4 Fakta Menarik Chess Boxing, Perpaduan Olahraga Tinju dan Catur

Kombinasi olahraga fisik dan permainan otak

Intinya Sih...

  • Chess boxing adalah perpaduan olahraga fisik dan catur
  • Ide awalnya muncul dari film kung fu Hong Kong 1979
  • Pertandingan terdiri dari ronde catur dan ronde tinju

Pernahkah kamu membayangkan permainan catur dan olahraga tinju disatukan dalam satu pertandingan? Perpaduan tersebut telah menjadi satu cabang olahraga baru yang disebut chess boxing. Mungkin terdengar aneh, tetapi olahraga ini nyatanya sudah berlangsung lebih dari 20 tahun, lho!

Dimulai di Gedung Opera Berlin, Jerman, pada 2003, chess boxing dengan cepat berkembang menjadi olahraga yang diakui secara internasional. Olahraga ini juga memiliki kejuaraan dan peraturan yang terus berkembang. Yuk, simak lebih lanjut beberapa fakta menarik seputar chess boxing!

1. Ide yang berasal dari film kungfu

4 Fakta Menarik Chess Boxing, Perpaduan Olahraga Tinju dan Caturpotret chess boxing (commons.wikimedia.org)

Ide untuk menggabungkan kedua disiplin olahraga ini pertama kali muncul dalam film kung fu Hong Kong 1979 berjudul The Mystery of Chess Boxing. Film yang disutradarai oleh Joseph Kuo ini mengisahkan seorang anak muda yang ingin membalas dendam atas kematian ayahnya dengan belajar kung fu. Dalam prosesnya, ia juga belajar tentang xiangqi atau catur Cina yang kemudian menjadi inspirasi untuk konsep chess boxing.

Konsep chess boxing kemudian diadaptasi dan dikembangkan menjadi olahraga nyata oleh seniman komik Prancis Enki Bilal dalam komiknya Froid Équateur pada 1992. Dari sana, seniman Belanda Iepe Rubingh terinspirasi untuk menciptakan versi olahraga chess boxing yang dikenal saat ini. Rubingh mengorganisir pertandingan chess boxing pertama yang diadakan di Amsterdam, Belanda, pada 2003 yang kemudian membuka jalan bagi berkembangnya olahraga ini menjadi fenomena global.

Baca Juga: 10 Quotes Inspiratif dari Grandmaster Catur, Bikin Semangat!

2. Menang dengan KO atau sekakmat

4 Fakta Menarik Chess Boxing, Perpaduan Olahraga Tinju dan Caturpotret chess boxing (chess.com)

Chess boxing menawarkan dua cara berbeda untuk menang, yaitu dengan KO (Knock Out) atau dengan sekakmat di papan catur. Mereka juga bisa kalah karena kehabisan waktu karena terus-menerus mengulur waktu untuk bergerak saat bermain catur. Ronde pertama diawali dengan permainan catur dan dilanjutkan dengan ronde dua dengan pertandingan tinju.

Untuk pemain pemula, ronde catur biasanya berlangsung selama 4x3 menit dan ronde tinju 3x2 menit. Sedangkan, pertandingan chess boxing senior penuh terdiri atas ronde catur 6x4 menit yang diselingi dengan ronde tinju 5x3 menit. Pertandingan ini pastinya dipantau oleh wasit seperti pertandingan tinju pada umumnya.

3. Kombinasi antara kekuatan dan kecerdasan

4 Fakta Menarik Chess Boxing, Perpaduan Olahraga Tinju dan Caturpotret chess boxing (commons.wikimedia.org)

Keunikan dari chess boxing adalah perpaduan antara kekuatan dan kecerdasan yang harus seimbang. Sebagai peserta chess boxing, kamu tidak bisa mengandalkan salah satu disiplin. Jika kamu hebat dalam permainan catur dan sama sekali tidak bisa bertinju, mungkin kamu akan terkena knock out disaat ronde bertinju dan begitu juga sebaliknya.

Para peserta harus memiliki stamina dan kekuatan untuk bertahan dalam ronde tinju sambil mempertahankan fokus dan ketajaman mental untuk ronde catur. Olahraga ini membutuhkan latihan yang intensif, tidak hanya dalam hal fisik tetapi juga dalam strategi permainan catur sehingga menciptakan atlet yang seimbang dalam kedua aspek tersebut. Dalam satu pertandingan, peserta dapat merasakan adrenalin dari tinju dan tekanan mental dari catur. 

4. Memiliki kejuaraan dunia dan organisasi tersendiri

4 Fakta Menarik Chess Boxing, Perpaduan Olahraga Tinju dan Caturpotret chess boxing (commons.wikimedia.org)

Chess boxing telah berkembang menjadi olahraga dengan pengakuan internasional. Salah satu puncak dari kompetisi ini adalah kejuaraan dunia yang bergengsi. World Chess Boxing Organisation (WCBO) didirikan pada 2003 di Berlin, Jerman, dan bertanggung jawab atas penyelenggaraan kejuaraan dunia chess boxing hingga 2013.

Selain WCBO, ada juga World Chess Boxing Association (WCBA) yang didirikan pada 2013 dengan tujuan mengembangkan industri chess boxing. Sementara itu, Chess Boxing Global Marketing, yang juga dikenal sebagai Chess Boxing Global (CBG), adalah liga chess boxing profesional yang didirikan pada tahun yang sama. Kejuaraan ini diadakan di berbagai lokasi di seluruh dunia dan telah menjadi acara yang dinanti oleh para penggemar olahraga ini.

Kedua perpaduan ini menimbulkan pertandingan yang jauh lebih intens dan menarik untuk ditonton. Tidak hanya menghibur, chess boxing juga mendorong para pesertanya untuk mengembangkan kemampuan mereka di kedua bidang tersebut. Seiring berkembangnya olahraga ini, kamu bisa menantikan lebih banyak atlet, inovasi, dan kejuaraan yang bisa terus menghibur.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Gukesh Dommaraju, Calon Juara Dunia Catur Termuda

Theodore Siagian Photo Verified Writer Theodore Siagian

ig : tmarvell_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya