Comscore Tracker

15 Manfaat Kebugaran Jasmani, Kulit Lebih Sehat dan Kencang

Bisa cegah penyakit jantung dan obesitas

Penting bagi setiap orang untuk berolahraga fisik secara rutin. Pasalnya, banyak manfaat kebugaran jasmani yang bisa didapat dari gerakan-gerakan latihan tertentu.

Mulai dari mencegah berbagai penyakit, meningkatkan kualitas kesehatan, menurunkan dan mengurangi risiko-risiko buruk bagi tubuh, hingga meningkatkan kualitas hidup.

Mau tahu apa saja manfaat kebugaran jasmani secara lengkap? Simak artikel ini hingga tuntas, ya!

Mencegah berbagai macam penyakit

15 Manfaat Kebugaran Jasmani, Kulit Lebih Sehat dan KencangIlustrasi sakit jantung (samaritannj.org)

Tidak bisa dimungkiri bahwa dengan menjaga kebugaran jasmani, daya tahan tubuh seseorang akan meningkat. Alhasil, orang tersebut tidak mudah terserang penyakit. Beberapa penyakit yang bisa dicegah, misalnya sebagai berikut.

1. Mencegah penyakit jantung

Setiap berolahraga, aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh dan sebaliknya biasanya akan lebih cepat. Hal tersebut bisa meminimalisasi terjadinya penyumbatan darah di jantung. Alhasil, dengan rutin melakukan latihan kebugaran jasmani, kamu bisa mencegah risiko penyakit jantung.

2. Mencegah dan mengontrol penyakit diabetes

Penyakit diabetes sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti gaya hidup. Dengan berolahraga secara rutin untuk menjaga kebugaran jasmani, kamu bisa lebih mengontrol kadar gula dalam darah dan mencegah penyakit diabetes.

3. Mencegah penyakit osteoporosis

Beberapa ahli menyebut kalau anak-anak yang lebih aktif bergerak akan mempunyai tulang yang lebih kuat dibanding anak-anak yang jarang bergerak. Maka dari itu, dengan banyak bergerak sedini mungkin akan mencegah dari penyakit tulang, seperti osteoporosis.

4. Mencegah obesitas

Kalori dan semua zat dari makanan yang kamu konsumsi terus-terusan hanya akan menjadi timbunan lemak dalam tubuh, sehingga bisa menyebabkan obesitas. Konsumsi makanan harus dibarengi dengan olahraga yang teratur.

Timbunan lemak dan kalori tadi akan terbakar jika kamu melakukan olahraga secara rutin. Selain mencegah obesitas, tubuhmu juga akan terasa lebih sehat dan ideal.

Meningkatkan kualitas seluruh tubuh

15 Manfaat Kebugaran Jasmani, Kulit Lebih Sehat dan KencangPexels.com/JonasMohamadi

Manfaat kebugaran jasmani berikutnya adalah akan membantu meningkatkan kualitas tubuhmu. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

5. Meningkatkan kualitas hormon

Kualitas hormon dalam tubuh salah satunya juga dipengaruhi oleh latihan kebugaran jasmani yang dilakukan. Makanya, penting untuk berolahraga secara rutin, termasuk olahraga ringan sekalipun.

6. Memberi banyak energi bagi tubuh

Umumnya, dengan berolahraga secara rutin dan menjaga kebugaran tubuh, seseorang akan lebih memiliki banyak energi untuk beraktivitas. Mulai dari lebih bisa berpikir jernih, terhindar dari stres, hingga bisa memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

7. Menambah kecerdasan

Secara tidak langsung, dengan rutin berolahraga, kamu juga menambah kecerdasan otak. Salah satu penyebabnya karena suplai oksigen ke otak akan lebih banyak dan sirkulasinya akan selalu terjaga. Otak dengan sirkulasi oksigen yang baik adalah salah satu tanda otak yang pintar.

Menurunkan beberapa risiko buruk bagi tubuh

15 Manfaat Kebugaran Jasmani, Kulit Lebih Sehat dan Kencangilustrasi cek tekanan darah (pennmedicine.org)

Latihan kebugaran jasmani juga membantu untuk menurunkan dan mengurangi beberapa risiko buruk bagi tubuh kamu. Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh:

8. Menurunkan risiko kanker

Secara umum, setiap orang mempunyai risiko terkena kanker. Namun, ada yang memiliki risiko lebih tinggi karena beberapa faktor lainnya. Risiko tersebut bisa dikurangi salah satunya dengan berolahraga fisik secara rutin.

9. Menurunkan tekanan darah tinggi

Salah satu risiko penyakit yang buruk dalam tubuh adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Tekanan darah tinggi bisa terjadi karena gangguan kesehatan, seperti strok, penyakit jantung koroner, dan gagal jantung.

Oleh sebab itu, kamu juga perlu mencegah berbagai gangguan penyakit tersebut, salah satunya dengan menjaga kebugaran tubuh.

10. Menurunkan gejala depresi ringan dan gelisah

Biasanya saat melakukan aktivitas olahraga, tubuh akan terasa lebih rileks. Oleh karena itu, manfaat kebugaran jasmani dapat membantu seseorang mengurangi rasa gelisah hingga depresi ringan.

11. Mengurangi Low Density Lipoprotein (LDL)

Satu lagi manfaat yang bisa kamu dapatkan jika menjaga kebugaran tubuh adalah bisa mengurangi lemak jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL). Tidak hanya itu, olahraga akan meningkatkan HDL (High Density Lipoprotein) yang baik untuk tubuh.

Baca Juga: 5 Aplikasi Ringan untuk Kebugaran Tubuh, Hemat Memori

Meningkatkan kualitas hidup

15 Manfaat Kebugaran Jasmani, Kulit Lebih Sehat dan Kencangilustrasi perempuan bahagia (pexels.com/Miguel Arcanjo Sadd)

Selain manfaat-manfaat yang berkaitan dengan kesehatan, ternyata menjaga kebugaran jasmani juga berguna untuk meningkatkan kualitas hidup bersosial. Penasaran? Berikut ini beberapa di antaranya:

12. Meningkatkan mood

Olahraga adalah salah satu solusi untuk menghilangkan rasa jenuh dan bosan dalam hidup. Untuk itu, manfaat kebugaran jasmani juga bisa meningkatkan mood seseorang, sehingga merasa lebih bersemangat.

13. Meningkatkan citra dan rasa percaya diri

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, menjaga kebugaran jasmani juga akan meningkatkan citra diri dan rasa percaya diri seseorang.

14. Membuat lebih awet muda

Salah satu manfaat kebugaran jasmani adalah untuk merawat kulit. Seseorang yang rajin berolahraga biasanya memiliki kulit yang lebih sehat dan kencang. Makanya, dengan menjaga kebugaran jasmani, kamu juga akan tampak lebih muda.

15. Membuat anak-anak lebih aktif

Pada sebuah penelitian, dikatakan bahwa orang tua yang rutin berolahraga akan membuat anaknya juga ikut lebih ceria dan aktif dalam kesehariannya. Pasalnya, mereka lebih sering melakukan aktivitas fisik, baik di dalam maupun di luar rumah.

Nah, demikianlah penjelasan lengkap tentang 15 manfaat kebugaran jasmani yang wajib kamu ketahui. Sekarang tidak ada alasan lagi buat kamu untuk menunda-nunda olahraga, kan?

Baca Juga: 11 Cara Melatih Otot Kaki agar Kuat, Bisa Dicoba di Rumah

Topic:

  • Yogama Wisnu
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya