Daniel Ricciardo Kembali Membalap di F1 2023 Seri GP Amerika Serikat

Liam Lawson bakal jadi pengangguran?

Pembalap Formula 1 asal Australia, Daniel Ricciardo, dipastikan kembali membalap di seri GP Amerika Serikat yang akan digelar di Austin, Texas pada Senin (23/10/2023) dini hari WIB. Ia sudah terlihat mulai mengendarai mobil F1 dalam uji coba di Nashville, Tennessee pada Senin (15/10/2023) lalu. Pembalap berusia 34 tahun ini menampilkan pertunjukan spektakuler di hadapan 30.000 penggemarnya dengan mengendarai mobil Red Bull RB7 2011.

Ricciardo sebelumnya mengalami patah tulang di tangan kirinya saat sesi latihan bebas di GP Belanda pada Agustus 2023 lalu. Kecelakaan tersebut memaksanya untuk menjalani operasi dan absen selama lima balapan terakhir pada 2023. Ia akhirnya digantikan Liam Lawson yang sukses tampil gemilang meskipun sebagai pembalap pengganti di AlphaTauri.

1. Kembalinya Daniel Ricciardo akan menjadi motivasi bagi AlphaTauri

Daniel Ricciardo Kembali Membalap di F1 2023 Seri GP Amerika SerikatDaniel Ricciardo saat mengendari mobil F1 AlphaTauri. (twitter.com/AlphaTauriF1)

Kembalinya Daniel Ricciardo merupakan dorongan bagi AlphaTauri. Tim asal Italia ini mengalami musim yang kurang baik sejauh ini, meski masuknya Liam Lawson sebagai pengganti cukup membantu tim dalam meraih poin. Namun, mereka berharap pengalaman dan keterampilan Ricciardo dapat membantu untuk bersaing dalam perebutan poin secara reguler pada sisa musim.

AlphaTauri juga akan membekali mobil mereka dengan upgrade besar-besaran pada akhir pekan ini. Salah satunya dengan floor baru yang akan diuji coba di Circuit of the Americas, sirkuit yang menggelar seri GP Amerika Serikat 2023. Tim optimistis pembaharuan ini akan membantu mereka untuk bersaing dengan tim-tim papan tengah.

Baca Juga: Yuki Tsunoda Senang dengan Kehadiran Daniel Ricciardo di AlphaTauri

2. Daniel Ricciardo kembali setelah mengalami cedera tangan kiri saat latihan bebas di GP Belanda

Daniel Ricciardo Kembali Membalap di F1 2023 Seri GP Amerika SerikatDaniel Ricciardo (twitter.com/AlphaTauriF1)

Daniel Ricciardo mengalami kecelakaan saat sesi latihan bebas pembuka di GP Belanda di Sirkuit Zandvoort pada Agustus 2023. Pembalap AlphaTauri itu menabrak pembatas di tikungan tiga setelah Oscar Piastri mengalami insiden di tempat yang sama. Kemudinya mengentak begitu kencang sehingga ia memberi tahu timnya bahwa tangannya terasa sakit saat berusaha untuk meninggalkan mobil setelah kecelakaan itu.

Hasil pemeriksaan di rumah sakit kemudian menunjukkan Ricciardo mengalami patah tulang metakarpal di tangan kiri. Cedera yang dialaminya ini membuatnya harus absen selama lima seri balapan. Untungnya, AlphaTauri langsung mengumumkan pembalap Australia itu akan membalap untuk AlphaTauri hingga akhir 2024.

3. Nasib Liam Lawson diliputi ketidakpastian usai kembalinya Daniel Ricciardo

Daniel Ricciardo Kembali Membalap di F1 2023 Seri GP Amerika SerikatLiam Lawson (twitter.com/AlphaTauriF1)

Kembalinya Daniel Ricciardo pada seri GP Amerika Serikat akan mengakhiri peran Liam Lawson sebagai pembalap pengganti. Bisa dibilang, Lawson tampil mengesankan selama berada di dalam mobil dengan berhasil menyumbang dua poin bagi AlphaTauri. Itu terjadi saat ia berhasil finis di urutan kesembilan pada seri GP Singapura pada September lalu. Namun, nasibnya di Formula 1 belum menemui kejelasan.

Menurut siniar Grid Walk, pembalap asal Selandia Baru ini akan kembali bertugas sebagai pembalap cadangan AlphaTauri dan berusaha menjadi pembalap utama pada 2025. Namun, Lawson mengakui dirinya tidak mendapatkan jaminan mendapatkan tempat utama. Ia harus terus tampil apik untuk mendapatkan kesempatan mengemudi secara penuh. Ia sempat dikabarkan akan menjadi pengganti Logan Sargeant di Williams setelah tampil kurang memuaskan selama 2023.

Kembalinya Daniel Ricciardo ke Formula 1 menjadi angin segar bagi AlphaTauri dan para penggemar. Pengalaman dan keterampilannya diharapkan dapat membantu tim untuk meraih posisi terbaik dalam bersaing di papan tengah.

Baca Juga: Profil Liam Lawson, Pengganti Sementara Daniel Ricciardo di AlphaTauri

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya