Apa itu Skakmat Catur? Ini Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Butuh taktik dan strategi yang tepat

Dalam permainan catur, dikenal istilah skakmat yang sering disebut pemain catur saat menjelang akhir permainan. Skakmat adalah kondisi ketika Raja sudah mati atau dianggap akan mati karena sudah tidak bisa bergerak ke mana-mana. Gerakan Raja sudah dikunci dan dijebak oleh pemain lawan, sehingga meskipun Raja bergerak ke mana pun, dia akan mati.

Kata skakmat berasal dari bahasa Persia, yaitu "Shah Mat" yang artinya raja sudah mati. Dalam pertandingan internasional, istilah yang dipakai adalah "Checkmate". Skakmat di catur bisa dilakukan dengan menerapkan teknik-teknik, strategi, kemampuan membaca pergerakan, hingga kesabaran tinggi.

Ada beberapa jenis dan cara skakmat dalam catur yang bisa kamu coba untuk memenangkan permainan. Namun, jenis-jenis ini tetap harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi permainan. Kamu tetap perlu memperhitungkan ruang dan celah yang ada. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Smothered mate

Apa itu Skakmat Catur? Ini Pengertian dan Jenis-Jenisnyailustrasi catur (pexels.com/pixabay)

Smothered mate adalah jenis skakmat di catur yang memosisikan raja terhimpit dan tidak bisa bergerak karena terjebak pada posisi yang penuh akibat bidaknya sendiri.

Pada jenis ini, biasanya ada beberapa bidak yang tidak bergerak dengan posisi raja ada di belakang. Kemudian raja akan terkena jebakan sendiri karena tidak memiliki ruang bebas.

2. Ladder mate

Apa itu Skakmat Catur? Ini Pengertian dan Jenis-JenisnyaIlustrasi permainan catur (Pexels.com/@pixabaycom)

Jenis skakmat yang kedua adalah ladder mate,  yaitu ketika posisi paling aman dan tidak terlalu dekat dengan Raja yang akan diserang. Posisi bidak-bidak pada skakmat ini biasanya membentuk gambar tangga.

Skakmat ladder mate biasanya dilakukan oleh Benteng dan Benteng atau Benteng dan Menteri. Keduanya akan menutup ruang gerak Raja untuk lolos dari posisi yang jauh.

3. Dovetail mate

Apa itu Skakmat Catur? Ini Pengertian dan Jenis-JenisnyaMenang dalam catur. pexels.com/Gladson Xavier

Dovetail mate adalah jenis skakmat di catur yang sekilas menyerupai seperti bentuk burung karena posisinya diagonal. Jenis skakmat ini membuat Raja tidak bisa bergerak karena ruangnya ditutup oleh pemainnya sendiri dan pemain lawan secara diagonal. Umumnya, jenis skakmat ini menggunakan Gajah dan Menteri untuk melangsungkan jebakan.

Baca Juga: 5 Opening yang Wajib Diketahui Pemain Catur Pemula!

4. Blind swine checkmate

Apa itu Skakmat Catur? Ini Pengertian dan Jenis-Jenisnyailustrasi bermain catur (unsplash.com/Wander Fleur)

Blind swine checkmate adalah jenis skakmat dalam catur yang berarti pemain ingin melakukan serangan bertubi-tubi dengan perhitungan yang cepat dan tepat. Serangan skakmat dilakukan secara cepat dengan membasmi pion-pion lainnya. Setelah tersisa sedikit atau habis, barulah melakukan skakmat.

5. Arabian mate

Apa itu Skakmat Catur? Ini Pengertian dan Jenis-Jenisnyailustrasi catur (unsplash.com/Carlos Esteves)

Arabian mate adalah cara skakmat di catur dengan memojokkan Raja milik lawan di sudut papan catur menggunakan bidak-bidak yang dimiliki. Jenis ini sering terjadi karena pemain sering melakukan strategi yang lama, sehingga akhirnya hilang konsentrasi.

Cara ini membuat jarak Raja dengan bidak-bidak lawan berdekatan, sehingga gerak Raja akan tertutup oleh bidak-bidak yang mendukung serangan ini.

Baca Juga: Istilah dalam Catur, Gak Cuma Sekakmat! 

6. Swallow's tail mate

Apa itu Skakmat Catur? Ini Pengertian dan Jenis-Jenisnyailustrasi bermain catur (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Swallow's tail mate merupakan jenis skakmat yang sekilas mirip Dovetail mate. Jika Dovetail mate menggunakan posisi diagonal, maka serangan Swallow's tail mate berbentuk vertikal. Kemudian ruang gerak pada jenis skakmat ini dibentuk dari Menteri yang segera menutup ruang gerak Raja lawan pada jarak dekat.

7. Back rank mate

Apa itu Skakmat Catur? Ini Pengertian dan Jenis-JenisnyaPotret bermain catur (pexels.com/Olha Ruskykh)

Cara skakmat di catur yang terakhir adalah Back rank mate, yaitu jenis yang paling jarang ditemukan. Sebab pada posisi ini, pemain melakukan skakmat pada Raja lawan di baris kedelapan dan terhimpit oleh pion-pion di depannya.

Umumnya, jenis skakmat ini terjadi ketika pemain pemula yang awalnya dominan melakukan serangan menggunakan Gajah, Kuda, dan Benteng tanpa melihat pion yang menutup gerak Raja untuk bergerak.

Nah, demikianlah pengertian dan jenis skakmat di catur yang patut kamu ketahui untuk memenangkan permainan. Tertarik mempelajarinya?

Baca Juga: 5 Cara Main Catur Terlengkap, Cocok bagi Pemula!

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D
  • Bayu Nur Seto

Berita Terkini Lainnya