Sebelum ke Gresini, Marquez Sempat Berpikir Cuti dari MotoGP

Gresini buat Marquez berubah pikiran

Jakarta, IDN Times - Marc Marquez sempat punya rencana istirahat di MotoGP 2023. Namun, hal itu dia urungkan lantaran tim satelit Ducati, Gresini Racing serius menggaetnya.

Rehat menjadi salah satu pilihan dalam tiga rencana Marquez sebelumnya. Hal itu tak lepas dari performa motor Honda yang melempem. Alhasil, gairah balapannya menghilang.

"Ya, benar, jeda satu tahun adalah suatu yang kemungkinan saya ambil. Karena apa yang saya katakan, balapan tanpa kenikmatan itu tidak berarti. Saya memang telah melakukan banyak hal hebat pada masa lalu, tapi saya masih ingin berjuang," kata Marquez dalam jumpa pers jelang balapan MotoGP Indonesia 2023, Kamis (12/10/2023).

1. Baru putuskan ke Gresini setelah tiba di Indonesia

Sebelum ke Gresini, Marquez Sempat Berpikir Cuti dari MotoGPpembalap Repsol Honda, Marc Marquez (motogp.com)

Marquez sebelumnya ramai dirumorkan pindah ke Ducati. Terlebih, usai dia sepakat berpisah dengan Honda pada 4 Oktber 2023 lalu.

Nyatanya, saat itu Marquez belum memutuskan apa-apa soal masa depannya. Dia baru memutuskan ke Gresini tepat setelah tiba di Indonesia pada Selasa, 10 Oktober 2023 malam.

Pilihan tersebut diambil Marquez tanpa berdiskusi dengan siapa pun. Jawara enam kali MotoGP itu tak menampik ada pabrikan lain juga yang sebetulnya tertarik padanya.

"Selasa malam lalu saya memutuskan untuk ke Gresini. Ada pilihan lainnya, tapi saya tidak akan menjawabnya. Saya menghormati semua tim dan konstruktor," ujar Marquez.

Baca Juga: Oliveira Jadi Calon Pengganti Marquez, Ini Kata Bos Aprilia

2. Sempat ingin bertahan

Sebelum ke Gresini, Marquez Sempat Berpikir Cuti dari MotoGPMarc Marquez hadir di jumpa pers jelang balapan MotoGP Indonesia 2023, Kamis (12/10/2023). (IDN Times/Tino)

Pembalap kelahiran Cervera itu juga mengakui sempat membuka kans bertahan di Honda. Itu terpikir setelah The Baby Alien berhasil naik podium dalam seri MotoGP Jepang 2023.

Usai dari Jepang, Marquez mengaku sempat bimbang karena harus membuat keputusan sulit.

"Bahkan di Misano saya 90 persen (bertahan) dengan Honda. Lalu situasinya berubah. Ini (keputusan) sangat sulit," kata Marquez.

3. Marquez optimis juara bareng Gresini

Sebelum ke Gresini, Marquez Sempat Berpikir Cuti dari MotoGPMS Glow For Men ada di motor Gresini Racing. (Dok. Gresini Racing)

Kini, semua sudah diputuskan. Marquez ingin keluar dari zona nyaman karena masih berambisi kembali menjadi juara. 

Performanya terus merosot sejak memenangkan MotoGP pada 2019 silam. Walau berusaha bangkit usai mengalami cedera, sokongan performa Honda nyatanya tak mampu melawan kecepatan motor-motor Ducati. 

Hal itu membuatnya ingin mencari tantangan demi menyelamatkan karier gemilangnya. Nah, Gresini dianggap bisa membantunya berburu gelar juara dunia ketujuh kalinya.

"Menetap di Honda merupakan solusi yang mudah. Tapi, jika saya ingin menjaga karier saya (tetap bagus), saya perlu menemukan tantangan baru. Dan tantangan baru itu saya pikir adalah Gresini pada tahun depan," kata Marquez.

Baca Juga: Kepincut Motor Ducati, Alasan Marquez Pindah ke Lain Hati

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya