5 Bintang Veteran NBA yang Masih Berstatus Free Agent pada 2023/2024

Ada yang sempat berkarier di luar Amerika Serikat

NBA merupakan salah satu liga basket profesional terbaik di dunia. Selain bisa menyuguhkan kompetisi yang seru sampai akhir musim, mereka juga rutin mengorbitkan bintang dalam dunia basket. Ini membuat banyak pebasket dari berbagai negara berusaha keras untuk menembus liga tersebut.

Persaingan yang ketat ini mengharuskan pemain mengeluarkan kemampuan terbaiknya agar mendapat kontrak dari tim, sehingga bisa lama berkarier di NBA. Namun, tak semuanya beruntung, ada beberapa bintang veteran NBA yang masih berstatus free agent pada 2023/2024.

1. Dwight Howard sukses bersinar di T1 League, tetapi sulit kembali ke NBA

5 Bintang Veteran NBA yang Masih Berstatus Free Agent pada 2023/2024Dwight Howard (instagram.com/dwighthoward)

Dwight Howard merupakan center yang terkenal memiliki kemampuan bertahan luar biasa. Dirinya tercatat pernah meraih penghargaan NBA Defensive Player of the Year sebanyak tiga kali. Selain itu, pebasket 37 tahun ini juga sudah merasakan gelar juara bersama Los Angeles Lakers pada 2020.

Pada 2022/2023, Dwight Howard kesulitan mendapat kontrak di NBA sehingga memutuskan berkarier di Taiwan dengan membela Taoyuan Leopards. Center veteran ini mencatatkan rata-rata dengan 23,2 poin, 16,2 rebound, dan 5 assist di 20 pertandingan. Performa impresif ini mengantarkannya masuk All-T1 League First Team dan T1 League All-Defensive First Team 2023.

Meski sudah tidak muda lagi, Dwight Howard masih memberikan dampak yang luar biasa. Dirinya saat ini tengah berstatus free agent dan berpeluang untuk kembali mentas di NBA 2023/2024. Pengalamannya berpotensi menambah kedalaman pertahanan tim. Selain itu, dia juga bisa berperan sebagai mentor untuk para penggawa muda.

2. Goran Dragic sempat membela Chicago Bulls dan Milwaukee Bucks pada 2022/2023

https://www.youtube.com/embed/ruorDyA3wQI

Goran Dragic merupakan point guard veteran yang sudah malang melintang di NBA. Pada 2022/2023, pesbasket kebangsaan Slovenia ini sempat membela Chicago Bulls. Dirinya mencetak rata-rata 6,4 poin, 2,7 assist, dan 1,4 rebound dalam 51 pertandingan reguler. Performanya tersebut ternyata tidak bisa memenuhi ekspektasi tim sehingga dilepas pada pertengahan musim.

Pemain berjuluk The Dragon ini lantas direkrut Milwaukee Bucks pada pertengahan musim 2022/2023. Goran Dragic hadir untuk menambah kedalaman sistem penyerangan Bucks. Dirinya membuat rata-rata 5,6 poin, 1,7 assist, dan 1,7 rebound dalam 7 pertandingan reguler. 

Pada 2023/2024, Goran Dragic masih berstatus sebagai free agent. Meski sudah tidak muda lagi, pebasket asal Slovenia ini masih memiliki visi permainan yang baik serta cerdik dalam mencetak poin. Ini tentu menjadi nilai tambah bagi tim yang akan merekrutnya di NBA.

Baca Juga: NBA Sambut Musim 2023/24 dengan Kampanye Baru

3. Blake Griffin sempat menjadi pelapis di Boston Celtics, tetapi kini free agent

https://www.youtube.com/embed/XYxKWEaU5EA

Blake Griffin adalah pebasket yang bisa menjalankan peran sebagai power forward dan center dalam tim. Pebasket berjuluk High Griffination ini pernah menyabet berbagai penghargaan individu selama berkarier di NBA. Dirinya sudah tercatat membela beberapa tim. Pada 2022/2023, pemain 34 tahun ini memilih menandatangani kontrak selama 1 musim untuk bergabung dengan Boston Celitcs.

Pemain kelahiran Oklahoma ini mendapat menit bermain yang minim bersama Boston Celtics. Blake Griffin hanya beberapa kali menjadi starter dan lebih sering diplot sebagai pelapis. Dirinya telah mencetak rata-rata 4,1 poin, 3,8 rebound, dan 1,5 assist dalam 41 pertandingan reguler 2022/2023. Catatan tersebut juga ikut berperan membawa Celtics untuk lolos ke babak playoff NBA.

Blake Griffin saat ini tengah berstatus sebagai free agent di NBA 2023/2024. Dia masih menjadi sosok yang tangguh sehingga bisa menambah kedalaman tim yang akan merekrutnya. Kemampuan bertahan dan menyerangnya berpotensi jadi faktor pembeda.

4. DeMarcus Cousins tampil luar biasa bersama Guaynabo Mets

5 Bintang Veteran NBA yang Masih Berstatus Free Agent pada 2023/2024DeMarcus Cousins (instagram.com/metsbaloncesto dan bsnpr)

DeMarcus Cousin mampu menjelma jadi bintang di NBA. Center 33 tahun ini selalu diperhitungkan di liga basket profesional tersebut. Namun, cedera menjadi faktor utama yang menghambat perkembangan karier. Performanya mulai menurun sehingga lebih sering berperan sebagai pelapis untuk tim yang dibela.

Pebasket kelahiran Alabama ini sempat berstatus tanpa tim. Dia lantas memutuskan untuk meninggalkan Amerika Serikat pada pertengahan musim 2022/2023. Pemain berjuluk Boogie ini memilih berkarier di Puerto Rico bersama Guaynabo Mets. Ini sebagai salah satu cara agar dirinya kembali dilirik tim NBA.

DeMarcus Cousin ternyata bisa mendominasi Baloncesto Superior Nacional (BSN). Boogie sukses mencetak rata-rata yang solid dengan 20,4 poin, 10,9 rebound, dan 4,5 assist bersama Guaynabo Mets. Performa mengesankan ini memperlebar peluangnya untuk kembali ke NBA pada 2023/2024. Dirinya membuktikan bahwa permainannya belum habis.

5. John Wall tampil singkat bersama Los Angeles Clippers pada 2022/2023

https://www.youtube.com/embed/IUeC2YwQK7c

John Wall merupakan point guard yang diperhitungkan di NBA. Perjalanannya ternyata tidak muda. Dirinya sempat mengalami cedera parah sehingga kariernya terhambat. Kejadian tersebut membuat performanya tidak optimal belakangan ini. Pada 2022/2023, pebasket berjuluk Optimus Dime ini menandatangani kontrak selama 2 musim bersama Los Angeles Clippers. Ini jadi kesempatan untuk membuktikan kemampuan terbaiknya.

Los Angeles Clippers berhasil membuat big three setelah menggabungkan John Wall, Paul George, dan Kawhi Leonard. Namun, point guard 33 tahun ini gagal memenuhi ekspektasi tim asal California tersebut. Dirinya hanya membuat rata-rata 11,4 poin, 5,2 assist, dan 2,7 rebound dalam 34 pertandingan reguler. Clippers lantas menukarnya kembali ke Houston Rockets pada pertengahan musim 2022/2023.

John Wall ternyata langsung dilepas Houston Rockets dan belum mendapatkan pelabuhan baru sehingga berstatus sebagai free agent pada 2023/2024. Meski begitu, dirinya masih memiliki visi permainan dan kecepatan luar biasa. Performa tersebut berpotensi membantu timnya nanti untuk bersaing di NBA.

Kelima pemain bintang veteran NBA ini masih berstatus sebagai free agent pada 2023/2024. Mereka semua memiliki banyak pengalaman sehingga berpotensi menambah kekuatan tim di liga basket profesional tersebut. Menurutmu, siapakah pemain yang lebih dahulu mendapatkan klub baru?

Baca Juga: 3 Pemain Bintang Memphis Grizzlies di NBA 2023/2024, Ada Marcus Smart

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya