7 Pemain Aktif Manchester United yang Pernah Berkiprah di Eredivisie

Andre Onana menjadi nama terbaru

Kehadiran Erik ten Hag sebagai pelatih Manchester United berpengaruh besar terhadap performa tim. Tak hanya itu, komposisi skuad The Red Devils juga berubah signifikan. Kebanyakan rekrutan anyar Manchester United punya kesamaan, yaitu pernah berkiprah di Eredivisie.

Kompetisi tertinggi di Belanda itu kerap menghasilkan sederet pemain hebat. Itu sebabnya Manchester United selalu percaya dengan talenta-talenta jempolan dari Eredivisie. Pada 2023/2024, ada tujuh pemain Manchester United yang pernah berkarier di Eredivisie. Siapa saja?

1. Donny van de Beek

7 Pemain Aktif Manchester United yang Pernah Berkiprah di EredivisieDonny van de Beek (twitter.com/Donny_beek6)

Donny van de Beek sudah membela Manchester United sejak 2019 lalu. Sebelumnya, ia merupakan penggawa Ajax Amsterdam. Van de Beek berstatus lulusan akademi Ajax, yang promosi pada 2016. Ia menjadi salah satu sosok penting di lini tengah Ajax. Sayangnya, performa Van de Beek malah menurun bersama Manchester United.

2. Mason Mount

7 Pemain Aktif Manchester United yang Pernah Berkiprah di EredivisieMason Mount (twitter.com/ManUtd)

Mason Mount bergabung dengan Manchester United pada musim panas 2023. Sebagian besar kariernya memang dihabiskan di Inggris. Terlebih lagi, ia merupakan produk akademi Chelsea. Meski begitu, Mount pernah bermain di Eredivisie, tepatnya bersama Vitesse. Itu terjadi pada 2017/2018. Mount bersinar di Vitesse dengan koleksi 14 gol dan 10 assist dari 39 penampilan.

3. Tyrell Malacia

7 Pemain Aktif Manchester United yang Pernah Berkiprah di EredivisieTyrell Malacia (twitter.com/TyrellMalaciia)

Tyrell Malacia merupakan rekrutan perdana Erik ten Hag saat melatih Manchester United. Keduanya tak pernah bekerja sama sebelumnya. Mereka malah pernah bersaing di Eredivisie. Ten Hag memimpin Ajax, sedangkan Malacia menjadi bek kiri utama Feyenoord. Ia bermain di skuad utama Feyenoord selama 5 musim (2017--2022).

Baca Juga: Opsi Manchester United jika Tidak Membeli Penyerang

4. Christian Eriksen

7 Pemain Aktif Manchester United yang Pernah Berkiprah di EredivisieChristian Eriksen (twitter.com/ChampionsLeague)

Popularitas Christian Eriksen mencuat bersama Tottenham Hotspur. Namun, sebelum berkarier di Inggris, ia sempat menjajal Eredivisie. Semuanya ia lalui bersama Ajax. Eriksen bergabung dengan Ajax pada musim dingin 2009. Ia berjasa dalam kesuksesan timnya itu yang meraih tiga gelar juara Eredivisie secara beruntun. Sejak saat itu, karier Eriksen terus meningkat.

5. Lisandro Martinez

7 Pemain Aktif Manchester United yang Pernah Berkiprah di EredivisieLisandro Martinez (instagram.com/lisandromartinezzz)

Lisandro Martinez memulai kariernya di Eropa bersama Ajax. Ia bergabung dengan Ajax pada awal musim 2019/2020. Kualitasnya makin berkembang dan menjadi tumpuan di lini belakang. Itu sebabnya Erik ten Hag mengajak Lisandro untuk ikut bergabung ke Manchester United. Meski sempat disorot karena postur tubuhnya, Lisandro berhasil mematahkan keraguan tersebut.

6. Antony

7 Pemain Aktif Manchester United yang Pernah Berkiprah di EredivisieAntony (twitter.com/ChampionsLeague)

Antony menjadi sebuah sensasi tersendiri di Ajax. Bergabung pada musim panas 2020, ia dengan cepat bersinar. Antony merupakan bagian penting dalam sistem permainan Erik ten Hag. Tak heran apabila dirinya ikut diajak bergabung ke Manchester United. Kepindahannya itu menuai perhatian hangat. Pasalnya, Antony ditebus seharga 95 juta euro atau sekitar Rp1,6 triliun.

7. Andre Onana

7 Pemain Aktif Manchester United yang Pernah Berkiprah di EredivisieAndre Onana (twitter.com/ChampionsLeague)

Andre Onana menambah aura Ajax di skuad Manchester United. Ia hadir sebagai pengganti David De Gea pada musim panas 2023. Meski direkrut dari Inter Milan, Onana pernah berkiprah di Eredivisie. Jebolan akademi La Masia itu berkarier di liga sepak bola tertinggi Belanda tersebut selama 7 musim (2015--2022). Semuanya dilalui Onana bersama satu klub, yaitu Ajax.

Sebagian besar dari mereka merupakan mantan pemain Ajax. Hal ini tak terlepas dari campur tangan sang pelatih, Erik ten Hag, yang pernah menangani mereka di Amsterdam. Tentunya para pemain ini tak kesulitan untuk mengenal karakteristik satu sama lain.

Baca Juga: 5 Pemain Kamerun Terakhir yang Tampil di EPL sebelum Andre Onana

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya