Warisan Rossi Bikin Kikuk Pertamina Enduro VR46 dengan Ducati

Kolaborasi keduanya begitu harmonis

Jakarta, IDN Times - Jalinan kerja sama antara Pertamina Enduro VR46 Racing Team dengan Ducati terbilang unik. Manajemen Pertamina Enduro VR46 mengaku di awal sempat merasa kikuk saat bernegosiasi dengan Ducati.

Itu dikarenakan masa lalu antara Ducati dan Valentino Rossi yang kurang baik. Saat masih membela Ducati, Rossi memang tak mampu memberikan kemampuan terbaiknya.

Bayangkan, dia cuma berhasil finis tiga kali di podium saat membela Ducati. Tentu, ada kekecewaan yang menggelayut dalam diri Rossi dan Ducati.

Tapi, sekarang Pertamina Enduro VR46, tim yang dimiliki The Doctor, malah nyangkut dan cocok dengan Ducati. Dengan motor Ducati, performa mereka melonjak dan mampu finis di peringkat tiga dalam klasemen konstruktor musim lalu. Bahkan, Marco Bezzecchi bisa finis di posisi tiga dengan Desmosedici GP22.

Baca Juga: Pertamina Enduro VR46 Siap Menyelesaikan PR di MotoGP 2024

1. Merasa aneh saat pertama kali ketemu

Warisan Rossi Bikin Kikuk Pertamina Enduro VR46 dengan DucatiPembalap Pertamina Enduro VR46 Racing Team, Fabio Di Giannantonio (Dokumentasi Pertamina Enduro VR46 Racing Team)

Sahabat Rossi sekaligus Direktur Tim Pertamina Enduro VR46, Alessio "Uccio" Salucci, mengakui hubungan dengan Ducati begitu aneh. Ada perasaan tak enak yang membekas dalam diri Uccio, mengingat prestasi Rossi bersama Ducati begitu mengecewakan.

Uccio takut torehan buruk Rossi membuat Ducati kecewa. Makanya, dia berhati-hati ketika berdiskusi dengan Ducati ketika Pertamina Enduro VR46 mencari pabrikan yang bisa digandeng.

"Pertemuan pertama dengan Paolo Ciabatti dan Gigi Dall'Igna begitu aneh buat saya, terutama ketika membahas motor kami. Tapi, saya dengan cepat melihat ada gairah dalam mata mereka," ujar Uccio dilansir Crash.

2. Tatapan yang mengubah persepsi

Warisan Rossi Bikin Kikuk Pertamina Enduro VR46 dengan DucatiPembalap Pertamina Enduro VR46 Racing Team, Fabio Di Giannantonio (Dokumentasi VR46)

Uccio mengaku kaget dengan sikap terbuka Ducati. Sebab, prediksi pertama Uccio, Ducati bakal pesimistis dengan peluang Pertamina Enduro VR46 bisa bersaing menggunakan motor Ducati.

"Saya takut warisan yang kami tinggalkan di Ducati. Namun, ternyata mereka mau membantu kami dan membuatnya lebih berkembang. Jadi, saya benar-benar bahagia," kata Uccio.

3. Kontrak baru masih dibahas

Warisan Rossi Bikin Kikuk Pertamina Enduro VR46 dengan DucatiDua rider Pertamina Enduro VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi (72) dan Fabio Di Giannantonio (49), dalam sesi pramusim di Sirkuit Sepang (Dokumentasi Pertamina Enduro VR46)

Hubungan Pertamina Enduro VR46 dengan Ducati memang tak selamanya mulus. Uccio mengakui ada masa ketika manajemen tim dan Ducati berselisih paham.

Tapi, kecerdasan Gigi membuat segalanya jadi begitu mudah. Kolaborasi mereka dengan Ducati kian baik dan meninggalkan kesan mendalam.

Makanya, Pertamina Enduro VR46 berencana untuk mengaktifkan klausul kerja sama dengan Ducati hingga 2025 atau 2026. Namun, negosiasi terus berjalan.

"Masih kami bahas. Mereka bilang kami, mau lebih dekat secepatnya. Semua tergantung Gigi dan orang-orang Valentino Rossi. Ini hal yang bisa berlanjut hingga dua tahun," ujar Direktur Olahraga Ducati, Davide Tardozzi.

Baca Juga: Pertamina Lubricants Malu-malu Bongkar Nilai Sponsor VR46

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya