5 Pemain Asing Terakhir yang Menjadi Top Skor Eredivisie

Penyerang asing mendominasi Eredivisie

Eredivisie Belanda selalu dihuni sederet penyerang berkualitas setiap musimnya. Para penyerang tersebut bersaing untuk menjadi yang terbaik, khususnya dalam perolehan gol. Menariknya, Eredivisie menjadi ajang bagi para penyerang asing untuk menunjukkan kualitasnya.

Banyak tim peserta Eredivisie yang menggunakan jasa penyerang asing. Dalam sedekade terakhir, banyak pemain asing yang mampu menjadi top skor di Eredivisie. Inilah lima pemain asing terakhir yang menyabet gelar top skor Eredivisie.

1. Dusan Tadic

5 Pemain Asing Terakhir yang Menjadi Top Skor Eredivisiepotret Dusan Tadic (ajax.nl)

Dusan Tadic meraih berbagai kesuksesan di Ajax Amsterdam. Tak hanya trofi tim, sejumlah gelar individu juga berhasil ia dapatkan. Salah satu penghargaan yang sukses Tadic raih saat membela De Godenzonen adalah gelar top skor Eredivisie.

Gelar top skor Eredivisie berhasil diraih oleh Tadic pada 2018/2019 dengan koleksi 28 gol. Selama berseragam Ajax Amsterdam, pemain asal Serbia itu tampil cemerlang dengan mencetak 105 gol dan 112 assist dari 241 penampilan. Pada musim panas 2023, Tadic resmi meninggalkan Ajax dan bergabung bersama klub Turki, Fenerbahce.

2. Cyriel Dessers

5 Pemain Asing Terakhir yang Menjadi Top Skor Eredivisiepotret Cyriel Dessers (instagram.com/cyrieldessers)

Cyriel Dessers merupakan penyerang haus gol berkebangsaan Nigeria. Dessers pertama kali berkarier di Belanda pada 2016 dengan memperkuat NAC Breda. Namun, dirinya mulai dikenal saat berseragam Heracles Almelo. 

Bersama Heracles Almelo, Dessers sukses meraih gelar top skor Eredivisie pada 2019/2020. Saat itu,  ia berhasil mengemas 15 gol di Eredivisie. Dessers hanya membela Heracles Almelo selama semusim. Pemain 28 tahun itu lalu melanjutkan kariernya di Belgia dengan memperkuat KRC Genk.

Baca Juga: 7 Pemain Aktif Manchester United yang Pernah Berkiprah di Eredivisie

3. Giorgos Giakoumakis

5 Pemain Asing Terakhir yang Menjadi Top Skor Eredivisiepotret Giorgos Giakoumakis (instagram.com/giakoum9_official)

Setelah lebih dari 20 tahun, ada lagi pemain asal Yunani yang mampu menyabet gelar top skor Eredivisie. Pemain tersebut adalah Giorgos Giakoumakis. Ia berhasil menjadi pencetak gol terbanyak Eredivisie 2020/2021 dengan menjaringkan 26 gol bersama VVV-Venlo.

Meski mampu mencetak banyak gol, Giakoumakis gagal membawa klubnya keluar dari zona degradasi. Pemain 28 tahun itu hanya membela VVV-Venlo selama semusim. Pada musim panas 2021, Giakoumakis memilih hengkang dan bergabung dengan klub Skotlandia, Celtic.

4. Sebastien Haller

5 Pemain Asing Terakhir yang Menjadi Top Skor Eredivisiepotret Sebastien Haller (instagram.com/sebastien.haller)

Ajax Amsterdam merekrut Sebastien Haller dari West Ham United pada musim panas 2021. Tidak butuh waktu lama, Haller langsung menjadi andalan Ajax dalam urusan mencetak gol. Pemain Pantai Gading itu mampu membukukan 21 gol di Eredivisie pada musim debutnya membela De Godenzonen. Raihan tersebut mengantarkannya menyabet gelar top skor Eredivisie 2021/2022.

Haller hanya semusim berseragam Ajax Amsterdam. Pada musim panas 2022, pemain 29 tahun itu memilih bergabung dengan Borussia Dortmund. Ia ditebus Dortmund dengan biaya 31 juta euro atau Rp498 miliar.

5. Tasos Douvikas

5 Pemain Asing Terakhir yang Menjadi Top Skor Eredivisiepotret Tasos Douvikas (instagram.com/tasosdouvikas)

Tasos Douvikas berhasil menyamai prestasi Giorgos Giakoumakis sebagai pemain Yunani yang mampu menjadi top skor Eredivisie. Douvikas mampu meraihnya bersama FC Utrecht pada 2022/2023. Pemain 23 tahun itu sukses menjaringkan 19 gol pada musim tersebut. Jumlah itu menyamai torehan pemain PSV Eindhoven, Xavi Simmons.

Douvikas bergabung dengan FC Utrecht pada musim panas 2021. Ia didatangkan dari klub Yunani, Volos NPS, dengan biaya transfer 1,2 juta euro atau Rp19,9 miliar. Dengan usia yang masih muda, Douvikas menjadi aset berharga bagi FC Utrecht.

Para penyerang Belanda mulai tersaingi dengan kehadiran penyerang asing di Eredivisie. Hal itu dibuktikan dengan daftar top skor Eredivisie dalam 5 musim terakhir yang didominasi oleh penyerang asing. Akankah penyerang asing kembali menjadi top skor Eredivisie 2023/2024?

Baca Juga: 5 Pemain Muda yang Menjadi Top Skor Klub Eredivisie 2022/2023

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya