Kisah Bintang UFC Nyaris Pensiun Akibat COVID-19

Dia sampai batuk darah ketika memaksa berlatih

Jakarta, IDN Times - Petarung Ultimate Fighting Championship yang sedang naik daun, Khamzat Chimaev, ternyata nyaris pensiun dini akibat COVID-19. Chimaev ternyata mengalami gejala berkepanjangan yang begitu parah karena terinfeksi virus tersebut.

Ketika divonis positif COVID-19 pada 2021 lalu, Chimaev sempat nekat berlatih, kurang dari sebulan setelah divonis positif.

Sebenarnya, para pelatih Chimaev sudah melarangnya untuk menempa diri. Tapi, tetap saja tak bisa dicegah. Hingga akhirnya, dia mengalami sejumlah masalah kesehatan yang cukup parah.

"Pengaruhnya begitu besar. Dia mengalami gejala, termasuk susah bernapas. Kami khawatir dan dokter bilang dia tak bisa berlatih lagi," ujar pelatih Chimaev, Alan Nascimento, dikutip Trocacao Franca.

1. Memaksa latihan, berujung fatal

Kisah Bintang UFC Nyaris Pensiun Akibat COVID-19Khamzat Chimaev (instagram.com/khamzat_chimaev

Dari hasil diagnosa dokter, Chimaev menderita pneumonia hingga asma. Maka, tak heran jika dia mengalami sesak napas ketika terinfeksi COVID-19.

Kala itu, dokter meminta Chimaev beristirahat penuh. Namun, anjuran tersebut tak diindahkan.

"Gejala itu tiba-tiba hilang. Dia mengira siap buat berlatih. UFC sempat bilang pula kalau dia harus istirahat karena dokter terus memberikannya obat. Tapi, dia datang ke Xtreme Couture untuk uji coba. Dari situ, dia batuk dan mengeluarkan darah," kata Alan.

Baca Juga: UFC Gelar Partai Perebutan Gelar Pertama di Singapura

2. Gejala terburuk buat atlet

Kisah Bintang UFC Nyaris Pensiun Akibat COVID-19Khamzat Chimaev (instagram.com/khamzat_chimaev)

Apa yang dialami Chimaev, menurut Alan, merupakan gejala terburuk yang dialami oleh atlet setelah terinfeksi COVID-19. Meski kondisi tubuh mereka lebih bugar ketimbang orang biasa, ancaman kematian tetap mengintai.

"Itu disebabkan karena mereka tak menghormati anjuran beristirahat. Pada akhirnya, dia sadar kalau sudah membahayakan hidupnya," terang Alan.

3. Berniat pensiun, pada akhirnya bangkit

Kisah Bintang UFC Nyaris Pensiun Akibat COVID-19Khamzat Chimaev (instagram.com/khamzat_chimaev)

Usai batuk darah, Chimaev kemudian merenung dalam waktu lama. Dia merasa sudah mengecewakan orang-orang di sekitarnya. Hingga akhirnya, dia mengungkapkan pernyataan mengejutkan.

"Saat itu, dia mengunggah sebuah kalimat di media sosialnya. Dia menyatakan ingin pensiun. Saya paham, kenapa dia seperti itu, belum bisa mengatasi situasi sulit ini," kata Alan.

Chimaev pun pulang ke Chechnya untuk dekat dengan keluarga dan rekannya. Ternyata, pulang ke kampung halaman membuatnya mampu pulih 100 persen.

Bahkan, kondisi mentalnya membaik dan bisa kembali bertarung di atas arena. Optimisme tinggi pun tersemat lagi dalam dirinya.

Baca Juga: Petarung UFC Terancam Penjara Usai Pukuli Lawan di Jalanan

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya