BMW Intip Peluang Tampil di MotoGP

MotoGP masih dihuni lima pabrikan

Jakarta, IDN Times - MotoGP berpotensi menerima pabrikan baru di MotoGP 2027 mendatang. Dengan aturan yang berubah pada musim itu, Dorna berharap ada pabrikan baru masuk demi menggantikan slot Suzuki.

Hingga sekarang, MotoGP masih diramaikan oleh lima pabrikan, Ducati, Honda, Yamaha, KTM, serta Aprilia. Dorna masih menargetkan ada enam pabrikan yang bersaing dalam balapan dan kemungkinan slot Suzuki diisi oleh BMW.

1. Kolaborasi MotoGP dan BMW begitu mesra

BMW Intip Peluang Tampil di MotoGPTaxi ride menggunakan mobil BMW pada kegiatan Pertamax Turbo Ultimate Experience di Sirkuit Mandalika, Sabtu (18/11/2023). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Head of BMW Motorrad, Markus Flasch, menyatakan pihaknya membuka peluang buat terlibat dalam MotoGP. Apalagi, BMW sebenarnya tak asing dengan MotoGP karena statusnya sebagai partner resmi.

"BMW M sudah menjadi partner MotoGP selama bertahun-tahun. Sebagai bos BMW M, saya sudah datang ke berbagai balapan. Saya tahu orang-orang yang memimpin dan kami brand yang hadir di sana. Tapi, jelas bagi kami, itu mengapa kami tak menutup kemungkinan tersebut," ujar Flasch dilansir Motorrad.

Baca Juga: Potensi Marc Marquez Naik ke Ducati di MotoGP 2025

2. BMW gak asing dengan balap motor

BMW Intip Peluang Tampil di MotoGPBMW S1000RR (autocarindia.com)

Sebenarnya, BMW sudah terjun di balap motor sebagai kontestan. Mereka ikut bersaing di World Superbike dengan Toprak Razgatlioglu sebagai rider andalannya dan mengendarai S1000RR.

Fakta ini juga membuat BMW mendapat dukungan dari sejumlah pabrikan yang sudah mentas di MotoGP seperti Aprilia. Bos Aprilia, Massimo Rivola, menantikan kehadiran BMW di MotoGP. Sebab, dalam Superbike, Toprak tampil impresif dalam sesi tes di Sepang dengan S1000RR.

"Saya melihat BMW begitu cepat di tes Superbike dengan Toprak. Jadi, itu akan sangat menarik," kata Flasch.

3. Ada perubahan regulasi mesin

BMW Intip Peluang Tampil di MotoGPMiguel Oliveira saat menjalani main race GP Qatar 2024. (instagram.com/88migueloliveira)

Perubahan yang dilakukan Dorna dalam aturan untuk musim 2027 memang cukup drastis. Intinya, mereka mulai beralih dalam penggunaan mesin yang lebih kecil.

Dengan aturan ini, memang diharapkan banyak pabrikan yang mau terlibat di MotoGP. Sebab, dengan banyaknya pabrikan masuk, maka kompetisi akan semkain ketat.

Baca Juga: 7 Sirkuit MotoGP Terbaik di Asia, Ada Mandalika lho!

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya