Comscore Tracker

10 Teknik Shooting Bola Basket yang Paling Efektif Digunakan

Ini dia teknik shooting bola basket yang bisa kamu gunakan

Walau tak sepopuler sepak bola, olahraga bola basket kini tetap jadi salah satu olahraga yang banyak diminati orang di Indonesia. Kompetisi basket di Indonesia makin berkembang, mulai dari tingkat pelajar, mahasiswa, hingga profesional seperti Indonesian Basketball League.

Setiap sekolah hingga universitas, pastinya memiliki tim basket. Jumlah peminatnya pun semakin besar. Untuk jago bermain basket, kamu harus menguasai beberapa teknik, termasuk teknik shooting bola basket.

Berikut IDN Times rangkum 10 teknik shooting bola basket yang bisa kamu latih dan kuasai agar makin jago bermain basket. Yuk, simak!

1. Free throw atau lemparan bebas

10 Teknik Shooting Bola Basket yang Paling Efektif DigunakanKyrie Irving melakukan free throw. (commons.wikimedia.org/Erik Drost)

Tembakan bebas atau lemparan bebas merupakan salah satu faktor penting dalam pertandingan bola basket. Free throw membuka kesempatan bagi sebuah tim untuk menciptakan poin. Tidak jarang, atlet bola basket harus memiliki kemampuan free throw yang baik agar bisa menyumbang poin bagi timnya.

Teknik ini juga membutuhkan keterampilan dan konsentrasi pemain. Ada beberapa cara dalam melakukan free throw, berikut ini penjelasannya:

  1. Pandangan ke arah target sasaran
  2. Rentangkan kedua kaki, bahu, dan punggung, lalu baru siku
  3. Posisikan pinggang lentur dan siapkan jari-jari tangan ke depan
  4. Lepaskan jari telunjuk dari bola dan tolak bola
  5. Saat sudah melempar, usahakan posisi tangan tetap seimbang

2. Two point shoot

10 Teknik Shooting Bola Basket yang Paling Efektif DigunakanDaniel Theis tampil di EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Teknik tembakan dalam bola basket yang satu ini juga harus dikuasai setiap pemain untuk menambah poin. Sebuah tim mendapatkan 2 poin jika berhasil memasukkan bola ke ring lawan dari dalam area lingkaran ring. 

Berikut cara melakukannya:

  1. Tubuh siap melompat dan menembak
  2. Lompatan bergantung pada ketinggian dan jarak tembakan
  3. Rentangkan kaki, bahu, dan punggung, lalu siku
  4. Lenturkan pinggang dan arahkan jari-jari tangan ke depan
  5. Lepaskan jari telunjuk dari bola, lalu lemparkan bola

3. Three point shoot

10 Teknik Shooting Bola Basket yang Paling Efektif DigunakanPemain Indonesia di Pertandingan Basket FIBA Asia Cup 2022 (IDN Times/Tata Firza)

Three point atau tembakan tiga angka terkadang menjadi penentu dalam pertandingan atau menjadi ajang unjuk kemampuan para pemain. Tembakan ini dilakukan saat pemain berdiri di luar lingkaran ring. 

Teknik shooting bola basket satu ini biasanya efektif digunakan saat ingin mengejar ketertinggalan dan membuat selisih angka yang agak jauh dari lawan. Sebab jika masuk, tim akan mendapatkan 3 poin.

Dalam melakukan teknik ini tentu saja membutuhkan skill dan latihan berkali-kali agar bisa berhasil. Ada beberapa cara untuk melakukan three point shoot, yaitu:

  1. Posisikan tubuh untuk melompat dan menembak
  2. Gunakan irama gerakan yang sama
  3. Beri tenaga pada kaki, punggung, lalu bahu secara berurutan
  4. Rentangkan siku
  5. Lenturkan pinggang dan arahkan jari-jari tangan ke depan
  6. Lepaskan jari telunjuk dari bola
  7. Jika sudah melempar, usahakan lajunya seimbang

Baca Juga: 10 Teknik Shooting Bola Basket yang Paling Efektif Digunakan

4. Jump shot

10 Teknik Shooting Bola Basket yang Paling Efektif DigunakanKobe Bryant melakukan jump shot. (commons.wikimedia.org/Tim Shelby)

Selanjutnya teknik shooting bola basket yang kerap dilakukan oleh pemain adalah jump shot. Teknik ini bekerja dengan cara menembakkan bola ke dalam ring sambil melakukan lompatan. 

Jump shot akan efektif jika posisi pemain sudah terdesak oleh kepungan lawan. Saat melompat, posisi mengangkat bola harus lebih tinggi. Kekuatan dan akurasi juga harus lebih besar saat posisi tubuh berada di atas.

Berikut cara melakukannya:

  1. Siapkan tubuh untuk melompat sebelum menembak bola
  2. Melompat harus lebih tinggi sesuai dengan jarak tembakan
  3. Rentangkan kaki, bahu, dan punggung
  4. Rentangkan juga siku
  5. Lepaskan jari telunjuk dari bola
  6. Saat sudah melempar, usahakan laju dan arahnya sesuai target

5. Bank shot

10 Teknik Shooting Bola Basket yang Paling Efektif Digunakanilustrasi bola basket masuk ring (pixabay.com/DarkoStojanovic)

Pada teknik ini, kamu bisa memasukkan bola ke dalam ring dengan cara memantulkan bola ke papan pantul terlebih dahulu. Teknik ini juga butuh konsentrasi dan akurasi yang tinggi dari pemain yang melempar bola.

Sebab jika bola gagal masuk setelah dipantulkan, maka akan menyebabkan rebound. Jika pemain tidak siap dengan rebound, maka bisa-bisa pemain lawan lebih dulu merebut bola dan mengambil kesempatan untuk melakukan serangan balik.

6. Hook shot atau tembakan mengait

10 Teknik Shooting Bola Basket yang Paling Efektif DigunakanSam Dower melakukan hook shot. (commons.wikimedia.org/SD Dirk.)

Teknik shooting bola basket selanjutnya yaitu dengan cara menembakkan bola dari samping menggunakan satu tangan. Teknik ini efektif ketika kamu tengah dijaga oleh pemain lawan yang berpostur tinggi.

Selain itu, banyak pemain menyukai teknik ini karena memiliki nilai estetik. Untuk melakukannya, kamu harus mendekati ring setidaknya 3-4 meter.

Jika sudah mengunci jarak, baru kamu bisa mengatur langkah untuk melompat dan melempar bola ke ring. Berikut ini cara lengkapnya:

  1. Langkahkan kaki ke depan, lalu diikuti gerakan pivot
  2. Angkat bola hingga setinggi telinga
  3. Seimbangkan tangan sampai bola dilemparkan
  4. Gunakan irama gerakan yang seimbang
  5. Fokus melihat target

7. Slam dunk

10 Teknik Shooting Bola Basket yang Paling Efektif DigunakanLeBron James melakukan slam dunk. (Getty images/Stacy Revere)

Teknik ini kerap terdengar dalam permainan olahraga bola basket. Teknik shooting ini dilakukan dengan cara memasukkan bola secara langsung ke dalam keranjang dan menghempaskan tangan ke ring.

Tembakan ini bersifat absolut dan tidak terhentikan. Oleh sebab itu, tidak mudah juga dalam melakukan tembakan ini karena harus memiliki postur tubuh cukup tinggi.

Kunci keberhasilan melakukan slam dunk adalah postur tubuh pemain itu sendiri. Semakin tinggi postur, maka akan semakin mudah dalam melakukan slam dunk.

Baca Juga: 4 Pola Penyerangan Bola Basket, Kunci Dominasi Pertandingan

8. One hand set shoot

10 Teknik Shooting Bola Basket yang Paling Efektif DigunakanMarques Bolden di FIBA Asia Cup 2022. (IDN Times/Tata Firza)

Teknik tembakan ini adalah dengan melakukan tembakan satu tangan. Teknik menembak ini termasuk sebagai teknik dasar karena bisa dilakukan pada hampir semua kondisi.

Namun, dalam melakukan teknik shooting bola basket ini juga tidak bisa sembarangan. Butuh akurasi tinggi dan konsentrasi pemain untuk melempar dan berhasil memasukkan bola ke ring dengan satu tangan.

Ada beberapa cara melakukannya, antara lain:

  1. Fokuskan pandangan ke target
  2. Rentangkan kaki, bahu, dan punggung
  3. Lenturkan pergelangan tangan dan posisikan jari tangan ke depan
  4. Lepaskan ibu jari dari bola
  5. Saat sudah melempar, jaga posisi tangan tetap seimbang

9. Lay up shot

10 Teknik Shooting Bola Basket yang Paling Efektif DigunakanPotret Yudha Saputera saat bela Timnas Basket Indonesia vs Yordania, Senin (4/7/2022). (dok. FIBA)

Teknik menembak ini termasuk salah satu yang populer, baik bagi pemain profesional maupun pemula. Teknik ini juga memiliki tingkat kesulitan medium, sehingga mudah dikuasai oleh pemula.

Teknik lay up, yaitu mendekatkan bola sedekat mungkin ke ring lawan. Berbeda dengan teknik sebelumnya yang mengandalkan kekuatan dan akurasi, pada teknik lay up lebih mengandalkan seberapa dekat pemain bisa melompat mendekati ring.

Berikut cara yang bisa kamu simak untuk melakukan lay up:

  1. Angkat lutut dan bersiap lakukan tembakan
  2. Bawa bola dan posisikan di antara bahu dan telinga
  3. Lepaskan bola dari jari telunjuk dengan gerakan yang halus
  4. Jaga tangan agar seimbang hingga bola terlepas

10. Lay up diperpanjang atau runner

10 Teknik Shooting Bola Basket yang Paling Efektif DigunakanPemain Timnas Basket Indoensia, Marques Bolden. (Instagram/marques)

Terdapat variasi dari teknik lay up, yaitu runner atau lay up yang diperpanjang. Perbedaannya terletak pada gerakan dan posisi pemain saat melakukannya.

Teknik runner sangat efektif jika kamu ingin menembak jarak jauh dari ring lawan. Caranya hampir sama seperti lay up, tetapi tidak disertai ancang-ancang untuk melompat jauh ke ring.

Berikut adalah caranya:

  1. Fokus pandangan ke arah sasaran
  2. Posisikan tubuh mendarat secara seimbang
  3. Tekuk lutut
  4. Posisikan tangan menghadap ke atas

Demikianlah penjelasan lengkap tentang 10 teknik shooting bola basket yang harus kamu kuasai agar jago bermain basket. Kamu bisa melatih kemampuan bermain basket bersama teman-temanmu.

Baca Juga: 5 Pola Pertahanan Bola Basket, Pahami Teknik dan Strateginya

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin
  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya