Aquabike Jetski Digelar di Indonesia, Bidik Rp1,7 Triliun

Kejuaraan dunia Aquabike Jetski digelar di Danau Toba

Jakarta, IDN Times - Danau Toba, Sumatra Utara kembali menjadi tuan rumah ajang balap air internasional. Kali ini, Aquabike Jetski World Championship akan digelar pada 22-26 November 2023.

Balapan tersebut digelar oleh PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney yang merupakan Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung.

Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo alias Tiko, mengatakan pemerintah fokus mempromosikan Danau Toba sebagai salah satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), salah satunya melalui penyelenggaraan ajang olahraga internasional.

"Kami tentunya, melalui InJourney, bersama-sama dengan BUMN lain siap mendukung perhelatan ini. Pertamina melalui penyediaan BBM, Telkom, dari sisi penyediaan jaringan, dan PLN dari penyediaan listrik, dan sponsorship, tentunya akan kami dorong. Sehingga, event ini menjadi kebanggan kami. Tentunya, dengan series yang telah kami kerjakan bersama, MotoGP, F1Powerboat, dan Aquabike ini tentunya,” kata Tiko dalam keterangan resmi yang dikutip Rabu, (1/11/2023).

1. Targetkan perputaran uang Rp1,7 triliun

Aquabike Jetski Digelar di Indonesia, Bidik Rp1,7 TriliunKonferensi pers Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba pada 22-26 November 2023. (dok. Injourney)

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono, mengatakan pada F1 PowerBoat (F1H2O) yang digelar pada 24-26 Februari 2023 lalu, perputaran uang di Indonesia secara nasional mencapai Rp1,7 triliun, dan empat Kabupaten di Sumut, yakni Toba, Karo, Dairi, dan Samosir mencapai Rp400 miliar.

InJourney menargetkan perputaran uang Aquabike Jetski World Championship Danau Toba bisa melebihi angka tersebut, terutama untuk perputaran uang di kabupaten-kabupaten sekitar, demi menggenjot perekonomian daerah.

"Yang lalu kan, kami secara nasional Rp1,7 triliun. Lokalnya, sekitar Rp400 miliar. Jadi, kami harus lebih dari itu, terutama di lokal. Kami ingin proporsi lokalnya yang besar," kata Maya.

Maya mengatakan, gelaran bertaraf internasional ini adalah momen bersejarah bagi daerah setempat.

"Dengan penyelenggaraan ajang ini, kami lanjutkan upaya untuk meningkatkan dampak ekonomi dan membangun Danau Toba sebagai destinasi Water Sport Tourism kelas dunia. Hal ini menjadi komitmen dari InJourney Group untuk terus mengembangkan destinasi pariwisata melalui penyelenggaraan event berkelas internasional, sehingga dapat memberikan multiplier effect pada perekonomian Indonesia," tutur Maya.

Baca Juga: Menpora Jadi Ketua Panitia Balap Air Aquabike dan Formula 1 Powerboat

2. Keuntungan UMKM lokal ditargetkan naik hingga 70 persen selama Aquabike Jetski World Championship

Aquabike Jetski Digelar di Indonesia, Bidik Rp1,7 TriliunKonferensi pers Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba pada 22-26 November 2023. (dok. Injourney)

Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba akan diikuti oleh sekitar 40 pembalap dari lebih dari 18 negara. Mereka terdiri dari sekitar 30 pembalap internasional dan 10 pembalap Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengatakan balapan ini ditargetkan bisa mengerek keuntungan UMKM lokal hingga 70 persen.

"Kehadiran event ini memberikan dukungan promosi yang tak terhingga kepada perekonomian Indonesia khususnya bagi masyarakat sekitar wilayah Danau Toba. Terlebih, event ini akan berlangsung di Indonesia setiap tahunnya hingga 2027 mendatang, di mana melalui event ini, ditargetkan dapat meraih keuntungan 60-70 persen lebih besar dibanding F1 Powerboat," ujar Sandiaga.

Baca Juga: F1H20 Danau Toba, Jupiter Aerobatic Bakal Menari di Langit Balige

3.Aquabike Jetski World Championship digelar di empat kabupaten

Aquabike Jetski Digelar di Indonesia, Bidik Rp1,7 TriliunKonferensi pers Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba pada 22-26 November 2023. (dok. Injourney)

Selama lima hari, perlombaan akan dibagi menjadi dua kategori yakni endurance world championship pada hari pertama hingga ketiga dengan lokasi di Karo, Dairi, dan Samosir. Seluruh event endurance akan diadakan di sirkuit tertutup sepanjang tiga kilometer dengan batas waktu maksimal satu jam. Sedangkan circuit world championship akan diselenggarakan pada hari keempat dan kelima di Balige, Toba.

Selain itu, terdapat beberapa rangkaian acara pada ajang Aquabike Jetski World Championship 2023. Salah satu yang menarik adalah pada saat pembukaan acara di Kabupaten Samosir yaitu diadakannya kompetisi Perahu Naga. Kompetisi ini terbagi atas kompetisi antar-kabupaten yang diikuti 8 kabupaten dan kompetisi selebriti. Selain itu, event kelas dunia di Danau Toba ini juga akan diikuti oleh serangkaian side event lainnya yang menarik.

Empat kabupaten dan juga pemerintah Provinsi Sumatera Utara ikut terlibat aktif dalam penyelenggaraan side event yang terdiri dari festival budaya dan festival UMKM.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya