5 Pemain Wales dengan Torehan Gol Terbanyak di Premier League

Ryan Giggs jadi yang teratas

Wales merupakan negara yang cukup dekat dengan Inggris. Maka dari itu, tidak heran kedua negara tersebut saling berhubungan, termasuk dalam dunia sepak bola. Sampai saat ini, cukup banyak pemain Wales yang merumput di English Premier League (EPL).

Beberapa pemain Wales mampu menunjukkan performa impresif di EPL. Sederet nama mampu tampil cukup tajam bersama tim yang mereka bela. Berikut lima pemain Wales dengan torehan gol terbanyak di EPL.

1. Ryan Giggs (109 gol) hanya memperkuat Manchester United sepanjang kariernya

5 Pemain Wales dengan Torehan Gol Terbanyak di Premier Leaguepotret Ryan Giggs (premierleague.com)

Pemain Wales tertajam di Premier League masih dipegang oleh Ryan Giggs. Saat masih aktif bermain, Giggs hanya memperkuat satu klub, yakni Manchester United. Secara total, dirinya menghabiskan 23 tahun di Old Trafford.

Selama berseragam Manchester United, Giggs mampu mencetak 109 gol dari 632 penampilan di Premier League. Dirinya juga masih menjadi pemegang assist terbanyak di EPL dengan torehan 162 assist. Sepanjang kariernya, Giggs berhasil meraih berbagai gelar juara, termasuk 13 trofi EPL dan 2 trofi Liga Champions.

2. Craig Bellamy (81 gol) mencetak sebagian besar gol di EPL bersama Newcastle United

5 Pemain Wales dengan Torehan Gol Terbanyak di Premier Leaguepotret Craig Bellamy (premierleague.com)

Craig Bellamy menghabiskan sebagian besar kariernya di Inggris. Ia telah malang melintang di berbagai klub Inggris, di antaranya Newcastle United, Blackburn Rovers, Liverpool, dan Manchester City. Pada 2014, Bellamy memutuskan untuk pensiun sebagai pemain sepak bola.

Statistik total Bellamy di EPL adalah 293 penampilan dengan torehan 81 gol. Sebagian besar golnya ia cetak saat memperkuat Newcastle United. Sepanjang kariernya, Bellamy berhasil memenangkan trofi Piala Liga Inggris dan Community Shield. Semua gelar juara tersebut ia dapatkan saat memperkuat Liverpool.

Baca Juga: Profil Gareth Bale, Bintang Wales yang Putuskan Pensiun Dini

3. Gary Speed (80 gol) mampu tampil tajam meskipun berposisi sebagai gelandang

5 Pemain Wales dengan Torehan Gol Terbanyak di Premier Leaguepotret Gary Speed (premierleague.com)

Gary Speed merupakan salah satu ikon sepak bola Wales. Ia mengawali karier profesionalnya bersama Leeds United. Speed berhasil mengantarkan Leeds United menjuarai kasta tertinggi Liga Inggris pada 1991/1992.

Setelah meninggalkan Leeds United pada 1995, Speed melanjutkan kiprahnya bersama beberapa klub, yakni Everton, Newcastle United, Bolton Wanderers, dan Sheffield United. Meski bukan seorang penyerang, Speed mampu mencetak cukup banyak gol. Ia sukses menjaringkan 80 gol dari 535 pertandingan di EPL.

4. Mark Hughes (64 gol) sempat kurang bersinar saat bermain di luar Inggris

5 Pemain Wales dengan Torehan Gol Terbanyak di Premier Leaguepotret Mark Hughes (premierleague.com)

Mark Hughes merupakan jebolan akademi Manchester United. Ia sempat berkarier di luar Inggris dengan memperkuat Barcelona dan Bayern Munich. Namun, Hughes gagal menunjukkan performa terbaiknya sehingga ia memutuskan untuk kembali ke Manchester United.

Selama berlaga di EPL, Hughes mampu mencetak 64 gol dari 297 pertandingan. Gol-gol Hughes di Premier League tidak hanya ia cetak bersama Manchester United. Ia juga pernah menjadi bagian dari Chelsea, Southampton, Everton, dan Blackburn Rovers.

5. John Hartson (55 gol) tidak punya catatan mentereng bersama klub EPL

5 Pemain Wales dengan Torehan Gol Terbanyak di Premier Leaguepotret John Hartson (arsenal.com)

Terakhir, ada John Hartson, mantan penyerang yang mencetak 55 gol dalam 154 laga Premier League. Ia pertama kali tampil di EPL bersama Arsenal. Hartson memperkuat The Gunners selama 3 musim sebelum akhirnya memutuskan hengkang ke West Ham United pada 1997.

Kiprah Hartson di Premier League berjalan kurang mulus. Dirinya justru mampu bersinar saat merumput di Liga Skotlandia bersama Celtic. Bahkan, Hartson pernah menjadi top skor Scottish Premiership 2004/2005 dengan torehan 25 golnya.

Para pemain di atas merupakan deretan pemain terbaik yang pernah dimiliki Wales. Meskipun bukan negara besar, Wales mampu menghasilkan cukup banyak pemain berbakat. Dengan potensi yang dimiliki, bukan tidak mungkin jika Wales dapat menjadi kekuatan baru di dunia sepak bola.

Baca Juga: 5 Transfer Pemain Wales Termahal di EPL, Harga Sesuai Kualitas?

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Chaos

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya