5 Kiper dengan Kartu Kuning Terbanyak di Premier League

Dua di antaranya masih aktif bermain

Sebagai salah satu kompetisi terbaik, English Premier League (EPL) memiliki beberapa catatan menarik. Torehan yang diraih oleh para pemain menjadi hal yang patut untuk diulas. Tidak hanya tentang kontribusi gol dan assist, statistik kartu kuning terbanyak juga menarik untuk diperbincangkan.

Premier League selalu menyuguhkan pertandingan dengan intensitas tinggi. Oleh karena itu, tidak heran jika pada tiap pertandingannya, wasit kerap mengeluarkan kartu kuning. Tidak hanya bek, kiper juga cukup sering mendapatkan kartu kuning.

Berikut lima kiper dengan kartu kuning terbanyak di Premier League.

1.  Jussi Jääskeläinen (24 kartu kuning) dikenal memiliki temperamen yang cukup tinggi

5 Kiper dengan Kartu Kuning Terbanyak di Premier Leaguepotret Jussi Jaaskelainen (twitter.com/premierleague)

Jussi Jääskeläinen menjadi kiper dengan torehan kartu kuning terbanyak sepanjang sejarah Premier League. Pemain asal Finlandia itu menerima 24 kartu kuning selama berkarier di EPL. Dirinya cukup sering diganjar kartu kuning lantaran dikenal memiliki temperamen yang cukup tinggi saat bermain.

Selama berkarier di EPL, Jääskeläinen telah memainkan 436 pertandingan. Bolton Wanderers menjadi klub terlama yang diperkuat olehnya. Kini, Jääskeläinen sudah tidak bermain lagi. Dirinya resmi pensiun sebagai pemain sepak bola pada 2018.

2. Shay Given (19 kartu kuning) cukup agresif dalam melindungi gawangnya dari kebobolan

5 Kiper dengan Kartu Kuning Terbanyak di Premier Leaguepotret Shay Given (twitter.com/premierleague)

Shay Given merupakan kiper asal Irlandia yang mengawali karier di Inggris bersama Blackburn Rovers. Namanya mulai dikenal saat memperkuat Newcastle United dan Manchester City. Saat masih aktif bermain, Given berhasil memenangi dua gelar juara, yakni Premier League 1994/1995 bersama Blackburn Rovers dan Piala FA 2011 bersama Manchester City.

Given dikenal sebagai kiper yang memiliki refleks cukup baik. Selain itu, dirinya juga cukup agresif dalam melindungi gawangnya dari kebobolan. Oleh karena itu, tidaklah heran jika sang pemain telah mendapatkan 19 kartu kuning selama bermain di EPL.

Baca Juga: 5 Pemain Juventus 2023/2024 yang Pernah Mentas di Premier League

3. Ederson (17 kartu kuning) kerap keluar dari sarangnya untuk mengamankan area pertahanan

5 Kiper dengan Kartu Kuning Terbanyak di Premier Leaguepotret Ederson Moraes (twitter.com/premierleague)

Selanjutnya ada kiper asal Brasil yang saat ini bermain untuk Manchester City, yakni Ederson. Sejak didatangkan The Citizen pada 2017, dirinya langsung jadi pilihan utama di bawah mistar gawang. Hingga saat ini, Ederson telah mencatatkan 306 penampilan bersama Manchester City dengan torehan 144 clean sheet.

Ederson merupakan tipe kiper modern. Dirinya memiliki kemampuan distribusi bola yang sangat baik. Tidak jarang pemain 30 tahun ini keluar dari sarang untuk mengamankan area pertahanan. Gaya permainannya tersebut terkadang berbuah pelanggaran. Sampai saat ini, mantan pemain Benfica tersebut telah diganjar kartu kuning sebanyak 17 kali.

4. Tim Howard (16 kartu kuning) sangat berani dalam mengamankan gawangnya

5 Kiper dengan Kartu Kuning Terbanyak di Premier Leaguepotret Tim Howard (twitter.com/premierleague)

Para penikmat Premier League pasti sudah tidak asing lagi dengan Tim Howard. Ia merupakan kiper yang cukup lama membela Everton. Pemain asal Amerika Serikat tersebut telah berkostum The Toffees selama 10 musim dengan torehan 134 clean sheet dari 414 pertandingan.

Sebagai orang terakhir di lini pertahanan, Howard dikenal cukup berani dalam mengamankan gawangnya. Karena keberaniannya tersebut,  Howard cukup sering melakukan pelanggaran. Secara total, sang pemain telah menerima 16 kartu kuning selama berkarier di EPL.

5. Emiliano Martinez (16 kartu kuning) kerap melakukan provokasi terhadap lawan

5 Kiper dengan Kartu Kuning Terbanyak di Premier Leaguepotret Emiliano Martinez (twitter.com/premierleague)

Terakhir, ada kiper Timnas Argentina dan Aston Villa, Emiliano Martinez. Kiper satu ini dikenal cukup sering melakukan provokasi ke lawannya. Hal tersebut membuat dirinya mendapatkan 16 kartu kuning selama bermain di EPL.

Sebagai kiper, Martinez memiliki postur yang cukup bagus. Tak hanya itu, dirinya juga memiliki kelebihan dalam menghalau tendangan penalti. Hal tersebut dibuktikan saat final Piala Dunia 2022. Pada laga itu, Martinez tampil sebagai pahlawan Argentina berkat penyelamatannya pada babak adu penalti.

Dari daftar tersebut, Ederson dan Emiliano Martinez saat ini masih aktif bermain di Premier League. Kedua kiper tersebut tentu diharapkan dapat mengurangi pelanggaran yang tidak perlu. Pasalnya, apabila mereka mendapatkan akumulasi kartu kuning tentunya akan merugikan tim yang mereka bela.

Baca Juga: 4 Bek Berkebangsaan Argentina yang Membela Tim EPL 2023/2024  

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Chaos

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya