Pertamina Lubricants Malu-malu Bongkar Nilai Sponsor VR46

Cuma amini taksiran yang beredar

Jakarta, IDN Times - Pertamina Lubricants belum mau membuka berapa uang yang dikeluarkan untuk menyokong VR46 Racing Team selama tiga tahun di MotoGP. Mereka hanya menyatakan, taksiran yang berseliweran di berbagai media nyaris tepat.

Memang, dalam sejumlah studi dan riset, Pertamina Lubricants diduga mengeluarkan uang sejumlah 12 juta euro atau setara Rp204,4 miliar demi menjadi sponsor di VR46. Angka itu ternyata diamini oleh Pertamina Lubricants. hanya saja, mereka enggan membuka detailnya.

"Ya, mari bilang, sekitar itulah. Kurang lebih, kalau dicari referensinya, kisaran segitu," kata VP Sales and Marketing Domestic Retail Automotive PT Pertamina Lubricants, Nugroho Setyo Utomo, dalam Editor's Luncheon di kawasan Wijaya, Jakarta Selatan, Kamis (29/2/2024).

1. Bisa jadi sponsornya lebih gede karena Rossi

Pertamina Lubricants Malu-malu Bongkar Nilai Sponsor VR46Rider Pertamina Enduro VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi, dalam sesi pramusim di Sirkuit Sepang (Dokumentasi Pertamina Enduro VR46)

Hanya saja, nilai sponsor yang dikeluarkan Pertamina Lubricants bisa saja lebih besar dari taksiran. Sebab, ada faktor lain yang bisa membuat hal tersebut terjadi.

Nama besar yang melekat di VR46 merupakan alasannya. Dengan brand Valentino Rossi, bukan tak mungkin nilai sponsor yang sebenarnya lebih besar.

Hanya saja, VR46 pada dasarnya juga butuh akses ke Indonesia terkait pengembangan fanbase. Pertamina Lubricants menjadi jalur yang tepat dan inilah salah satu sumber kekuatan negosiasinya.

Baca Juga: Pertamina Enduro VR46 Waspada, Bezzecchi Diincar Aprilia

2. Pertamina Lubricants sudah balik modal

Pertamina Lubricants Malu-malu Bongkar Nilai Sponsor VR46Potret Motor Pertamina Enduro VR46 Racing Team untuk MotoGP 2024 (Dok. IDN Times)

Nugie (sapaan akrabnya) menjelaskan sebenarnya Pertamina Lubricants sudah balik modal. Ada efek instan yang dirasakan oleh Pertamina Lubricants ketika mengumumkan kerja sama dengan VR46. Konsumen, disebut Nugie, merespons kerja sama antara Pertamina Lubricants dengan VR46 dengan begitu baik.

"Terima kasih kepada konsumen, responsnya luar biasa. Sejak kami sepakat bekerja sama sejak Oktober 2023, nilainya sudah kembali," ujar Nugie.

3. Nilai Pertamina Lubricants meningkat gara-gara VR46

Pertamina Lubricants Malu-malu Bongkar Nilai Sponsor VR46Dua rider Pertamina Enduro VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi (72) dan Fabio Di Giannantonio (49), dalam sesi pramusim di Sirkuit Sepang (Dokumentasi Pertamina Enduro VR46)

Bekerja sama dengan VR46, Pertamina Lubricants memang diklaim dapat meningkatkan nilai pasarnya di kancah internasional. Direktur Utama Pertamina Lubricants, Werry Prayogi, menyatakan peningkatannya bisa mencapai dua hingga tiga kali lipat.

"Secara marketing value, bisa lebih dari dua sampai tiga kali lipat dari nilainya (dengan menjadi bagian dari Pertamina Enduro VR46 Racing Team di MotoGP). Itu menurut konsultan kami," kata Werry.

Baca Juga: Ternyata, Bukan Cuma VR46 Racing Team yang Dekati Pertamina Lubricants

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya