10 Stadion Terbaik di Dunia, GBK di Atas Santiago Bernabeu!

Dinilai dari beberapa indikator

Pada Juni 2023, Ticketgum merilis daftar 10 stadion terbaik di dunia yang dinilai dari enam indikator dan dihitung dengan skala 100. Untuk diketahui, Ticketgum adalah platform penjualan tiket online pertandingan olahraga yang berkantor di Spanyol.

Ada yang menarik dari daftar tersebut, yaitu kehadiran Stadion Utama Gelora Bung Karno di urutan ke-8. Bahkan, SUGBK dinilai lebih baik dibanding markas klub raksasa Spanyol Real Madrid, yaitu Santiago Bernabeu.

Sebelumnya, Ticketgum mendata 140 stadion sepak bola di seluruh dunia. Lalu menilainya berdasarkan enam indikator, yaitu kapasitas tempat duduk, jumlah rata-rata gol yang tercipta di sana, jumlah rata-rata pengunjung per bulan, ulasan di Google, jumlah pencarian global, dan jumlah perhatian di media sosial. Berikut daftar stadion terbaik di dunia yang patut disimak.

1. Stadion Mineirao, Brasil

10 Stadion Terbaik di Dunia, GBK di Atas Santiago Bernabeu!Stadion Mineirão (instagram.com/mineirao)

Stadion terbaik di dunia urutan pertama adalah Stadion Mineirao di Brasil. Stadion berkapasitas 61.846 kursi ini sebenarnya bukan yang terbesar di dunia. Namun, jumlah rata-rata gol yang tercipta di stadion ini adalah 4 gol setiap pertandingan. Di Google pun, stadion ini mendapat rating 4,7.

Stadion Mineirao merupakan markas dari klub brasil, Cruzeiro. Namun ada satu pertandingan yang akan selalu diingat pencinta sepak bola dunia, yaitu saat Jerman menghajar Brasil 7-1 pada Piala Dunia 2014. Stadion ini mendapat skor 83,40.

2. Stadion Celtic Park, Skotlandia

10 Stadion Terbaik di Dunia, GBK di Atas Santiago Bernabeu!Potret Stadion Celtic Park (maguires.agency)

Stadion terbaik di dunia yang kedua adalah Stadion Celtic Park yang terletak di Skotlandia. Stadion ini sanggup menampung 61.927 orang di dalamnya, tidak jauh berbeda dengan Stadion Mineirao.

Sesuai namanya, Celtic Park menjadi kandang klub Celtic hingga saat ini. Jumlah rata-rata gol yang tercipta di Celtic Park adalah 4 gol per pertandingan. Celtic Park mendapat skor 80,74 dari Ticketgum.

3. Stadion Wembley, Inggris

10 Stadion Terbaik di Dunia, GBK di Atas Santiago Bernabeu!Wembley Stadium (instagram.com/wembleystadium)

Tentu kamu sudah tak asing dengan stadion ini. Stadion Wembley sering digunakan untuk pertandingan-pertandingan penting, seperti final Piala FA hingga Liga Champions. Stadion Wembley berkapasitas 90.000 kursi, sehingga menjadikannya salah satu stadion terbesar di dunia.

Bagi masyarakat Inggris, tentu Wembley selalu diingat saat Inggris menjadi tuan rumah final Piala Dunia 1966. Saat itu, Inggris berhasil menjuarai satu-satunya gelaran piala dunia setelah mengalahkan Jerman Barat. Stadion ini mendapat skor 79,45 dari Ticketgum. 

4. Stadion MetLife, Amerika Serikat

10 Stadion Terbaik di Dunia, GBK di Atas Santiago Bernabeu!stadion MetLife (instagram.com/metlifestadium)

Bergeser ke benua Amerika, stadion terbaik di dunia berikutnya adalah Stadion MetLife di Amerika Serikat. Stadion ini mampu menampung 82.500 penonton, tak jauh berbeda dengan Wembley.

Meski mendapat rating 4,5 di Google, Stadion MetLife memiliki jumlah rata-rata gol sebanyak 4 gol per pertandingan. Stadion ini mendapat skor 79,03 dan menempatkannya pada urutan keempat.

5. Estadio Olimpico Universitario, Meksiko

10 Stadion Terbaik di Dunia, GBK di Atas Santiago Bernabeu!Estadio Olímpico Universitario (pumas.mx)

Masih di Amerika bagian Utara, stadion terbaik di dunia berikutnya berasal dari Meksiko, yaitu Estadio Olimpico Universitario. Stadion ini berkapasitas 68.954 penonton dan menjadi markas klub UNAM Pumas.

Satu pertandingan di UNAM Pumas dapat menghasilkan rata-rata 4 gol. Rating stadion ini di Google pun tak buruk-buruk amat, yaitu 4,7. Secara keseluruhan, stadion ini mendapat skor 78,05 dari Ticketgum.

6. Estadio Azteca, Meksiko

10 Stadion Terbaik di Dunia, GBK di Atas Santiago Bernabeu!Estadio Azteca (instagram.com/estadioaztecaoficial)

Masih dari Meksiko, stadion terbaik berikutnya adalah Estadio Aztec. Menariknya, stadion ini menjadi markas bagi Club America, Cruz Azul, dan timnas Meksiko itu sendiri. Estadio Aztec berkapasitas 87.523 kursi dan mendapat rating 4,5 dari Google. Selain itu, rata-rata gol yang tercipta di sini adalah 3 gol per pertandingan.

7. Stadion Old Trafford, Inggris

10 Stadion Terbaik di Dunia, GBK di Atas Santiago Bernabeu!Stadion Old Trafford (Unsplash/Alex Motoc)

Kembali lagi ke Eropa, kali ini pencinta sepak bola Inggris pasti sudah hafal. Markas klub Setan Merah, Manchester United ini masuk dalam daftar stadion terbaik di dunia urutan ketujuh.

Old Trafford dikenal sebagai salah satu stadion ikonik di dunia yang mampu menampung 76.000 penonton. Meski bukan yang terbesar, Old Trafford mendapat rating 4,6 di Google dengan rata-rata 3 gol per pertandingan. Skor untuk Old Trafford dari ticketgum adalah 73,98.

8. Stadion Utama Gelora Bung Karno, Indonesia

10 Stadion Terbaik di Dunia, GBK di Atas Santiago Bernabeu!Potret Stadion Gelora Bung Karno (unsplash.com/@dinosapta)

Menjauh sedikit dari benua Amerika dan Eropa, Stadion Utama Gelora Bung Karno menjadi satu-satunya stadion dari Asia yang masuk dalam daftar stadion terbaik di dunia versi Ticketgum. Stadion yang berkapasitas sekitar 77.193 penonton ini menjadi markas timnas Indonesia.

Menariknya, SUGBK menjadi stadion dengan rating Google tertinggi pada daftar ini, yaitu 4,8. Namun, rasio kehadiran penonton terhadap kapasitasnya ternyata lemah, yaitu 51,38%. Stadion GBK mendapat skor 72,52 dari Ticketgum.

Baca Juga: 6 Fakta Sejarah di Balik Berdirinya Stadion Gelora Bung Karno

9. Stadion Santiago Bernabeu, Spanyol

10 Stadion Terbaik di Dunia, GBK di Atas Santiago Bernabeu!potret Stadion Santiago Bernabeu (twitter.com/realmadriden)

Kembali ke daratan Eropa, stadion terbaik di dunia yang kesembilan adalah markas Real Madrid, Santiago Bernabeu. Stadion Santiago Bernabeu memiliki kapasitas mencapai 81.044 penonton.

Markas raksasa Spanyol ini bahkan memiliki rasio kehadiran terhadap kapasitas tertinggi kedua setelah Wembley, yaitu 74,13%. Stadion ini mendapatkan skor 71,91% dalam daftar ini.

Baca Juga: 9 Fakta Stadion Santiago Bernabeu, Markas Real Madrid

10. Stadion Gillette, Amerika Serikat

10 Stadion Terbaik di Dunia, GBK di Atas Santiago Bernabeu!Stadion Gillette di Amerika Serikat (instagram.com/gillettestadium)

Stadion terbaik di dunia yang terakhir berasal dari Amerika Serikat, yaitu Stadion Gillette. Stadion ini terletak di Massachusetts, sekaligus menjadi markas tim MLS, New England Revolution.

Stadion berkapasitas 68.576 penonton ini mendapat rating 4,6 di Google. Sayangnya, rasio kehadiran terhadap kapasitasnya yang paling rendah dari dalam daftar ini, yaitu 46,02%.

Nah, demikianlah daftar 10 stadion terbaik di dunia versi Ticketgum yang patut kamu simak. Kemunculan Stadion GBK dalam daftar ini menunjukkan kalau Indonesia berpotensi memiliki stadion-stadion yang berkualitas, baik dari segi fisik maupun pengelolaannya.

Lebih lanjut mengenai data lengkap yang dikumpulkan Ticketgum, kamu bisa membacanya di sini https://www.ticketgum.com/blog/top-10-best-worldwide-football-stadiums/. 

Baca Juga: 10 Stadion Terbesar di Asia Tenggara, JIS Nomor Berapa?

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya