5 Pemain Ghana dengan Penampilan Terbanyak di Premier League

Ada yang masih aktif bermain

English Premier League (EPL) menjadi kompetisi impian bagi para pesepak bola. Pasalnya, EPL menjadi panggung bagi para pesepak bola terbaik untuk menunjukkan kualitasnya. Maka dari itu, tidak heran jika Premier League diisi berbagai pemain dari seluruh penjuru dunia.

Pemain asal Afrika cukup sering didatangkan klub peserta EPL. Salah satu negara Afrika yang menyumbangkan banyak pemainnya di Premier League adalah Ghana. Bahkan, beberapa pemain Ghana telah mencatatkan banyak penampilan di EPL.

Berikut lima pemain Ghana dengan penampilan terbanyak di Premier League.

1. Jordan Ayew (254 penampilan) masih menjadi pemain andalan bagi Crystal Palace

5 Pemain Ghana dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguepotret Jordan Ayew (premierleague.com)

Pemain Ghana yang paling sering tampil di Premier League adalah Jordan Ayew. Ia pertama kali merumput di Premier League bersama Aston Villa pada 2017. Setelah itu, Jordan sempat membela Swansea City sebelum akhirnya ia bermain untuk Crystal Palace hingga saat ini.

Sejauh ini, pemain berusia 32 tahun tersebut telah mencatatkan 254 penampilan di Premier League. Jordan masih menjadi pemain andalan bagi Crystal Palace. Pada 2023/2024, ia telah bermain dalam 15 pertandingan di EPL dengan membukukan 1 gol dan 3 assist.

2. Jeffrey Schlupp (252 penampilan) menghabiskan seluruh kariernya di Inggris

5 Pemain Ghana dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguepotret Jeffrey Schlupp (premierleague.com)

Nama berikutnya juga tengah bermain untuk Crystal Palace. Ia adalah Jeffrey Schlupp. Pemain berusia 30 tahun ini sudah memperkuat Crystal Palace sejak Januari 2017. Dirinya menjadi pemain andalan di lini tengah The Eagles.

Schlupp menghabiskan seluruh kariernya di Inggris. Ia pernah meraih gelar juara Premier League pada 2015/2016 bersama Leicester City. Secara keseluruhan, Schlupp telah memainkan 252 penampilan dengan menyumbang 21 gol dan 17 assist.

Baca Juga: 3 Pemain yang Mencetak Gol Beruntun Terbanyak di Laga Tandang EPL

3. Michael Essien (168 penampilan) hanya memperkuat Chelsea di Premier League

5 Pemain Ghana dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguepotret Michael Essien (premierleague.com)

Para penggemar Chelsea pasti sudah tidak asing lagi dengan sosok Michael Essien. Ia merupakan gelandang bertahan yang bermain untuk Chelsea pada 2005—2014. Chelsea menjadi satu-satunya klub Premier League yang diperkuat Essien.

Essien mampu mencatatkan karier cemerlang bersama Chelsea. Selama berkostum The Blues, Ia bermain dalam 168 pertandingan di ajang EPL dengan torehan 17 gol dan 11 assist. Essien juga mampu mempersembahkan berbagai gelar juara termasuk 2 trofi Premier League dan 1 Liga Champions Eropa.

4. Daniel Amartey (106 penampilan) sempat menjadi pilihan utama lini pertahanan Leicester City

5 Pemain Ghana dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguepotret Daniel Amartey (premierleague.com)

Daniel Amartey hanya memperkuat satu klub Premier League, yakni Leicester City. Ia didatangkan The Foxes dari FC Copenhagen pada Januari 2016. Bersama Leicester City, Amartey mampu meraih trofi Premier League, Piala FA, dan Community Shield.

Pemain 28 tahun itu menjadi pilihan utama di lini pertahanan Leicester City. Ia telah mencatatkan 106 penampilan di EPL. Sayangnya, Amartey tidak mampu mengantarkan Leicester City keluar dari zona degradasi pada 2022/2023. Pada musim panas 2023, ia memutuskan hengkang dari Leicester City dan bergabung dengan klub Turki, Besiktas.

5. Andre Ayew (102 penampilan) pernah membela tiga klub Premier League

5 Pemain Ghana dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguepotret Andre Ayew (premierleague.com)

Terakhir, ada Andre Ayew, penyerang yang sekaligus merupakan kakak dari Jordan Ayew. Andre tercatat pernah membela tiga klub Premier League. Ketiga klub tersebut adalah Swansea City, West Ham United, dan Nottingham Forest.

Pemain 33 tahun itu bermain dalam 102 laga EPL dengan mencetak 21 gol dan 12 assist. Sayangnya, Andre belum pernah mencicipi gelar juara selama berkarier di Inggris. Setelah hengkang dari Nottingham Forest pada musim panas 2023, Andre melanjutkan kariernya di Prancis dengan memperkuat Le Havre AC.

Jordan Ayew dan Jeffrey Schlupp menjadi pemain Ghana yang masih aktif di EPL hingga saat ini. Kedua pemain tersebut berpeluang untuk terus menambah jumlah penampilan di EPL. Pasalnya, mereka masih menjadi andalan bagi Crystal Palace.

Baca Juga: 3 Musim Terburuk Burnley di Premier League, Berujung Degradasi

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Chaos

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya