Asian Games 2018: Kabaddi, Olahraga Apa Ini?  

Permainan ini sudah ada di India ribuan tahun lalu, lho!

Jakarta, IDN Times -Asian Games 2018 telah resmi dimulai. Terdapat 40 cabang olahraga yang dimainkan pada perhelatan ini, salah satunya kabaddi. Mungkin tidak banyak yang mengetahui apa itu kabaddi. Maklum ini kabaddi memang tidak setenar bulu tangkis atau sepak bola!

1. Berasal dari India

Asian Games 2018: Kabaddi, Olahraga Apa Ini?  ANTARA FOTO/INASGOC/Syaiful Arif

Permainan asal India ini ternyata telah ada sejak ribuan tahun lalu. Kabaddi sendiri berasal dari kata ‘kai pidi’ (bahasa Tamil) yang artinya ‘berpegangan tangan’. Bahkan sekolah-sekolah di India telah memainkan permainan ini untuk latihan fisik murid-muridnya.

Baca Juga: Achmad Hulaefi, Atlet Wushu Macho Peraih Perunggu di Asian Games 2018

2. Bagaimana aturan mainnya?

Asian Games 2018: Kabaddi, Olahraga Apa Ini?  ANTARA FOTO/INASGOC/Syaiful Arif

Setiap tim terdiri dari 7 orang pemain. Satu perwakilan dari setiap tim akan menyerang tim lawannya dan menyentuh salah satu lawannya lalu kembali ke area timnya. Yang membuat permainan ini unik adalah setiap pemain harus meneriakan ‘Kabaddi, kabaddi, kabaddi’ secara berulang-ulang sambil menahan nafas. Lalu tim lawan harus menahan penyerang hingga akhirnya tidak kuat untuk menahan nafas lagi. 

3. Dari India, permainan ini lantas menjalar ke dunia

Asian Games 2018: Kabaddi, Olahraga Apa Ini?  ANTARA FOTO/INASGOC/Indrianto Eko Suwarso

Kabaddi ini pertama kali dimainkan di ajang Asian Games ke 11 di Beijing. Di Bangladesh, Kabaddi telah diakui sebagai permainan nasional pada tahun 1972.

Baca Juga: Pelatih Kabaddi Thailand "Berhijab" Demi Menonton Timnya Bertanding

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya