Breakdance: Sejarah, Perlombaan, dan Gerakan Dasarnya

Ternyata ada kompetisi resminya

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan breakdance, tarian dengan gerakan-gerakan atraktif yang bebas dan seru disaksikan serta ditambah musik hip-hop. Pada dasarnya, breakdance memang berkaitan erat dengan perkembangan musik hip-hop dan musik disko.

Istilah breakdance berasal dari kata 'breakin', kata slang yang artinya bersemangat atau energik. Tidak heran kalau gerakan-gerakan pada breakdance umumnya cukup eksplosif dan membutuhkan kekuatan fisik yang besar.

Breakdance sendiri sudah berkembang sejak puluhan tahun lalu. Bahkan, breakdance sudah diperlombakan dalam beberapa kompetisi yang digelar di sejumlah negara. Berikut sejarah, perlombaan, hingga gerakan dasar breakdance yang perlu diketahui.

1. Sejarah breakdance

Breakdance: Sejarah, Perlombaan, dan Gerakan Dasarnyailustrasi breakdance (pexels.com/ Jerm Gonzalo)

Breakdance merupakan jenis tarian populer yang lekat dengan musik hip-hop, disko, dan funkBreakdance diperkirakan dicetuskan oleh James Brown dan kemudian dimodifikasi oleh dancer-dancer hip-hop.

Dalam perkembangannya, istilah breakdance sebenarnya tidak begitu diterima dalam skena hip-hop. Bagi orang-orang di dalamnya, tarian hip-hop disebut breakin'. Sedangkan penarinya disebut b-boy dan b-girl.

Salah satu musisi hip-hop terkenal, DJ Kool Herc menyebut bahwa istilah tarian breakin' yang akhirnya dipopulerkan oleh media massa dengan sebutan breakdance.

Pada setiap sela-sela permainan musik oleh DJ Kool Herc, dia akan berteriak "B-boys go down!". Lalu para penari akan turun ke tempat dansa dan mempertontonkan trik-trik breakdance terbaik mereka yang sebagian besar merupakan gabungan antara gerakan robotik dan gimnastik.

Seiring waktu, muncullah empat gerakan dasar breakdance yang menjadi pakem dalam tarian ini, yaitu toprock, downrock, freezes, dan power moves. Mulai saat itu, banyak grup-grup breakdance bermunculan. Mulai dari Zulu Kings, Star Child La Rock, Crazy Commandos, dan SalSoul.

Puncak popularitas breakdance terjadi pada era Michael Jackson yang memasukkan gerakan-gerakan tarian ini dalam pertunjukkannya sekitar tahun 1980-an. Salah satunya adalah trik yang terkenal hingga sekarang, yaitu moonwalking.

2. Perlombaan breakdance di dunia

Breakdance: Sejarah, Perlombaan, dan Gerakan Dasarnyailustrasi breakdance (pexels.com/ Bia Cardoso)

Tahukah kamu kalau breakdance saat ini sudah menjadi kegiatan yang diperlombakan pada kompetisi profesional. Ada beberapa perlombaan breakdance terkenal di dunia, di antaranya:

1. Battle of The Year

Battle of The Year adalah kompetisi internasional breakdance pertama di dunia yang digelar di Jerman pada 1990. Kompetisi ini pun mulai rutin dilakukan setiap tahun dengan diikuti oleh peserta dari puluhan negara.

2. Red Bull BC One

Red Bull BC One adalah kompetisi komersial breakdance yang digelar pertama kali pada 2004. Kompetisi ini pesertanya berasal dari hasil seleksi yang dilakukan di berbagai negara.

3. International Breakdance Event

International Breakdance Event atau juga dikenal dengan nama The Notorious IBE merupakan kompetisi breakdance asal Belanda yang mengajak penonton sebagai juri untuk menilai penampilan dari para peserta. Peserta yang mendapatkan poin lebih banyak akan maju ke babak berikutnya sampai tersisa satu pemenang.

Baca Juga: Dance Sport, Berdansa Sambil Berolahraga

3. Gerakan dasar breakdance

Breakdance: Sejarah, Perlombaan, dan Gerakan Dasarnyailustrasi breakdance (pexels.com/Jerm Gonzalo)

Ada empat gerakan dasar breakdance yang perlu dikuasai setiap penari, yaitu:

1. Toprock

Toprock adalah gerakan dasar yang juga dilakukan untuk pemanasan sebelum melakukan gerakan lain yang lebih rumit. Gerakan toprock dilakukan dengan tubuh bagian atas yang bergerak sesuai iringan lagu. Gerakan toprock biasanya dilakukan dengan tangan yang berada di atas.

2. Downrock

Downrock adalah gerakan dasar breakdance yang berfokus pada kaki dan tangan. Downrock terdiri dari banyak kombinasi gerakan, seperti headspin hingga turtle.

3. Freezes

Freezes adalah gerakan yang dilakukan ketika jeda lagu atau sebelum lagu masuk ke irama yang lebih intens. Gerakan ini umumnya dilakukan dalam satu posisi yang sama selama beberapa saat.

4. Power moves

Power moves adalah gerakan-gerakan khas dance dari setiap penari yang dilakukan untuk unjuk diri pada penampilannya. Contoh gerakan power moves yang sering dilakukan adalah flare, swipe, windmill, hingga butterfly kick.

Nah, itulah sejarah, perlombaan, dan gerakan dasar breakdance yang patut kamu ketahui. Tertarik mempelajari gerakan-gerakannya?

Baca Juga: Mengenal Capoeira, Bela Diri Asal Brasil yang Dibuat Para Budak

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri
  • Mayang Ulfah Narimanda

Berita Terkini Lainnya