George Russell Akui Mercedes Meneliti Gap Performa antara Kedua Mobil

Performa Russell dan Hamilton sering jomplang

Formula 1 2023 bisa dibilang menjadi musim yang buruk bagi Mercedes. Pasalnya, kedua pembalap mereka, Lewis Hamilton dan George Russell, gagal meraih satu pun kemenangan pada musim ini. Ini menjadi kali pertama Mercedes gagal meraih kemenangan selama semusim sejak 2011.

Selain performa W14 yang buruk, salah satu kendala yang Mercedes alami adalah perbedaan performa mobil yang cukup jauh antara kedua pembalap. George Russell mengakui bahwa saat ini timnya sedang mengkaji ulang penyebab gap performa antara mobilnya dan mobil Lewis Hamilton. Ini terbukti saat salah satu dari mereka seringkali memiliki perbedaan waktu yang cukup jauh saat kualifikasi dan balapan.

1. George Russell dan Lewis Hamilton memiliki selisih hasil balapan dan poin yang signifikan

George Russell Akui Mercedes Meneliti Gap Performa antara Kedua MobilMercedes saat membalap di GP Las Vegas 2023. (twitter.com/MercedesAMGF1)

Mercedes dibuat bingung oleh perbedaan performa signifikan antara Lewis Hamilton dan George Russell. Hal ini terlihat dari hasil kualifikasi dan balapan saat di Di GP Abu Dhabi dan GP Hungaria. Saat GP Abu Dhabi, Russell berhasil start di posisi 4 besar dan finis di podium, sedangkan Hamilton tersingkir di sesi kualifikasi kedua (Q2) dan finis di posisi ke-9. Kisah serupa terjadi di Hungaria saat Hamilton berhasil meraih pole position, sedangkan Russell malah tersingkir di sesi kualifikasi pertama (Q1).

Gambaran besarnya makin terlihat berdasarkan hasil klasemen akhir dan perbedaan poin antara kedua pembalap. Hamilton mengakhiri musim 2023 dengan finis di peringkat ke-3 dengan 234 poin. Sementara itu, Russell hanya mampu bertengger di posisi ke-8 dengan 175 poin. Jika dihitung, selisih poin di antara keduanya sebanyak 59 poin. Tentu ini menjadi tanda tanya besar bagi Mercedes mengenai performa mobil W14 yang memiliki spesifikasi sama antara keduanya.

2. George Russell akui timnya sedang menyelidiki perbedaan performa dengan Lewis Hamilton

George Russell Akui Mercedes Meneliti Gap Performa antara Kedua MobilGeorge Russell (formula1.com)

Kesenjangan performa antara kedua pembalap Mercedes juga disadari oleh George Russell. Ia menyadari terdapat perbedaan waktu yang besar di antara keduanya dalam catatan waktu ketika salah satu dari mereka lebih cepat saat sesi balapan. Pembalap asal Inggris ini mengakui timnya sedang mengkaji ulang performa mobil Mercedes W14 yang terlihat mencolok antara dirinya dan Lewis Hamilton sepanjang 2023. 

"Ini jelas merupakan sesuatu yang telah kami sadari. Sepanjang tahun ini, saya rasa Lewis (Hamilton) dan saya belum pernah tampil dengan kecepatan yang sama. Dalam beberapa tahun terakhir, rekor kualifikasi kami hampir sama. Namun, biasanya selisihnya cukup besar, bisa sampai enam persepuluh detik. Ini yang sedang kami coba pahami," ungkap Russell dilansir Crash.

"Terkadang dalam melakukannya, Anda mengambil langkah mundur alih-alih menutup kekurangan itu secara alami. Ini adalah sesuatu yang saya coba cari tahu sendiri dan saya yakin dia (Lewis Hamilton) juga mencoba mencari tahu," jelasnya.

3. George Russell optimis keberuntungan akan bersamanya pada 2024

George Russell Akui Mercedes Meneliti Gap Performa antara Kedua MobilGeorge Russell saat meraih podium pada GP Abu Dhabi 2023. (formula1.com)

Walaupun sempat mencatatkan hasil gemilang di beberapa balapan, George Russell mengakui performa Mercedes pada 2023 terbilang tidak konsisten. Dia menyoroti banyaknya peluang yang terbuang, inkonsistensi, dan nasib buruk sebagai bagian yang perlu diperbaiki menuju 2024. Walaupun mengakui adanya keberuntungan, pembalap berusia 25 tahun itu menekankan pentingnya kemampuan pembalap untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan pada tahun depan.

"Ini (2023) adalah musim yang sangat, sangat aneh. Ini adalah musim saat kami memiliki performa yang baik, tetapi tidak pernah mencapai hasil yang saya rasa pantas atau seharusnya. Musim ini memang tidak berjalan mulus. Namun, saya pikir ketika semuanya mengalir ketika semuanya berjalan dengan baik, keberuntungan cenderung berpihak pada Anda.

Saya bukan orang yang percaya pada keberuntungan. Saya pikir Anda yang membuat keberuntungan Anda sendiri. Jadi, kami hanya perlu lebih cepat sehingga Dewi Keberuntungan akan bersama kami," kata George Russell dikutip Racing News 365.

Berkaca dari performa buruk Mercedes pada 2023, Russell optimistis bahwa Mercedes akan kembali kompetitif pada 2024. Dirinya yakin timnya akan mampu memperbaiki performa mobil dan meraih hasil yang lebih memuaskan. Namun, ia juga menyadari mereka perlu lebih konsisten agar terhindar nasib buruk.

Baca Juga: George Russell Serukan agar para Staf F1 Tak Bekerja Penuh pada 2024

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Seringnya nulis tentang sepak bola dan Formula 1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya