11 Perlengkapan Renang dan Kegunaannya, Wajib Tahu

Punya fungsinya masing-masing

Renang adalah salah satu aktivitas olahraga yang banyak digemari orang. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, laki-laki maupun perempuan, olahraga air satu ini menjadi favorit banyak orang. 

Ada beberapa perlengkapan renang yang perlu kamu siapkan sebelum berenang. Baik bagi kamu yang sudah profesional maupun masih pemula, kamu harus memiliki setidaknya beberapa perlengkapan renang di bawah ini.

Setiap alatnya memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing. Untuk itu, ketahui apa saja perlengkapan renang dan fungsinya di bawah ini.

1. Baju renang

11 Perlengkapan Renang dan Kegunaannya, Wajib Tahuilustrasi memakai baju renang (pixabay.com/Ri_Ya)

Perlengkapan renang pertama yang paling wajib dimiliki adalah baju renang atau pakaian renang. Baju renang memiliki model atau desain khusus agar memudahkan perenang saat berada di dalam air.

Pakaian renang didesain agar tidak mengganggu gerakan renang saat di dalam air. Model atau desain baju renang juga beragam. Ada yang lengan panjang, lengan pendek, maupun tidak berlengan. Harganya pun sangat beragam tergantung merek dan kualitasnya.

2. Kacamata renang

11 Perlengkapan Renang dan Kegunaannya, Wajib Tahuilustrasi berenang (pexels.com/Andrea Piacquadio

Peralatan renang yang juga wajib dimiliki adalah kacamata renang. Kacamata renang berfungsi untuk melindungi mata saat berada di dalam air agar terhindar dari iritasi karena kandungan kaporit pada air. Selain itu, kacamata renang juga membantu pandangan perenang saat di dalam air.

Harga kacamata renang pun beragam tergantung merek dan kualitasnya. Harganya mulai dari Rp45.000-an.

3. Penutup kepala atau cap

11 Perlengkapan Renang dan Kegunaannya, Wajib TahuKaylene Corbett dan Tatjana Schoenmaker (twitter.com/_ArriveAlive)

Penutup kepala renang atau disebut juga cap berfungsi untuk menjaga gerakan di dalam air, sehingga tidak mengganggu kecepatan dan gerakan saat berenang. Apalagi bagi kamu yang punya rambut panjang.

Selain itu, cap juga berfungsi untuk melindungi rambut dari air kolam yang mengandung kaporit. Sebab kaporit bisa menyebabkan rambut kering dan kaku. Harga cap juga cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp19.000 tergantung mereknya.

Baca Juga: Kisah Yusra Mardini, Atlet Renang Perwakilan Tim Olimpiade Pengungsi

4. Ear plugs

11 Perlengkapan Renang dan Kegunaannya, Wajib TahuAtlet renang Australia Emma McKeon (instagram.com/emmamckeon)

Ear plugs adalah aksesori atau perlengkapan renang yang sederhana, tapi sangat berguna. Alat ini berfungsi untuk mencegah masuknya air ke dalam lubang telinga. Kamu cukup memasang ear plugs di kedua telingamu sebelum masuk ke kolam renang. Harganya pun masih terjangkau, yaitu mulai dari Rp19.000 saja.

5. Nose clip

11 Perlengkapan Renang dan Kegunaannya, Wajib TahuIlustrasi nose clip sebagai salah satu perlengkapan renang (decathlon.in)

Jika sebelumnya adalah alat yang mencegah air masuk ke lubang telinga, maka nose clip adalah aksesori renang yang berfungsi untuk menutupi lubang hidung agar tidak kemasukan air. Kamu bisa membelinya dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp4.000-an saja.

6. Rompi pelampung

11 Perlengkapan Renang dan Kegunaannya, Wajib TahuIlustrasi rompi pelampung (decathlon.co.id)

Perlengkapan renang yang tak kalah pentingnya adalah rompi pelampung. Rompi pelampung digunakan sebagai alat bantu bagi perenang pemula yang belum bisa berenang.

Rompi pemula berfungsi untuk membantu tubuh agar tetap mengambang di permukaan air. Harga pelampung ini pun cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp17.500.

7. Papan pelampung

11 Perlengkapan Renang dan Kegunaannya, Wajib TahuIlustrasi papan pelampung sebagai salah satu perlengkapan renang (decathlon.co.id/)

Papan pelampung adalah salah satu peralatan renang yang biasanya juga digunakan para pemula. Papan pelampung biasanya digunakan untuk belajar mengapung dan meluncur. Biasanya digunakan untuk belajar gerakan kaki gaya katak dan gaya bebas.

Papan ini berfungsi sebagai alat bantu untuk menyeimbangkan badan saat di permukaan air. Harga papan pelampung pun cukup beragam, yaitu mulai dari Rp54.000.

8. Hand paddle

11 Perlengkapan Renang dan Kegunaannya, Wajib TahuIlustrasi hand paddle (decathlon.co.id)

Perlengkapan renang selanjutnya adalah hand paddle, yaitu alat yang dipasang pada kedua telapak tangan. Hand paddle berfungsi untuk memudahkan gerakan tangan saat berenang. Alat ini bertujuan untuk melatih otot tangan dan gerakan kecepatan berenang. Harganya pun relatif terjangkau, yaitu kisaran Rp38.000.

9. Pull buoy

11 Perlengkapan Renang dan Kegunaannya, Wajib TahuPull buoy adalah salah satu perlengkapan renang (decathlon.co.id)

Perlengkapan renang berikutnya adalah pull buoy. Alat ini digunakan untuk membantu latihan teknik berenang gaya kupu-kupu. Namun, alat ini juga bisa digunakan untuk melatih kekuatan otot tangan.

Cara menggunakannya adalah dijepit di kaki. Bisa dijepit di antara kedua paha untuk latihan gaya bebas atau dijepit di antara kedua pergelangan kaki untuk latihan butterfly stroke. Harga pull buoy biasanya sekitar Rp80.000 tergantung merek dan kualitasnya.

Baca Juga: 5 Teknik Dasar Renang Gaya Dada, Lengkap dengan Caranya

10. Sirip atau fins

11 Perlengkapan Renang dan Kegunaannya, Wajib TahuYusra Mardini, atlet renang asal Suriah (instagram.com/yusramardini)

Perlengkapan renang ini lebih sering digunakan sebagai peralatan snorkeling. Sirip atau fins merupakan alat renang yang berbentuk menyerupai kaki katak. Fungsinya agar kaki terlatih saat melakukan gerakan renang.

Fins juga bisa mempercepat gerakan renang, khususnya pada renang gaya bebas. Alat ini dijual dengan harga yang juga beragam, yaitu sekitar Rp235.000.

Baca Juga: 8 Teknik Dasar Renang Gaya Bebas, Lengkap dengan Langkahnya

11. Ban

11 Perlengkapan Renang dan Kegunaannya, Wajib TahuIlustrasi anak bermain di kolam renang (pexels.com/Oleksandr Pidvalnyi)

Peralatan renang yang terakhir adalah ban. Ban renang lebih sering digunakan untuk anak-anak bermain di kolam renang. Fungsinya agar penggunanya tetap terapung dan mengambang di air. Namun, ban biasanya juga digunakan untuk menolong orang yang tenggelam.

Harga ban renang juga bervariasi tergantung ukuran, merek, dan kualitasnya. Biasanya ban untuk anak-anak dibanderol dengan harga Rp35.000.

Itulah tadi sepuluh perlengkapan renang yang wajib kamu ketahui. Kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan renangmu dan tidak wajib memiliki semuanya. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

Baca Juga: Induk Organisasi Renang Nasional dan Internasional, Terlengkap

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya