Olahraga Rugby: Pengertian, Sejarah, Aturan, dan Tekniknya

Punya teknik dasar tersendiri

Siapa yang pernah bermain olahraga rugby? Permainan olahraga ini umumnya dimainkan oleh dua tim menggunakan bola berbentuk oval di lapangan seperti sepak bola.

Meski tidak populer di Indonesia, olahraga rugby sangat terkenal di sejumlah negara Eropa, seperti Inggris, Amerika Serikat, dan Spanyol. Sama seperti olahraga lainnya, rugby juga memiliki sejarah awal pembentukan, aturan, dan teknik dasarnya. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Pengertian olahraga rugby

Olahraga Rugby: Pengertian, Sejarah, Aturan, dan TekniknyaOlahraga rugby (instagram.com/sgrugby7s)

Rugby adalah cabang olahraga yang dimainkan oleh dua tim berisi 15 pemain dalam pertandingan rugby union atau 13 pemain pada liga rugby menggunakan bola berbentuk oval dengan ujung yang tumpul. Berbeda dengan olahraga american football yang menggunakan bola oval dengan ujung lancip.

Pertandingan yang berlangsung selama 2 x 40 menit ini berkembang di Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya. Mulai dari Jepang, Spanyol, Inggris, hingga Pantai Gading.

2. Sejarah olahraga rugby

Olahraga Rugby: Pengertian, Sejarah, Aturan, dan TekniknyaTim pemain rugby (Pexels.com/Pixabay)

Olahraga rugby merupakan adaptasi olahraga sepak bola yang berasal dari kota Rugby, Inggris pada 1823. Pelopor olahraga rugby adalah pemuda bernama William Webb Ellis. Saat itu, ia sedang bermain sepak bola dengan temannya. Lalu, tiba-tiba ia mengambil bola menggunakan tangan dan berlari ke gawang tim lawan untuk mencetak gol.

Seiring perkembangannya, mulai dibentuk federasi rugby pertama, yaitu Rugby Football Union pada 1871. Lalu pada 1900, olahraga rugby pertama kali dipertandingkan di Olimpiade.

Baca Juga: Olahraga Equestrian: Sejarah, Jenis, dan Manfaatnya

3. Aturan dasar rugby

Olahraga Rugby: Pengertian, Sejarah, Aturan, dan TekniknyaOlahraga Rugby (unsplash.com/photos/ft7vJxwl2RY)

Dalam permainan rugby, ada sejumlah aturan yang wajib dipatuhi setiap pemain. Berikut di antaranya:

  • Setiap tim terdiri dari 13 hingga 15 orang yang terbagi lagi ke dalam beberapa posisi, seperti pemain depan dan pemain belakang.
  • Pertandingan rugby berlangsung selama 2 x 40 menit dengan diawali tendangan awal dari tengah lapangan, setiap gol, dan awal babak kedua. Hal ini sama seperti kickoff pada sepak bola.
  • Setiap tim berusaha membawa bola hingga menyentuh garis gawang atau di atas garis bola mati. Jika percobaan mencetak skor gagal, maka tim yang diserang akan memulai permainan dengan tendangan pendek.
  • Dalam rugby, biasanya terjadi perebutan bola oleh pemain depan dan dilakukan dalam jarak 9,15 meter dari garis sentuh.
  • Pemain depan tidak boleh mengangkat kaki dan tidak boleh memukul bola sampai bola diletakkan di tanah.
  • Para pemain tim harus berada di belakang bola saat temannya sedang mengontrol bola di wilayah depan. Jika mendahului bola, maka akan dianggap pelanggaran.
  • Membentuk kerumunan dalam olahraga rugby diperbolehkan untuk merebut bola. Pemain depan biasanya saling berhadapan dan menempel bahu sama bahu.
  • Kerumunan untuk merebut bola juga bisa dengan cara mendorong pemain lawan atau melempar ke pemain belakang untuk menghindari kerumunan tersebut.

Baca Juga: 5 Cedera yang Paling Sering Dialami oleh Pemain Rugby

4. Teknik dasar rugby

Olahraga Rugby: Pengertian, Sejarah, Aturan, dan Tekniknyapotret orang bermain rugby (unsplash.com/@craigboudreaux)

Ada sejumlah teknik dasar dalam olahraga rugby yang harus dimiliki seorang pemain, di antaranya:

1. Berlari

Meski sangat dasar, berlari dalam olahraga rugby harus dilakukan secara efektif agar bisa menjaga stamina sekaligus melampaui pemain lawan.

2. Mengoper

Mengoper bola rugby membutuhkan teknik khusus agar lemparannya bisa akurat dan memiliki ketinggian yang pas agar rekan bisa mudah menangkap.

3. Menangkap

Selain mengoper, teknik menangkap dalam olahraga rugby juga merupakan koordinasi baik antara mata dan tangan. Tangkap bola rugby menggunakan ujung jari kita sembari menutup kedua tangan saat bola sudah dipegang.

4. Menendang

Jangan salah, pemain rugby juga butuh teknik menendang yang bagus agar membantu tim mencetak skor. Berbeda dengan menendang bola sepak yang berbentuk lingkaran, bola rugby yang berbentuk oval menjadi tantangan tersendiri saat menendang.

5. Menekel atau tackling

Sebagai usaha bertahan, teknik menekel atau tackling juga penting untuk dikuasai. Tekel dilakukan saat pembawa bola ditahan oleh satu atau dua pemain lawan. Supaya pembawa bola tidak lolos ke daerah pertahanan, pemain lawan bisa melakukan tekel untuk merebut bola.

Nah, itulah tadi seluk-beluk pembahasan tentang olahraga rugby. Mulai dari pengertian, sejarah, aturan, dan teknik dasarnya. Tertarik mencoba olahraga ini?

Baca Juga: 6 Hal Unik Tentang Olahraga Rugby, Dianggap Kasar dan Penuh Benturan!

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya