Olahraga Kano: Pengertian, Manfaat, dan Peralatannya

Terdiri dari dua cabang olahraga

Kano mungkin sudah dikenal dan dipakai banyak orang. Kano biasanya ditemukan di tempat-tempat wisata, contohnya di waduk atau telaga yang dijadikan destinasi rekreasi.

Namun, tahukah kamu kalau kano merupakan salah satu cabang olahraga resmi yang dipertandingkan di berbagai level kejuaraan? Olahraga kano adalah jenis olahraga air yang menggunakan perahu khusus dan digerakkan menggunakan dayung.

Olahraga kano juga menjadi salah satu cabor yang digelar di Asian Games 2022 Hangzhou. Ajang empat tahunan ini akan berlangsung pada 23 September hingga 8 Oktober 2023. Bagi kamu yang ingin tahu lebih lengkap tentang olahraga kano, simak pengertian, manfaat, dan peralatannya berikut ini.

1. Pengertian olahraga kano

Olahraga Kano: Pengertian, Manfaat, dan Peralatannyailustrasi cabang olahraga kano (canoe-europe.org)

Olahraga kano adalah salah satu cabang olahraga air yang peralatan utamanya menggunakan perahu khusus dengan bentuk lancip dan digerakkan dengan dayung. Umumnya, kano dikendarai oleh satu orang atlet yang berkompetisi untuk sampai ke garis finish secepat mungkin.

Dalam kompetisi resmi termasuk Asian Games 2022, olahraga kano biasanya dibagi lagi menjadi dua cabang olahraga, yaitu canoe sprint dan canoe slalom.

Canoe sprint adalah cabang olahraga kano yang diadakan di perairan cenderung tenang, sehingga aspek utama yang menjadi penilaian adalah kecepatan. Sedangkan canoe slalom adalah cabang olahraga kano yang dilakukan di perairan berarus, sehingga yang dinilai adalah ketahanan dan kekuatan perahu.

2. Manfaat olahraga kano

Olahraga Kano: Pengertian, Manfaat, dan Peralatannyailustrasi olahraga kano (olympic.ca)

Olahraga kano memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh, yaitu:

  • Melatih kekuatan otot kaki dan pinggang karena keduanya menjadi organ tubuh yang ikut berperan untuk mempertahankan posisi perahu saat bertanding.
  • Meningkatkan massa otot seluruh tubuh secara optimal, terutama pada bagian lengan dan inti penggerak. Sebab atlet harus mendayung secara maksimal menggunakan kedua tangannya.
  • Melatih kekuatan jantung karena olahraga kano termasuk olahraga kardio berintensitas rendah, sehingga dapat melatih detak jantung secara lebih baik.
  • Meningkatkan mood dan perasaan bahagia, sehingga baik untuk kesehatan mental seseorang.

Baca Juga: 5 Perbedaan Asian Games dan SEA Games, Jangan Terbalik

3. Peralatan olahraga kano

Olahraga Kano: Pengertian, Manfaat, dan Peralatannyailustrasi olahraga kano (olympic.ca)

Olahraga kano menggunakan beberapa peralatan dan perlengkapan, di antaranya:

1. Perahu kano

Kano menjadi peralatan paling utama dalam olahraga ini. Perahu kano memiliki bentuk kecil yang lancip dan minimalis, sehingga lebih ringan. Perahu kano biasanya memiliki warna cerah yang salah satu tujuannya agar memudahkan melacak keberadaan perahunya.

2. Dayung

Selain perahu, peralatan kano yang terpenting adalah dayung. Dayung pada olahraga kano memiliki banyak jenis dan ukuran yang harus disesuaikan dengan ukuran tubuh dan perahu yang digunakan.

3. Pakaian selam

Bagi atlet kano, menggunakan pakaian selam atau renang juga penting. Pakaian ini memang dirancang khusus untuk kegiatan di air, seperti memiliki bahan tipis dan seamless, serta lebih aman dan melindungi tubuh dari kedinginan.

4. Penutup perahu

Penutup perahu adalah alat yang digunakan untuk menutup bagian kaki pada perahu kano agar air tidak masuk terlalu banyak dan mengganggu gerakan perahu. Penutup perahu kano biasanya digunakan dalam pertandingan dengan arus deras.

5. Jaket pelampung dan helm

Bagi yang bukan atlet dan hanya sekadar bermain kano untuk rekreasi, peralatan penting yang wajib digunakan adalah jaket pelampung dan helm. Jaket pelampung penting digunakan untuk berjaga-jaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Helm juga penting untuk menjaga area kepala dari benturan.

Nah, demikianlah penjelasan tentang olahraga kano, mulai dari pengertian, manfaat, dan peralatan yang wajib diketahui. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 10 Atlet Dayung Indonesia Bertanding di 2 Negara

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya