Profil Shafira Ika Putri, Pesepak Bola Andalan Timnas Putri

Kini tengah mempersiapkan diri menuju PON 2024

Shafira Ika Putri merupakan pesepak bola perempuan asal Indonesia yang menarik perhatian pencinta sepak bola tanah air belakangan ini. Namanya makin dikenal saat membela timnas putri Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-20 Putri 2024 pada Februari-Maret 2023 lalu.

Dia beberapa kali dipercaya menjadi kapten skuad putri Garuda Muda. Sayangnya, timnas putri U-20 dipastikan gagal lolos ke ajang tersebut setelah dibungkam India 0-6 pada 9 Maret 2023 lalu.

Shafira Ika sempat memperkuat tim Persis Solo Putri dan saat ini membela tim DKI Jakarta untuk persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Berikut profil Shafira Ika Putri dan perjalanan karier sepak bolanya.

1. Gabung SSB sejak kecil

Profil Shafira Ika Putri, Pesepak Bola Andalan Timnas PutriShafira Ika Putri, pemain sepak bola putri timnas Indonesia (instagram.com/shafiraikaputri13)

Shafira Ika Putri lahir di Surabaya, Jawa Timur pada 21 April 2003. Perempuan yang biasa dipanggil Ika ini menimba ilmu sepak bolanya dengan bergabung ke beberapa Sekolah Sepak Bola (SSB) sejak kecil. Ika pernah bergabung ke SSB di Surabaya dan Sidoarjo.

Bahkan, orang tua Ika mendukung kariernya sebagai pesepak bola karena keluarganya juga dekat dengan dunia atlet. Dukungan penuh dari orang tuanya mendorong Ika mencapai karier yang terbilang cemerlang saat ini.

2. Membela timnas sejak belia

Profil Shafira Ika Putri, Pesepak Bola Andalan Timnas PutriShafira Ika Putri, pemain sepak bola putri Indonesia (instagram.com/shafiraikaputri13)

Shafira Ika pertama kali dipanggil untuk membela timnas putri Indonesia saat usianya masih 15 tahun. Pesepak bola yang berposisi bek tengah dan gelandang ini melakoni debut kejuaraan internasional pada 2017. Dia masuk dalam daftar pemain yang dipanggil untuk Piala AFF U-15 di Laos.

Namun, Ika cs gagal melanjutkan perjuangannya di kejuaraan tersebut setelah kalah dua kali, yaitu 0-2 dari Filipina dan 1-2 dari Singapura. Skuad putri timnas juga tidak sampai ke babak semifinal.

Meski begitu, Ika tidak pernah pantang menyerah dan masih menjadi salah satu pemain penting dalam skuad timnas putri Indonesia. Contohnya ketika membela timnas putri untuk berlaga di Piala AFF 2018 dan SEA Games 2019.

Baca Juga: Daftar 23 Pemain Timnas Putri Indonesia di Piala Asia

3. Persis Solo dibubarkan

Profil Shafira Ika Putri, Pesepak Bola Andalan Timnas PutriShafira Ika Putri, pemain sepak bola putri timnas Indonesia (instagram.com/shafiraikaputri13)

Sejak 2022, Shafira Ika juga memperkuat tim putri Persis Solo. Sayangnya, kontrak Ika harus terhenti di tengah jalan. Pasalnya, pada 5 Oktober 2023 lalu, skuad putri Persis Solo resmi dibubarkan.

Salah satu alasannya adalah tidak ada kompetisi yang bergulir seperti Liga 1 Putri Indonesia. Hingga saat ini, belum ada kejelasan tentang kelanjutan turnamen bergengsi nasional ini.

Baca Juga: 10 Potret Skuad Timnas Putri Indonesia di Piala Asia Wanita 2022

4. Persiapan PON 2024

Profil Shafira Ika Putri, Pesepak Bola Andalan Timnas PutriShafira Ika Putri, pemain sepak bola putri timnas Indonesia (instagram.com/shafiraikaputri13)

Imbas pembubaran tim putri Persis Solo membuat Ika akhirnya memilih bergabung ke tim DKI Jakarta untuk persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 mendatang. Di tim DKI Jakarta, Ika kembali bertemu beberapa temannya di timnas putri Indonesia, seperti Viny Silfianus, Atin Rizky, dan Carla Bio Pattinasarany.

Saat ini, tim DKI Jakarta tengah fokus menjalani laga-laga kualifikasi PON XXI 2024. Besar harapan Shafira Ika Putri untuk membawa tim DKI Jakarta menjuarai PON 2024 yang rencananya akan digelar 8-20 September 2024.

Baca Juga: 9 Potret Memesona Shafira Ika, Kapten Timnas yang Cocok Jadi Model

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya