Comscore Tracker

7 Macam-Macam Pukulan Tenis Meja, Cari Tahu biar Jago

Pakai teknik Loop biar lawan ketar-ketir

Siapa yang tidak tahu permainan tenis meja? Permainan olahraga ini dimainkan dua orang atau dua pasangan di sebuah meja khusus sebagai lapangannya dengan menggunakan bola kecil dan bet sebagai pemukulnya.

Dalam bermain tenis meja, seseorang harus memukul bola ke wilayah lawan dan begitu seterusnya sampai pihak lawan melakukan kesalahan. Ada macam-macam pukulan tenis meja yang biasa digunakan dalam permainan untuk membalas pukulan lawan.

Penasaran apa saja teknik pukulannya? Simak terus artikel ini sampai selesai, ya!

1. Teknik Drive

7 Macam-Macam Pukulan Tenis Meja, Cari Tahu biar JagoIlustrasi Aktivitas Olahraga di Kantor (IDN Times/Athif Aiman)

Drive merupakan teknik pukul dalam tenis meja yang menggunakan tenaga paling kecil. Gerakan memukul ini dimulai dengan mendorong bet dari bawah ke atas dengan keadaan bet tertutup. Teknik drive termasuk dalam jenis pukulan untuk menyerang.

Ada beberapa keuntungan menerapkan pukulan drive, antara lain:

  • Bola drive tidak membawa tenaga yang terlalu keras.
  • Tidak sulit mengendalikan cepat atau lambatnya bola.
  • Mudah menguasai tinggi atau rendahnya bola di atas ketinggian garis net.
  • Bisa diluncurkan pada setiap posisi titik bola di atas meja, tanpa merasa kesulitan.
  • Perputaran bola hanya sedikit.

2. Servis

7 Macam-Macam Pukulan Tenis Meja, Cari Tahu biar JagoIlustrasi aktivitas olahraga di kantor (IDN Times/Athif Aiman)

Servis merupakan pukulan pertama dalam permainan olahraga tenis meja. Caranya juga paling sederhana, yaitu dengan memantulkan bola ke wilayah meja sendiri dulu, baru melewati net dan sampai di wilayah meja lawan.

Dengan melakukan servis, seorang atlet bisa menciptakan pukulan yang bermacam-macam, mulai dari segi kecepatan, perputaran, hingga penempatan bola yang sulit diduga. Beberapa fungsi servis, antara lain:

  • Bisa menjadi bola-bola umpan.
  • Bisa menjadi upaya serangan pertama.
  • Bisa mencegah serangan pertama oleh lawan.

3. Block

7 Macam-Macam Pukulan Tenis Meja, Cari Tahu biar JagoAtlet tenis meja asal Suriah, Hend Zaza, jadi peserta termuda Olimpiade Tokyo 2020 / Canberra Times

Teknik block merupakan gerakan memberhentikan bola dengan cara pengambilan cepat, yaitu setelah bola memantul dan posisi bet tertutup. Teknik ini sering digunakan di dekat meja sebagai cara untuk bertahan dan dalam posisi diserang.

Teknik ini berfungsi untuk menghambat serangan lawan berikutnya. Biasanya untuk melakukan block harus menggunakan posisi backhand, walaupun tidak jarang atlet yang menggunakan forehand. Inilah salah satu dari 7 macam-macam pukulan tenis meja yang harus kamu ketahui.

Berikut ini beberapa keuntungan menerapkan teknik block, yaitu:

  • Merupakan trik untuk posisi bertahan dari jarak dekat meja.
  • Mengembalikan bola dengan cara mencegah serangan balik atau serangan lanjutan dari lawan.

4. Chop

7 Macam-Macam Pukulan Tenis Meja, Cari Tahu biar Jagoblibli.com

Baca Juga: 5 Rekomendasi Raket Tenis Meja Terbaik, Cocok untuk Pemula

Macam-macam pukulan tenis meja selanjutnya adalah pukulan chop. Teknik pukulan chop adalah teknik yang umumnya digunakan saat ingin mengembalikan pukulan bola yang beragam dari lawan. Gerakan chop sering diandaikan seperti gerakan saat menebang pohon. Ada dua jenis pukulan chop yang bisa kamu kuasai, yaitu backhand dan forehand chop.

5. Push

7 Macam-Macam Pukulan Tenis Meja, Cari Tahu biar JagoMeningkatkan refleks tubuh sebagai manfaat tenis meja (canva.com)

Macam-macam pukulan tenis meja berikutnya adalah teknik push, yaitu teknik yang berasal dari teknik block. Teknik pukulan push ini cukup bervariasi, misalnya ada pukulan push datar, push menggesek, dan sebagainya. 

Sama seperti block, teknik pukulan push merupakan teknik yang digunakan untuk bertahan dari serangan lawan dan aktif membalas serangan. Ada beberapa keuntungan bagi pemain jika menerapkan teknik push dalam permainan, yaitu:

  • Pukulan push bisa sebagai cara bertahan, bisa juga menjadi serangan balik ke lawan.
  • Pukulan push umumnya menggunakan backhand, tetapi juga bisa dengan forehand untuk membangun serangan balik saat lawan sedang lengah.
  • Bisa dijadikan sebagai alat yang bersifat penjagaan, lalu menjadi satu dorongan pukulan yang mematikan gerakan lawan.

6. Smash

7 Macam-Macam Pukulan Tenis Meja, Cari Tahu biar JagoAtlet tenis meja Suriah yang jadi peserta termuda Olimpiade Tokyo 2020, Hend Zaza / Sportskeeda

Seperti pada olahraga badminton atau voli, pada tenis meja juga terdapat pukulan smash. Pukulan ini perlu menggunakan tenaga besar dan kecepatan yang cukup supaya menghasilkan bola yang mematikan pergerakan lawan.

Biasanya para atlet akan melakukan smash forehand dibarengi dengan satu langkah kaki ke depan sambil dihentakkan ke lantai. Dalam pertandingan tenis meja, biasanya pukulan seperti ini akan menentukan kemenangan satu pihak.

Jika lawan masih bisa membalikkan pukulan smash, kamu perlu melancarkan lagi pukulan smash yang lebih tajam. Tujuannya agar merusak konsentrasi pemain lawan dan mematikan gerakannya.

7. Loop

7 Macam-Macam Pukulan Tenis Meja, Cari Tahu biar Jagoilustrasi bermain tenis meja (nippon.com)

Teknik loop merupakan pukulan top spin yang cukup keras dan menjadi pukul yang penting dalam sebuah pertandingan. Teknik loop akan menghasilkan pergerakan bola yang berputar. Teknik pukulan ini bisa digunakan dalam berbagai jenis pukulan jarak pendek maupun jarak menengah.

Loop seringkali menjadi pukulan yang efektif untuk menangkis bola-bola chop dari pemain lawan saat dia defensif. Oleh sebab itu, pemain perlu menguasai teknik pukulan ini agar dapat menguasai pertandingan.

Nah, itulah tadi pembahasan tentang macam-macam pukulan tenis meja yang harus kamu kuasai jika ingin menjadi pemain tenis meja yang jago. Teruslah berlatih dan asah kemampuan pukulanmu.

Baca Juga: 8 Peraturan Permainan Tenis Meja Terlengkap, Mudah Pahami

Topic:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya