Marco Bezzecchi: Merendah Demi Meroket di Pertamina Enduro VR46

Bezzecchi salah satu kandidat juara MotoGP 2024

Jakarta, IDN Times - Pembalap Pertamina Enduro VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi, tak terlalu sesumbar saat berbicara peluangnya dalam persaingan gelar juara MotoGP 2024. Meski mampu finis di tiga besar musim lalu, Bezzecchi tak mau terlalu percaya diri untuk menyebutnya sebagai "calon juara".

Ketika ditemui IDN Times di Riccione, Bezzecchi justru terlihat kalem. Ada optimisme, aura positif, hingga gairah besar, untuk bisa menyaingi Francesco Bagnaia atau Jorge Martin, demi memburu gelar juara di musim depan.

Tapi, semua itu sukses dikontrol oleh Bezzecchi lewat pernyataan-pernyataannya yang terkesan merendah. Ekspresi dan intonasi yang mengarah ke sesumbar sama sekali tak ditunjukkan Bezzecchi.

Sikap tersebut ditunjukkan oleh pembalap 25 tahun itu lantaran sadar, atmosfer musim 2024 akan lebih gila. Bezzecchi memprediksi persaingan lebih ketat dari sebelumnya.

Prediksi masuk akal, mengingat ada sejumlah perpindahan mengejutkan, terutama ketika Marc Marquez memutuskan cabut dari Repsol Honda dan gabung Gresini Racing.

Masih banyak hal yang diungkapkan Bezzecchi terkait MotoGP musim 2024. Berikut IDN Times sajikan petikan wawancara dengannya saat dijumpai di sela-sela peluncuran livery Pertamina Enduro VR46 Racing Team beberapa waktu lalu.

Hai Bezz, apa kabar? Bagaimana perasaanmu jelang musim 2024?

Marco Bezzecchi: Merendah Demi Meroket di Pertamina Enduro VR46Potret Motor Pertamina Enduro VR46 Racing Team untuk MotoGP 2024 (Dok. IDN Times)

Ya, saya tak sabar untuk mengendarai motor. Benar-benar menantikannya, sangat senang.

Setelah perjalanan luar biasa di musim 2023, kamu diperhitungkan sebagai salah satu kandidat juara pada 2024. Apakah itu jadi tekanan?

Bukan tekanan, sejauh ini saya merasa baik-baik saja, nyaman. Musim lalu fantastis, saya mendapatkan sejumlah balapan bagus selama semusim.

Bagi saya, menjadi hal positif memulai musim dengan posisi macam ini, mencoba untuk membalap, untuk podium. Ini akan ketat, karena Anda tahu, level MotoGP sangat tinggi.

Pada akhirnya, ini mimpi saya untuk mencapai level ini. Jadi, saya akan mencoba yang terbaik.

Baca Juga: Marco Bezzecchi Mau Bangkitkan Keganasan Desmosedici GP23

Terus, bagaimana pendapatmu dengan motor Desmosedici versi GP23? Sudah makin nyaman dengannya?

Marco Bezzecchi: Merendah Demi Meroket di Pertamina Enduro VR46Livery terbaru Pertamina Enduro VR46 Racing Team (IDN Times / Satria Permana)

Saya sudah coba motornya seharian di Valencia. Ada banyak perbedaan dalam gaya berkendara yang harus diubah. Masih harus bekerja lebih keras di motor.

Tapi, untuk sekarang, saya rasa motor sangat kuat untuk bersaing di perburuan gelar juara. Jadi, akan sangat menyenangkan mengendarainya.

Oh, nadanya optimistis, jadi yakin bisa bersaing buat jadi juara, kalahkan Bagnaia atau Martin?

Marco Bezzecchi: Merendah Demi Meroket di Pertamina Enduro VR46Livery Pertamina Enduro VR46 Racing Team akhirnya dirilis, Rabu (24/1/2024) (IDN Times / Satria Permana)

Saya mau menunggu, mengatur target, karena belum menunggangi motornya tahun ini. Jadi, setelah tes di Malaysia saya akan memahami lebih baik bagaimana perasaan berkendara di motornya. Baru setelahnya, saya pasang target di momen ini.

Baca Juga: Pengakuan Bezzecchi Nyaris Cabut dari Pertamina Enduro VR46

Kamu yakin persaingan akan ketat di musim depan? Bisa digambarkan prediksimu?

Marco Bezzecchi: Merendah Demi Meroket di Pertamina Enduro VR46Kappa mengumumkan menjadi sponsor Pertamina Enduro VR46 Racing Team (dok. Pertamina Enduro VR46 Racing Team)

Ini akan fantastis. Saya rasa fans berlanjut memenuhi setiap balapan. Dengan jadwal terbaru, hadirnya sprint, membuat permainan penuh dengan pertunjukkan.

Jadi, saya berharap atmosfernya terus berkembang. Kita sudah melihatnya tahun lalu. Tapi, ya ini sangat bagus, indah.

Sekarang, situasi tim berbeda setelah Luca Marini cabut dan Fabio Di Giannantonio datang. Tentu, atmosfer garasi berubah. Bagaimana proses adaptasi dengan Diggia?

Marco Bezzecchi: Merendah Demi Meroket di Pertamina Enduro VR46Pembalap Pertamina Enduro VR46 Racing Team, Fabio Di Giannantonio dan Marco Bezzecchi (Dokumentasi VR46 Racing Team)

Tentu ada perbedaan (dengan Diggia). Tapi, Anda tahu, Fabio dan saya sudah kenal lama. Dan dia datang ke tim ini dan membawa energi bagus.

Jadi, bagi saya ini sangat positif dan atmosfer di dalam garasi selalu fantastis seperti biasanya. Tapi, ini juga selalu menjadi keuntungan buat tim. Orang-orang yang bekerja buat kami juga fantastis. Jadi, segalanya berjalan baik.

Jumlah fans kamu di Indonesia meningkat, tepat setelah VR46 Racing Team bekerja sama dengan Pertamina Lubricants. Suntikan berharga?

Halo Indonesia, tempat fantastis, itu pertama. Saya suka orang-orangnya, treknya. Tapi juga, pulaunya fantastis. Mandalika sangat indah.

Saya rasa Pertamina melakukan pekerjaan dengan baik untuk treknya. Tapi juga mendukung kami, lewat kolaborasi yang fantastis ini karena brandnya besar fanbase masif.

Jadi, kami akan mencoba mengeluarkan kemampuan terbaik demi memberikan mereka pertunjukkan yang bagus, memastikan bergembira, dan mendukung kami dalam segalanya.

Baca Juga: Marco Bezzecchi Incar Titik Balik di Pramusim MotoGP 2024

Sepertinya kamu punya kenangan yang melekat dengan Indonesia ya? Benar demikian?

Marco Bezzecchi: Merendah Demi Meroket di Pertamina Enduro VR46Antusias penonton MotoGP di Sirkuit Mandalika (IDN Times/Linggauni)

Trek yang spesial buat saya. Tahun lalu, saya datang ke Mandalika usai melakoni operasi tulang selangka. Jadi, itu kunjungan yang sulit buat saya, karena baru melakoni operasi.

Lima hari setelahnya saya sudah mengendarai motor di Mandalika. Tapi, saya mendapat memori indah karena bisa meraih podium di sprint pada Sabtu, lalu bisa meraih peringkat lima dalam balapan alias enam hari setelah operasi.

Jadi, saya punya memori yang sangat baik, trek fantastis, sangat cepat, sangat indah. Saya menikmati berkendara di sana, cuacanya fantastis, karena sangat panas. Tapi juga, orang-orangnya, Anda tahu, mereka sangat mendukung kami.

Kamu murid Valentino Rossi, tentu banyak kenangan dengannya. Apa sih yang paling spesial?

Marco Bezzecchi: Merendah Demi Meroket di Pertamina Enduro VR46Pembalap Pertamina Enduro VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi, bersama Valentino Rossi (Dokumentasi VR46 Racing Team)

Vale adalah pria yang spesial. Tentu, dia yang terbaik sepanjang masa di MotoGP, setidaknya untuk saya. Dia banyak mendukung saya sejak masih muda.

Bagi saya, memori terbaik ketika dia mengundang pertama kali ke Ranch. Itu emosi terbesar buat saya. Tapi, saya punya banyak memori dengannya, kami menghabiskan waktu bersama.

Dia adalah pria, teman, yang baik. Namun, jika ditanya memori terindah, tentu adalah ketika pertama kali diundang ke Ranch.

Baca Juga: Nuansa Berbeda Apparel dan Motor Pertamina Enduro VR46

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya