6 Pembelian Termahal Borussia Dortmund dari Sesama Klub Bundesliga

Felix Nmecha jadi yang teranyar

Pergerakan Borussia Dortmund pada bursa transfer musim panas 2023 mulai terlihat. Klub yang bermarkas di Signal Iduna Park itu memang banyak dikaitkan dengan kepindahan sederet pemain berkualitas. Namun, baru beberapa pemain yang berhasil diresmikan pada musim panas 2023.

Felix Nmecha sukses diboyong dengan nilai transfer yang tinggi. Kepindahan sang pemain menjadikan dirinya masuk jajaran pembelian termahal Borussia Dortmund dari klub Bundesliga Jerman lain. Termasuk Nmecha, berikut enam pembelian termahal Borussia Dortmund dari sesama klub Bundesliga.

1. Mats Hummels

6 Pembelian Termahal Borussia Dortmund dari Sesama Klub Bundesligapotret Mats Hummels (instagram.com/aussenrist15)

Mats Hummels merupakan pemain jebolan akademi klub Bayern Munich. Namun, Pemain berkebangsaan Jerman ini justru banyak menghabiskan waktunya bersama Borussia Dortmund. Hummels bahkan memperkuat Dortmund dalam dua periode berbeda.

Hummels terakhir kali bergabung dengan Borussia Dortmund pada musim panas 2019. Bek 34 tahun itu ditebus dari Bayern Munich dengan biaya 30,5 juta euro atau Rp505 miliar. Nilai transfer tersebut membuat ia menjadi pemain ketiga termahal yang pernah dibeli Borussia Dortmund sepanjang sejarah.

2.  Andre Schürrle

6 Pembelian Termahal Borussia Dortmund dari Sesama Klub Bundesligapotret Andre Schurrle (twitter.com/BlackYellow)

Andre Schuerrle bergabung ke Borussia Dortmund pada musim panas 2016. Penyerang berkebangsaan Jerman ini didatangkan dari klub Jerman lainnya, VfL Wolfsburg. Ia diboyong dengan mahar 30 juta euro atau Rp497 miliar.

Dengan harga cukup mahal, Schuerrle diharapkan mampu memberikan kontribusi besar untuk Dortmund. Sayangnya, penampilan Schuerrle masih jauh dari harapan. Ia hanya mampu mencatatkan 8 gol dan 10 assist dari 51 penampilan. Schuerrle sempat dipinjamkan ke Fulham dan Spartak Moscow sebelum memutuskan untuk gantung sepatu pada 2020.

3. Felix Nmecha

6 Pembelian Termahal Borussia Dortmund dari Sesama Klub Bundesligapotret Felix Nmecha (bvb.de)

Pemain mahal lainnya yang didatangkan Borussia Dortmund dari VfL Wolfsburg adalah Felix Nmecha. Die Borussen menebus Nmecha dengan biaya 30 juta euro atau Rp497 miliar. Sang pemain menyepakati kontrak berdurasi 5 musim, yang berlaku hingga 2028 mendatang.

Felix Nmecha diproyeksikan sebagai pengganti Jude Bellingham yang pindah ke Real Madrid. Selama 2 musim berkostum VfL Wolfsburg, Nmecha mampu tampil cemerlang. Gelandang tengah berusia 22 tahun itu bermain dalam 50 pertandingan dengan kontribusi 3 gol dan 7 assist

Baca Juga: 5 Rekrutan Gratis Borussia Dortmund dari Sesama Klub Bundesliga

4.  Abdou Diallo

6 Pembelian Termahal Borussia Dortmund dari Sesama Klub Bundesligapotret Abdou Diallo (bvb.de)

Abdou Diallo merupakan pemain serbabisa. Selain berposisi sebagai bek tengah, Diallo juga dapat dimainkan sebagai bek kiri serta gelandang bertahan. Berkat potensi yang dimilikinya, Borussia Dortmund merekrut Diallo pada musim panas 2018 dengan biaya 28 juta euro atau Rp463 miliar.

Pemain asal Senegal ini terbilang tampil apik pada musim debutnya di Borussia Dortmund pada 2018/2019. Ia mampu mencatatkan 38 penampilan dengan mencetak 1 gol dan 1 assist. Diallo hanya membela Die Borussen selama semusim. Sang pemain dijual ke Paris Saint-Germain (PSG) pada musim panas 2019 dengan harga 32 juta euro atau Rp530 miliar.

5. Thorgan Hazard

6 Pembelian Termahal Borussia Dortmund dari Sesama Klub Bundesligapotret Thorgan Hazard (twitter.com/BlackYellow)

Thorgan Hazard bergabung ke Borussia Dortmund pada musim panas 2019. Kedatangan sang pemain disebabkan Borussia Dortmund melakukan kesepakatan transfer dengan Borussia Moenchengladbach. Ia dibeli dengan biaya 25,5 juta euro atau Rp422 miliar.

Thorgan Hazard merupakan pemain yang kerap mengisi posisi penyerang sayap kiri. Selama berseragam Dortmund, ia mencatatkan 122 penampilan dengan mencetak 18 gol dan 21 assist. Pemain 30 tahun itu sempat dipinjamkan ke PSV Eindhoven pada Januari 2023. Thorgan Hazard masih memiliki kontrak bersama Die Borussen hingga Juni 2024 mendatang.

6.  Nico Schulz

6 Pembelian Termahal Borussia Dortmund dari Sesama Klub Bundesligapotret Nico Schulz (bvb.de)

Penampilan apik Nico Schulz bersama TSG Hoffenheim mampu menarik perhatian Borussia Dortmund. Ia bergabung dengan Die Borussen pada bursa transfer musim panas 2019. Schulz ditebus dari Hoffenheim seharga 25,5 juta euro atau sekitar Rp422 miliar.

Borussia Dortmund mendatangkan Nico Schulz untuk menjadi kompetitor Raphael Guerreiro di posisi bek kiri. Selama berseragam Dortmund, Schulz tampil dalam 61 laga dengan mengoleksi 1 gol dan 3 assist. Ia berpisah dengan Borussia Dortmund usai kontraknya diputus pihak klub pada musim panas 2023.

Pemain-pemain di atas masuk dalam daftar rekrutan termahal Borussia Dortmund. Die Borussen cukup sering mendatangkan pemain dari sesama klub Bundesliga. Dortmund bahkan rela mengeluarkan banyak biaya untuk merekrut pemain incarannya.

Baca Juga: 5 Pembelian Termahal Newcastle United dari Sesama Klub Inggris 2023

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya