10 Transfer Pemain Termahal pada Musim Panas 2023/2024

Didominasi pemain Liga Inggris

Transfer pemain sepak bola Eropa resmi ditutup pada 1 September 2023. Sementara, Liga Arab Saudi menutup bursa transfer mereka pada 7 September 2023. Banyak klub-klub melakukan perombakan skuad untuk menghadapi musim kompetisi 2023/2024.

Transfer kali ini banyak diwarnai proses negosiasi alot, perpindahan pemain yang tak pernah terkira sebelumnya, hingga eksodus para pemain Eropa ke Saudi Pro League. Itu tak terkecuali pembelian pemain dengan harga fantastis.

Tim-tim besar rela merogoh kocek dalam untuk mendapatkan jasa pemain incaran klub. Lantas, siapa saja yang masuk daftar transfer pemain termahal pada musim panas 2023/2024?

1. Moises Caicedo menjadi pemain termahal di bursa transfer musim panas 2023

10 Transfer Pemain Termahal pada Musim Panas 2023/2024Moises Caicedo (instagram.com/moises_caicedo55)

Moises Caicedo dibeli dari Brighton & Hove Albion senilai 115 juta pound sterling (2,2 triliun rupiah) oleh Chelsea pada Agustus 2023. Transfer tersebut sekaligus memecahkan rekor pemain termahal di English Premier League yang sebelumnya dipegang Declan Rice yang pindah ke Arsenal. The Blues membayar 100 juta pound sterling (1,9 triliun rupiah) pada awal dengan tambahan 15 juta pound sterling (288 miliar rupiah) dalam bentuk tambahan yang berhubungan dengan performa.

Pemain asal Ekuador ini menandatangani kontrak berdurasi 8 tahun dengan opsi tambahan 1 tahun. Ia diplot untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan N’golo Kante yang pindah ke Al-Ittihad. Sayangnya, ia harus menelan kekalahan pada laga perdananya bersama Chelsea saat menjamu West Ham United dengan skor 1-3 pada pekan ke-2 EPL.

2. Declan Rice jadi rekrutan termahal Arsenal

10 Transfer Pemain Termahal pada Musim Panas 2023/2024Declan Rice (instagram.com/arsenal)

Declan Rice sempat menjadi pemain termahal Premier League sebelum transfer Moises Caidedo. Arsenal membeli Rice senilai 105 juta juta pound sterling (2 triliun rupiah). Itu menjadikannya pemain termahal klub. Mantan kapten West Ham United ini dianggap sebagai pemain vital untuk lini tengah Arsenal.

Manajer Arsenal, Mikel Arteta, melihat Rice sebagai gelandang serbaguna yang dapat memberikan visi dalam peran bertahan dan menyerang. Sejauh ini, bisa dibilang penampilannya sangat memuaskan. Ia telah meraih trofi Community Shield setelah mengalahkan Manchester City dan mencetak gol pertamanya saat melawan Manchester United pada Minggu (3/9/2023).

3. Jude Bellingham jadi wonderkid termahal pada bursa transfer musim panas 2023

10 Transfer Pemain Termahal pada Musim Panas 2023/2024Jude Bellingham (kiri) bersama Presiden Real Madrid Florentino Perez. (realmadrid.com)

Jude Bellingham hengkang dari Borussia Dortmund ke Real Madrid pada Juni 2023. Real Madrid membayar biaya awal sebesar 88 juta pound sterling (1,6 triliun rupiah) dengan biaya tambahan 25,6 juta pound sterling (491,9 miliar rupiah).Ia menjadi pemain asal Inggris kelima yang pernah bermain untuk El Real.

Gelandang berusia 20 tahun ini meninggalkan Dortmund setelah mengabdi selama 3 musim. Dirinya dinobatkan sebagai pemain terbaik Bundesliga pada 2022/2023 meski gagal meraih gelar juara bagi Dormund. Bellingham kini telah memainkan 4 laga di LaLiga Spanyol dan mengemas 5 gol dan 1 assist.

4. Harry Kane meninggalkan Tottenham Hotspur yang sudah ia bela sejak 2011

10 Transfer Pemain Termahal pada Musim Panas 2023/2024Harry Kane (fcbayern.com)

Harry Kane memutuskan hengkang ke Bayern Munich setelah membela Tottenham Hotspur sejak 2011. Striker internasional Inggris ini dibeli dengan harga 100 juta pound sterling (1,94 triliun rupiah) dan sudah termasuk biaya tambahan. Dirinya diboyong Bayern Munich untuk menjawab kebutuhan Bayern Munich dalam mempertajam lini serang mereka.

Kane menjalani laga debutnya pada final Piala DFL menghadapi RB Leipzig. Ia gagal meraih trofi pertamanya setelah menelan kekalahan 0-3 di hadapan publik Allianz Arena pada Minggu (13/8/2023). Namun, sejauh ini ia membantu Die Roten memenangi 3 laga pertama di Bundesliga dengan mengemas 3 gol dan 1 assist.

5. Neymar menapaki karier baru di Liga Arab Saudi bersama Al Hilal

10 Transfer Pemain Termahal pada Musim Panas 2023/2024Neymar (instagram.com/neymarjr)

Paris Saint-Germain (PSG) menjual Neymar Jr ke Al Hilal di Liga Arab Saudi dengan biaya sebesar 86,3 juta pound sterling (1,6 triliun rupiah). Penyerang asal Brasil ini telah menandatangani kontrak 2 tahun dengan Al Hilal dan akan mendapatkan gaji lebih dari 100 juta pound sterling per tahun. Gaji yang ia terima di Al Hilal enam kali lipat lebih besar dari yang ia dapatkan di PSG.

Kepindahan Neymar Jr merupakan bagian dari upaya PSG untuk membangun kembali skuad mereka. Di bawah asuhan pelatih baru Luis Enrique, kini PSG dipenuhi pemain-pemain muda. Transfer ini menyusul kepergian Lionel Messi ke Inter Miami dan perselisihan dengan Kylian Mbappe, yang kini telah menunjukkan komitmen bersama PSG.

Baca Juga: Curhat Neymar saat Bela PSG: Saya dan Messi Hidup di Neraka

6. Josko Gvardiol menyusul Mateo Kovacic ke Manchester City

10 Transfer Pemain Termahal pada Musim Panas 2023/2024Josko Gvardiol (instagram.com/mancity)

Manchester City memperkuat lini pertahanan mereka dengan merekrut Josko Gvardiol dari RB Leipzig. Pemain asal Kroasia tersebut dibeli senilai 77,6 juta pound sterling (1,48 triliun rupiah) dengan kontrak 5 tahun. Ia menggantikan Aymeric Laporte yang hengkang ke Al Nassr FC.

Gvardiol menjadi rekrutan kedua The Citizens pada transfer musim panas ini. Ia menyusul rekan senegaranya, Mateo Kovacic, yang pindah dari Chelsea. Selama di RB Leipzig, dirinya telah membuat 87 penampilan dan menjadi bagian penting dari Timnas Kroasia saat meraih peringkat ketiga pada Piala Dunia 2022 Qatar.

7. Randal Kolo Muani diboyong dari Eintracht Frankfurt pada hari terakhir bursa transfer

10 Transfer Pemain Termahal pada Musim Panas 2023/2024Randal Kolo Muani (instagram.com/psg)

Paris Saint-Germain (PSG) menyelesaikan perekrutan penyerang internasional Prancis, Randal Kolo Muani, pada hari terakhir bursa transfer. Ia didatangkan dari Eintracht Frankfurt dengan nilai transfer sebesar 77 juta pound sterling (1,47 triliun rupiah). PSG merekrutnya untuk menutupi lubang usai kepergian megabintang mereka, Neymar Jr dan Lionel Messi.

Kolo Muani berhasil tampil impresif di Bundesliga Jerman pada 2022/2023. Ia mampu mencetak 26 gol dalam 50 penampilan untuk Eintracht Frankfurt. Sayangnya, kepergiannya menuai kontroversi karena aksi mogok kerjanya untuk memaksa klub menjualnya ke PSG.

8. Rasmus Hojlund sempat menemui hambatan saat transfer ke Manchester United

10 Transfer Pemain Termahal pada Musim Panas 2023/2024Rasmus Hojlund (instagram.com/rasmus.hoejlund)

Manchester United mendatangkan Rasmus Hojlund dari Atalanta dengan biaya sebesar 72 juta pound sterling (1,3 triliun rupiah). Penyerang berusia 20 tahun ini telah menandatangani kontrak berdurasi 5 tahun dengan opsi perpanjangan 12 bulan. Proses transfernya sempat berjalan alot karena Atalanta menolak dua penawaran Setah Merah.

Pemain asal Denmark ini baru saja pulih dari cedera punggung, sehingga tidak bisa mengikuti laga pramusim. The Red Devils membayar kepada Atalanta sebesar 64 juta pound sterling (1,2 triliun rupiah) pada awal transfer dengan tambahan 8 juta pound sterling (153 miliar rupiah) yang berhubungan dengan performa. Selain Manchester United, Hojlund juga sebelumnya diminati PSG.

9. Kai Havertz menjadi rekrutan pertama Arsenal pada bursa transfer musim panas 2023

10 Transfer Pemain Termahal pada Musim Panas 2023/2024Kai Havertz (instagram.com/arsenal)

Kai Havertz didatangkan Arsenal dari Chelsea dengan biaya sebesar 65 juta pound sterling (1,2 triliun). Ia menjadi rekrutan pertama Arsenal pada bursa transfer musim panas 2023. Penyerang asal Jerman ini telah menandatangani kontrak jangka panjang dengan The Gunners.

Havertz menjadi salah satu pemain yang dijual Chelsea pada bursa transfer musim panas ini. Setidaknya, The Blues telah menjual 13 pemainnya selama musim panas 2023. Manajer Arsenal Mikel Arteta menyambut baik kedatangan Havertz yang dinilai sebagai pemain serbaguna di lini serang.

10. Dominik Szoboslai digadang-gadang sebagai titisan Steven Gerrard

10 Transfer Pemain Termahal pada Musim Panas 2023/2024Dominik Szoboszlai (twitter.com/LFC)

Liverpool mendatangkan Dominik Szoboszlai dari RB Leipzig dengan nilai transfer sebesar 60 juta pound sterling (1,1 triliun rupiah) pada Juli 2023. Gelandang berusia 22 tahun itu telah menandatangani kontrak berdurasi 5 tahun bersama The Reds. Sebelumnya, Newcastle United juga menyatakan minat dengan Szoboszlai, tetapi ia lebih memilih untuk bergabung dengan Liverpool.

Kapten Timnas Hungaria tersebut menjadi rekrutan kedua Liverpool pada musim panas ini setelah Alexis Mac Allister dari Brighton & Hove Albion. Szoboszlai dipandang sebagai gelandang multifungsi dengan fleksibilitas taktis yang mampu bermain dalam berbagai peran dan sistem. Terbukti, ia menjadi salah satu pemain Liverpool yang disorot selama 4 pekan Premier League berjalan.

Bursa transfer musim panas 2023/2024 tidak diragukan lagi telah menyajikan drama-drama seru bagi para penggemar sepak bola di seluruh dunia. Klub-klub besar mau menginvestasikan dana besar-besaran demi mencapai prestasi lebih baik dari musim sebelumnya. Mampukah para pemain baru ini berkontribusi bagi klub untuk bersaing di ketatnya kompetisi musim 2023/2024? Patut kita simak performa mereka di lapangan!

Baca Juga: 3 Hal yang Bisa Didapat Liverpool dari Seorang Dominik Szoboszlai

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya