Milik Valentino Rossi

1. Disambut markas Pertamina Enduro VR46

Berkunjung ke Kampung Valentino Rossi di ItaliaMarkas Pertamina Enduro VR46 Racing Team di Tavullia (IDN Times / Satria Permana)

Masuk dari Cattolica, penulis langsung disambut dengan markas tim milik Rossi, Pertamina Enduro VR46 Racing Team, yang begitu ikonik. Markas ini bak gerbang masuk ke Tavullia karena benar-benar ada di perbatasan antara Cattolica dengan Tavullia.

Setelah melewati markas Pertamina Enduro VR46, kamu akan langsung disajikan dengan tulisan "Tavullia" dan rambu "46" dengan lingkaran merah yang menyelimutinya. Artinya, kamu sudah sampai di Tavullia dan kecepatan maksimal kendaraan hanya 46 kilometer per jam.

Rumah-rumah di Tavullia juga mengibarkan bendera 46 milik Rossi. Ya, bukan cuma satu, tapi semua rumah di Tavullia mengibarkan bendera Rossi.

2. Belanja di toko merchandise Rossi, jangan lupa loh!

Berkunjung ke Kampung Valentino Rossi di ItaliaSuasana di Tavullia, kampung Valentino Rossi yang merupakan markas VR46 Racing Team dan Akademi. (IDN Times/Satria Permana)

Tentunya, ini menjadi tanda, Rossi memang sudah jadi pahlawan buat Tavullia. Kemudian, kamu akan menemukan toko merchandise resmi VR46 yang ada di pinggir jalan.

Di dekatnya, ada spanduk bertuliskan "Welcome to Tavullia" dengan foto Rossi tengah bermanuver menggunakan motor Yamaha miliknya.

Bersebelahan dengan spanduk itu, terdapat sebuah gereja yang loncengnya dibiarkan berbunyi ketika Rossi menjalani balapan hingga meraih podium. Bahkan, ketika main di luar negeri dan waktu Italia masuk tengah malam, lonceng tersebut tetap dibiarkan berbunyi.

Area tersebut bak sentral berkumpulnya fans Rossi di Italia dan dunia. Sebab, di belakang gereja ada markas fanbase Rossi hingga kafe yang menyediakan makanan khas Italia. Sayangnya, karena keterbatasan waktu, IDN Times tak menikmati makanan di kafe tersebut.

Penulis hanya berkesempatan belanja di toko merchandise resmi VR46. Lumayan, saat itu ada diskon yang diberikan karena memang sedang winter sale. Penulis membeli satu t-shirt resmi VR46 dan topi Fila dengan harga yang sudah didiskon sebesar 40 euro atau setara Rp670 ribu.

3. VR46 Ranch ternyata ada di lembah

Berkunjung ke Kampung Valentino Rossi di ItaliaSuasana di Tavullia, kampung Valentino Rossi yang merupakan markas VR46 Racing Team dan Akademi. (IDN Times/Satria Permana)

Setelah asyik belanja, penulis naik lagi ke bukit. Tak jauh dari toko merchandise, terdapat ornamen dari keramik dengan bentuk Rossi yang sedang bermanuver.

Ornamen itu ada di tengah-tengah Tavullia dan berlatar belakang pemandangan perbukitan yang indah. Hanya beberapa menit dari situ, penulis langsung diajak masuk ke VR46 Ranch, akademi milik Rossi.

Betapa terkejutnya penulis ketika masuk. Karena, ternyata ranch Rossi terletak di lembah, sangat luas, dan terhampar sirkuit yang begitu indah. Nah buat ulasan VR46 Ranch, akan penulis ulas nih di artikel bagian kedua ya.

Baca Juga: Marco Bezzecchi: Merendah Demi Meroket di Pertamina Enduro VR46

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya