5 Pelatih Asing Terakhir yang Menangani Chelsea

Mauricio Pochettino jadi yang teranyar

Chelsea merupakan salah satu tim dengan prestasi yang cukup mentereng di English Premier League (EPL). Klub yang bermarkas di Stamford Bridge itu berhasil meraih lima trofi EPL sepanjang sejarah klub. Selain materi pemain yang berkualitas, salah satu kunci kesuksesan Chelsea tentu tidak terlepas dari peran pelatih.

Sebagai klub raksasa EPL, Chelsea kerap menunjuk pelatih papan atas. Dalam beberapa musim terakhir, nama-nama asing mendominasi daftar pelatih The Blues. Berikut lima pelatih asing terakhir yang membesut Chelsea.

1. Antonio Conte berhasil mempersembahkan trofi EPL pada musim debutnya di Chelsea

5 Pelatih Asing Terakhir yang Menangani Chelseapotret Antonio Conte (chelseafc.com)

Antonio Conte adalah salah satu pelatih asing yang pernah menangani Chelsea. Ia ditunjuk jadi pelatih The Blues pada musim panas 2016 menggantikan Guus Hiddink. Conte bertahan selama sekitar 2 tahun di Stamford Bridge.

Pelatih asal Italia ini membawa Chelsea menjuarai EPL pada musim debutnya. Selain itu, Conte juga sukses mempersembahkan gelar juara Piala FA. Meskipun mampu mempersembahkan gelar, Antonio Conte dipecat dari kursi kepelatihan Chelsea pada musim panas 2018. Renggangnya hubungan Conte dengan para petinggi Chelsea dikabarkan menjadi alasan pemecatan pria yang kini berusia 54 tahun tersebut.

2. Maurizio Sarri hanya melatih The Blues selama semusim

5 Pelatih Asing Terakhir yang Menangani Chelseapotret Maurizio Sarri (chelseafc.com)

Pelatih yang ditunjuk untuk menggantikan Antonio Conte ternyata juga pelatih asal Italia. Ia adalah Maurizio Sarri, pelatih yang sebelumnya menangani Napoli. Chelsea menjadi klub luar Italia pertama yang dilatih Sarri.

Sarri pun sukses mempersembahkan gelar pada musim debutnya membesut The Blues. Ia berhasil membawa Chelsea memenangi trofi Liga Europa 2018/2019. Namun, pelatih yang kini berusia 64 tahun itu hanya melatih Chelsea selama semusim. Ia memutuskan hengkang pada musim panas 2019 dan kembali ke Italia untuk menangani Juventus.

Baca Juga: 3 Alasan Utama Romeo Lavia Pilih Chelsea Ketimbang Liverpool

3. Thomas Tuchel sukses membawa Chelsea menjuarai Liga Champions

5 Pelatih Asing Terakhir yang Menangani Chelseapotret Thomas Tuchel (twitter.com/ChelseaFC)

Setelah sempat ditangani Frank Lampard selama 1,5 tahun, Chelsea kembali menunjuk pelatih asing pada Januari 2021. Pelatih asal Jerman yang sebelumnya menangani Paris Saint-Germain (PSG), Thomas Tuchel, dipilih untuk menangani The Blues. Pada musim pertamanya, Tuchel sukses membawa Chelsea menjuarai Liga Champions 2020/2021.

Musim keduanya pun tidak terlalu mengecewakan. Tuchel berhasil mengantarkan Chelsea finis di posisi ketiga EPL 2021/2022. Namun, pada September 2022 Tuchel dipecat setelah Chelsea kalah 0-1 dari Dinamo Zagreb. Pelatih yang kini berusia 49 tahun itu sekarang duduk di kursi kepelatihan Bayern Munich.

4. Bruno Saltor hanya mendampingi The Blues dalam satu pertandingan

5 Pelatih Asing Terakhir yang Menangani Chelseapotret Bruno Saltor (chelseafc.com)

Chelsea sempat mengalami performa kurang apik saat dilatih Graham Potter. Hal tersebut membuat manajemen Chelsea memecat Potter pada April 2023. Untuk mengisi kekosongan di kursi kepelatihan, Chelsea menunjuk Bruno Saltor sebagai pelatih sementara.

Bruno Saltor merupakan asisten Graham Potter sejak masih di Brighton & Hove Albion. Pelatih asal Spanyol itu hanya mendampingi Chelsea dalam pertandingan menghadapi Liverpool di ajang EPL 2022/2023. Dalam laga tersebut, Chelsea berhasil menahan imbang Liverpool dengan skor 0-0. 

5. Mauricio Pochettino ditunjuk sebagai pelatih baru Chelsea pada musim panas 2023

5 Pelatih Asing Terakhir yang Menangani Chelseapotret Mauricio Pochettino (chelseafc.com)

Mauricio Pochettino menjadi pelatih asing teranyar yang menangani Chelsea. Pria asal Argentina itu ditunjuk sebagai pelatih baru The Blues pada musim panas 2023. Pochettino dikontrak selama 2 musim, yang berlaku hingga Juni 2025.

Chelsea bukanlah klub Premier League pertama yang dilatih Pochettino. Pelatih berusia 51 tahun tersebut pernah membesut Tottenham Hotspur selama 5 musim. Pochettino berhasil membawa The Lilywhites bersaing di papan atas EPL serta mengantarkan mereka menjadi runner-up Liga Champions 2018/2019.

Chelsea memang dikenal sebagai klub yang sering mengganti pelatih. Meskipun mampu mempersembahkan gelar, beberapa pelatih dipecat The Blues setelah performa tim menurun. Akankah Pochettino bertahan lama sebagai pelatih Chelsea?

Baca Juga: Belanja Gila Chelsea dan Beban Berat Jadi Juara

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya