Jumlah Pemain Bola Basket serta Tugas dan Posisinya, Lengkap

Punya tugas dan peran masing-masing

Siapa yang tidak mengetahui olahraga bola basket? Bola basket merupakan permainan olahraga beregu, di mana setiap regu harus memasukkan bola ke keranjang atau ring basket tim lawan sebanyak-banyaknya untuk memenangkan pertandingan.

Bola basket biasanya sudah diajarkan dari bangku sekolah dasar hingga SMA. Olahraga basket profesional sendiri memiliki induk organisasi internasional bernama Fédération Internationale de Basketball (FIBA). Sementara induk organisasi basket di Indonesia bernama Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi).

Seperti olahraga lainnya, bola basket juga memiliki aturan-aturan yang harus diikuti. Mulai dari jumlah pemain, durasi permainan, aturan pelanggaran, hingga teknik-tekniknya. Jumlah pemain bola basket sudah diatur, termasuk posisi dan tugas setiap pemainnya. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Jumlah pemain bola basket

Jumlah Pemain Bola Basket serta Tugas dan Posisinya, LengkapStephen Curry melakukan tembakan three point ke ring (nba.com)

Bola basket merupakan olahraga yang dimainkan dua regu dalam satu pertandingan. Dalam lapangan, jumlah pemain bola basket adalah 5 pemain pada masing-masing regu. Berarti ada 10 pemain yang bertanding di dalam lapangan basket.

Selain pemain di lapangan, satu tim basket biasanya memiliki 5 pemain cadangan. Jika ditotal, maka satu tim basket terdiri dari 10 pemain (5 pemain di lapangan dan 5 pemain cadangan).

Namun, beberapa kompetisi internasional seperti NBA menggunakan aturan pemain cadangan sebanyak 7 orang. Maka jumlah pemain basket dalam satu regu adalah maksimal 12 pemain (5 pemain di lapangan dan 7 pemain cadangan).

Lima pemain di lapangan disebut sebagai starter yang memiliki posisi dan tugas masing-masing. Posisi pemain cadangan juga menyesuaikan dengan pemain starter.

Sistem pergantian pemain pada bola basket relatif bebas. Pemain yang sudah diganti boleh masuk kembali tergantung keputusan pelatih. Begitu juga pemain cadangan yang masuk, ditarik kembali, dan dimasukkan kembali.

Baca Juga: Induk Organisasi Basket Indonesia dan Dunia, Apa Saja?

2. Posisi dan tugas pemain bola basket

Jumlah Pemain Bola Basket serta Tugas dan Posisinya, LengkapChicago Bulls di NBA musim 2021/22. (instagram.com/chicagobulls)

Secara garis besar, posisi pemain bola basket dibagi menjadi tiga posisi utama, yaitu forward, guard, dan center. Namun, biasanya posisi forward dan guard dibagi lagi menjadi dua posisi, yaitu power forward dan small forward serta point guard dan shooting guard.

Jika ditotal, berarti ada lima posisi pemain bola basket yang memiliki tugas dan peran yang berbeda-beda. Berikut penjelasannya:

  • Point guard

Point guard adalah posisi pemain bola basket yang bisa disebut playmaker atau pengatur permainan sebuah tim. Point guard biasanya adalah pemain yang paling sering mengontrol bola dalam lapangan.

Point guard bertugas mengatur ritme permainan sesuai arahan pelatih. Selain itu, seorang point guard biasanya juga dipercaya oleh pelatih sebagai kapten tim.

  • Shooting guard

Sesuai namanya, posisi shooting guard adalah backcourt yang tugasnya melakukan tembakan ke ring lawan dalam berbagai situasi di lapangan. Maka dari itu, seorang shooting guard harus memiliki keahlian dalam menembak, baik jarak dekat maupun jauh.

  • Small forward

Sekilas mirip seperti shooting guard, tapi posisi small forward merupakan pemain yang memiliki kemampuan offensive yang baik. Pemain small forward harus terampil melakukan lay-up, dunk, post-up, 3-point, hingga fadeaway jumper.

Maka tidak heran kalau small forward memang dipasang sebagai mesin pencetak skor yang utama selain ishooting guard. Meski begitu, small forward juga tetap harus turun ke lini pertahanan dan saat mode bertahan.

  • Power forward

Power forward adalah pemain yang tugasnya melindungi area center dan menjadi pemain yang paling banyak berjaga di restricted area untuk melindungi garis pertahanan. Selain itu, power forward juga bertugas menangkap bola rebound saat mode menyerang maupun bertahan.

Biasanya pemain yang menjadi power forward adalah pemain yang memiliki fisik kuat agar menang duel badan dengan penyerang lawan.

  • Center

Center adalah pemain yang biasanya berpostur paling tinggi dan besar pada sebuah tim basket. Center bertugas menjadi pemain bertahan yang terakhir dari sebuah tim.

Center juga bertugas melakukan blocking atau rebound saat mode bertahan. Sedangkan dalam permainan pick and roll, pemain center bertugas melihat situasi dan celah agar pemain guard bisa mencari ruang tembak.

Baca Juga: 12 Tujuan Permainan Bola Basket, Bantu Kendalikan Emosi

3. Waktu bermain setiap pemain

Jumlah Pemain Bola Basket serta Tugas dan Posisinya, LengkapChicago Bulls melakukan start terbaik di kompetisi NBA dalam dua dekade terakhir. (nba.com).

Sebenarnya tidak ada aturan resmi yang menetapkan durasi atau jatah bermain setiap pemain di lapangan. Sebab biasanya tergantung keputusan pelatih, strategi, dan stamina setiap pemain.

Namun bagi pemain starter, menit bermain yang didapatkan biasanya sekitar 30-40 menit dalam satu pertandingan basket berdurasi 4x12 menit seperti di NBA. Sedangkan waktu bermain bola basket menurut aturan FIBA adalah 4x10 menit.

Pemain dengan durasi bermain terlama biasanya adalah scorer utama atau pemain paling penting dalam tim.

Sedangkan pemain cadangan memiliki durasi bermain yang sangat beragam. Contohnya posisi sixth man yang bisa bermain 20-25 menit dan pemain prioritas terakhir yang hanya 3-5 menit saja.

Itulah pembahasan jumlah pemain bola basket serta tugas dan posisinya masing-masing. Selamat bermain dan semoga bermanfaat!

Baca Juga: 4 Pola Penyerangan Bola Basket, Kunci Dominasi Pertandingan

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya